Bayi 2 Bulan Bisa Apa Saja? Apakah Bunda Sudah Merasa Optimal?

Banyak yang penasaran jika bayi 2 bulan bisa apasaja? di usia 2 bulan umumnya bayi sudah bisa merespon orang di sekitarnya dengan memberikan senyum.

Otak dan indera pendengaran bayi telah mengalami perkembangan sehingga mereka bisa mendengar lebih jelas suara yang ada di sekitarnya termasuk mendengarkan musik.

Ketika memasuki usia 2 bulan, panjang bayi laki-laki mencapai 52-25cm dengan berat badan mencapai 3.8-5kg. Sedangkan bayi perempuan tumbuh sepanjang 52-55cm dengan berat badan 3.6-4.8kg.

bayi 2 bulan bisa apa

Perkembangan Bayi 2 Bulan Bisa Apa Saja

Perkembangan bayi meliputi banyak hal, bukan sekedar bertambah berat atau tinggi saja. Masih banyak perkembangan lainnya yang meliputi kemampuan motorik, komunikasi dan sosial. Selengkapnya simak di bawah ini:

Kemampuan Motorik

Di usia 5 minggu, bayi sudah menunjukan kemampuan motorik yang baik. Mereka bisa bergerak dengan ritme beraturan, gerakan terkejut tidak lagi terlihat. Adapun perkembangan kesehatan bayi 2 bulan meliputi:

  • Bayi mampu menenangkan dirinya sendiri dengan cara mengisap jari tangan atau kakinya
  • Bayi sudah bisa membuka dan menutup tangannya, mereka mulai tertarik untuk bermain dengan jari tangannya
  • Di usia 7 minggu, bayi tertarik dengan benda berwarna terang yang mampu mengeluarkan suara. Jadi orang tua sebaiknya menyediakan mainan bayi 2 bulan tersebut
  • Di usia 8 minggu, leher bayi makin kuat sehingga bayi bisa menegakkan kepalanya sampai 45 derajat dengan menopang menggunakan tangan.
  • Di akhir 2 bulan, umumnya bayi sudah bisa meraih perhatian orang tuanya agar diperhatikan atau diajak main

Kemampuan Komunikasi

Merangsang perkembangan bayi 2 bulan jauh lebih mudah dari bayi 1 bulan, karena di usia ini bayi memiliki kemampuan verbal yang lebih tinggi. Bayi mampu mengenali suara di sekitarnya, bahkan bayi mulai mengeluarkan suara khas bayi dengan menunjukkan ekspresi wajah yang lucu, seperti menaikkan alis mata, meniup dan melotot.

Biasanya kegiatan ini sengaja dilakukan jika bayi merasa tidak nyaman akan sesuatu entah merasa lapar, popok basah atau mengantuk.

Kemampuan Sosial

Otak bayi tumbuh sebanyak 5centimeter selama 3 bulan pertumbuhannya. Meskipun bayi belum mampu membalas nyanyian maupun ucapan ibu, namun di masa ini bayi sedang berusaha menyerapnya.

Di usia 5 minggu, bayi mudah lelah sehingga mereka tidur lebih lama di malam hari. Orang tua bisa membacakan cerita atau menyalakan lagu sambil sesekali memijat perlahan bayi agar bayi menjadi lebih nyaman menjelang tidurnya.

Kondisi yang Wajib Diwaspadai

Tiap bayi memiliki ciri khas yang sangat unik, namun orang tua wajib waspada jika bayi menunjukkan kondisi yang tidak biasa. Misalnya bayi tidak bereaksi ketika mendengar suara keras. Ataupun saat penglihatan bayi tidak fokus terutama ketika ada benda bergerak.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Berdahak? Berikut Ini 8 Cara Alami Mengatasinya


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Ternyata bayi 2 bulan bisa apasaja yang menunjukkan proses perkembangan mereka dari berbagai sisi. Semoga artikel ini bermanfaat buat bunda, dan share kesoial media agar teman anda juga tahu.