hamilplus.com

Cara Mencukur Rambut Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

Cara mencukur rambut bayi tentu saja berbeda dengan cara mencukur rambut orang dewasa. Mencukur rambut bayi nampaknya menjadi wajib karena dipercaya mampu melebatkan rambut sang buah hati.

Bayi yang baru saja dilahirkan, rambutnya pasti memiliki tekstur yang sangat lembut. Pertumbuhan rambut dimulai sejak janin masih berada dalam rahim tepatnya saat berusia 8 minggu. Pertumbuhan rambut bayi yang awalnya bernama velus akan terus terjadi hingga kelahiran sang buah hati.

Cara mencukur rambut bayi yang aman

Bagi yang beragama muslim, mencukur rambut bayi sering dilakukan pada saat aqiqah. Namun rambut yang dipotong hanyalah sedikit. Sedangkan untuk pencukuran rambut seluruhnya sangat disarankan untuk dilakukan sesuai prosedur dan dengan sangat berhati-hati.

cara mencukur rambut bayi cara mencukur rambut bayi

Cara pencukuran yang tepat akan menghindarkan kulit kepala bayi dari luka sayatan. Hal ini perlu diperhatikan karena kulit bayi masihlah sangat sensitif. Berikut ini adalah tata cara mencukur rambut bayi:

Menyiapkan peralatan mencukur

Langkah pertama yang dilakukan ketika hendak mencukur rambut buah hati yang masih bayi adalah dengan mempersiapkan seluruh perlengkapan dan alat mencukur. Jangan sampai terdapat alat yang kurang sehingga membuat proses mencukur menjadi tidak sempurna. Beberapa alat perlengkapan mencukur yang wajib disiapkan antara lain:

  • Cairan antiseptik atau alkohol
  • Bedak bayi pilih yang komposisinya pas dengan kulit bayi
  • Gunting rambut
  • Air hangat
  • Pisau cukur yang bersih dan steril
  • Handuk
  • Kapas
  • Tisu
baca juga :  Tips Melatih Bayi Belajar Berjalan pada Usia 9-16 Bulan

Mempersiapkan proses mencukur

Setelah semua alat dan perlengkapan yang disebutkan di atas telah siap, maka mulailah persiapan proses mencukur. Persiapan mencukur dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Cucilah tangan sebelum memulai proses pencukuran rambut. Pastikan tangan dalam kondisi bersih dan steril.
  • Pastikan orang yang hendak mencukur dalam kondisi tenang serta tidak takut. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil pencukuran rambut nantinya. Supaya meminimalisir kesalahan, sebaiknya mintalah perawat atau petugas yang telah profesional dalam mencukur rambut bayi.
  • Gendonglah bayi oleh ibu atau ayahnya dan posisikan bayi dalam pangkuan senyaman mungkin. Akan lebih baik jika mencukur ketika bayi sedang tidur karena tidak akan ada banyak gerakan.
  • Aturlah suhu ruangan senyaman mungkin supaya bayi merasa nyaman dan tidak akan banyak bergerak karena kegerahan.
  • Posisikan kepala bayi pada siku atau apabila posisi leher bayi dapat ditegakkan, pangkulah bayi dengan posisi duduk menghadap ke depan sehingga tidak ada rambut yang tersisa dan terlewat untuk dicukur.

Menggunting terlebih dahulu rambut bayi

Cara mencukur rambut anak laki atau perempuan setelah persiapan proses mencukur selesai adalah menggunting terlebih dahulu rambut sang bayi. Menggunting dahulu rambut bayi dilakukan jika rambut terlalu tebal atau lebat. Dengan begitu, rambut akan menjadi lebih pendek dan memudahkan dalam mencukur.

  • Mulai mencukur

Selanjutnya mulailah mencukur dengan arah vertikal secara perlahan. Sebaiknya jangan basahi rambut buah hati ketika dicukur karena rambut yang basah justru akan membuat proses mencukur menjadi licin. Jadi cukup taburkan bedak bayi saja ke rambut dan kulit kepalanya.

  • Membersihkan pisau cukur

Jika pisau cukur sudah penuh atau kotor akibat rambut, bersihkan pisau cukur tersebut dengan tisu. Lalu lanjutkan proses mencukur sisa rambut dengan arah dari atas ke bawah atau sebaliknya.

  • Membasuh kepala bayi dengan air hangat

Langkah terakhir dalam kumpulan cara mencukur rambut bayi 40 hari adalah dengan membasuh kepala bayi dengan air hangat suam-suam kuku. Kemudian keringkan kepala dengan handuk. Jika ada kulit yang tergores, segera oleskan alkohol atau antiseptik dengan kapas atau cotton buds.

Mencukur rambut pada bayi membutuhkan teknik dan cara khusus supaya rambut dapat tercukur sempurna tanpa menimbulkan luka. Beberapa cara mencukur rambut bayi di atas sangat perlu dilakukan supaya proses mencukur berjalan lancar. Semoga informasi di atas dapat menambah referensi dan pengetahuan para orang tua.

⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆