Cara Menghilangkan Milia di Wajah Secara Cepat, Aman dan Efektif

Cara menghilangkan milia di wajah merupakan salah satu informasi yang sedang banyak dicari saat ini. Bagi yang belum begitu mengetahui apa itu milia, milia merupakan bintil-bintil berwarna putih yang muncul di permukaan kulit.

Seringnya milia muncul di area wajah. Milia dapat menyerang bayi sampai orang dewasa terutama wanita. Lokasi yang menjadi favorit kemunculan milia antara lain sekitar hidung, di bawah mata, sekitar dagu hingga pada pipi.

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Dengan Mudah dan Efektif

Milia sering membuat wanita menjadi kehilangan rasa percaya diri. Memang biasanya milia akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun keberadaannya sungguh menjadi masalah bagi penampilan. Kini ada banyak masker untuk menghilangkan milia atau perawatan lainnya.

cara menghilangkan milia di wajah

Berikut adalah cara menghilangkan milia dengan mudah dan efektif.

  • Teratur membersihkan wajah

Salah satu penyebab milia adalah kurang terjaganya kebersihan wajah. Debu dan kotoran serta paparan sinar matahari tentu dapat membuat kulit wajah mengalami banyak masalah. Salah satunya milia. Untuk itu, milia dapat dicegah dan diatasi dengan rutin membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Hal yang perlu diingat, jangan aplikasikan sabun atau pembersih wajah yang mengandung paraben. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung asam sitrat, asam salisilat serta asam glikotat. Kombinasi beberapa kandungan ini mampu membersihkan sel kulit mati serta kotoran yang bersemayam di dalam pori. Kandungan tersebut juga mampu mempercepat pengecilan bintik putih pada kulit wajah.

  • Mengaplikasikan masker madu Manuka

Selanjutnya, milia juga dapat diatasi dengan mengaplikasikan madu Manuka. Kandungan nutrisi pada madu ini sangat ampuh dalam meminimalisir peradangan yang disebabkan oleh bakteri serta iritasi yang dapat membuat kondisi milia semakin parah.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah yakni campurkan 3 sdm madu Manuka dengan 1 sdm kayu manis lalu panaskan dalam microwave selama 30 detik. Selangi hangat oleskan pada wajah dan bilas setelah 10 menit. Kombinasi madu ini efektif dan tidak menimbulkan efek samping.

  • Mengaplikasikan krim retinoid serta tabir surya

Cara membersihkan milia yang selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan salep untuk menghilangkan milia yaitu krim retinoid dan tabir surya. Krim retinoid memiliki kandungan vitamin A yang signifikan untuk mencegah dan mengatasi milia.

Selain mengaplikasikan krim retinoid setidaknya sekali dalam sehari, lalu oleskan tair surya supaya kulit dapat terlindung dari paparan sinar UV. Kinerja tabir surya adalah mampu menghalau kerusakan kulti yang disebabkan oleh paparan sinar matahari karena penggunaan krim retinoid.

  • Melakukan eksfoliasi wajah

Selanjutnya, Anda dapat melakukan eksfoliasi wajah untuk mengatasi milia dengan efektif dan cepat. Eksfoliasi wajah merupakan teknik perawatan kulit yang dilakukan dengan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit dapat terbebas dari bakteri, kotoran atau polutan penyebab milia.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Perawatan milia yang satu ini tidak membutuhkan biaya besar untuk pergi ke salon karena dapat dilakukan di rumah. Tinggal aplikasikan saja scrub gula putih yang dicampur dengan minyak zaitun pada wajah secara menyeluruh, diamkan dan bilas sampai bersih.

  • Menggunakan spray air mawar

Air mawar juga sangat ampuh mengatasi milia karena kandungan zat anti radangnya. Semprotkan air ekstraksi mawar atau yang mengandung minyak mawar pada wajah secara rutin yakni 2 sampai 3 kali dalam setiap harinya.

Demikian beberapa cara menghilangkan milia di wajah yang dapat dilakukan secara efektif dan cepat. Jangan putus asa jika terdapat milia yang muncul di beberapa area wajah karena dapat dihilangkan dengan mudah asalkan rutin dan konsisten.