Bayi 0 Bulan Sering Bersin (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

Bayi 0 bulan sering bersin sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan karena hal itu merupakan hal yang normal. Apalagi pada bayi yang baru saja lahir ke dunia. Ketika lahir, bayi memang sudah bisa bernafas lewat hidung tapi dia baru dapat bernafas melalui mulut ketika menginjak usia 3-4 bulan.

Bayi baru lahir juga sangat sensitif terhadap partikel yang ada di sekitarnya sehingga ini bisa jadi penyebab bayi sering bersin. Bayi yang bersin berusaha mencegah partikel asing atau kotoran yang ada di saluran hidung tak masuk ke paru-paru.

bayi 0 bulan sering bersin

Penyebab bayi 0 bulan sering bersin

Penyebab bayi baru lahir sering bersin selain karena ada partikel asing masuk, juga karena bayi harus membersihkan cairan ketuban yang masih ada di hidungnya.

Terkadang saluran hidung bayi juga tersumbat oleh air susu ibu (ASI) atau air ludah saat mereka menyusu. Jadi, Anda tak perlu merasa khawatir atau heran kalau bayi sering bersin.

Bayi yang sering bersin juga bisa jadi tanda bahwa bayi terkena pilek atau flu. Kondisi bersin pada bayi dapat disebabkan adanya peradangan di saluran pernafasan dan hidungnya. Saluran pernafasan yang tersumbat juga dapat membuat bayi bersin-bersin karena mereka sedang berusaha melegakan pernafasan.

Sebetulnya ada banyak sekali beberapa penyebab lainnya kenapa bayi sering bersin, misalnya karena alergi. Bersin dapat terjadi sebagai bentuk reaksi dari alergi yang dideritanya. Biasanya kondisi bersin akibat alergi juga akan ditandai dengan gejala lainnya pada saluran nafas.

Cara mengatasi bayi baru lahir sering bersin

Upaya meringankan kondisi bayi yang sering bersin bisa dilakukan oleh ibu dengan cara-cara berikut ini:

  1. Cara mengatasi bayi sering bersin yang pertama yaitu dengan menyesuaikan suhu ruangan di sekitar bayi. Hal ini bisa Anda lakukan jika bayi bersin karena pilek.
  2. Anda juga harus menjamin kondisi lingkungan di sekitar bayi apalagi di rumah, bebas dari debu dan kotoran. Bayi akan lebih mudah mengalami bersin-bersin saat kondisi sekitarnya kurang bersih.
  3. Jangan lupa berikan ASI bagi bayi sebagai upaya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI memang lebih bermanfaat baik bagi ketahanan tubuh bayi ketimbang susu formula.
  4. Jika bayi bersin karena alergi, maka Anda harus mencari tahu apa yang membuat bayi alergi dan menjauhkan dari hal yang bisa menimbulkan alergi.
  5. Beri waktu istirahat yang cukup bagi bayi jika mereka sering bersin agar kondisinya segera pulih.

Baca juga: Bayi 0 Bulan Sering Muntah?

Anda sebaiknya juga harus waspada ketika bayi 0 bulan sering bersin dibarengi dengan gejala-gejala yang mengarah ke susah bernafas, infeksi maupun demam. Apalagi jika mereka jadi batuk, tidak mau menyusu dan tubuhnya panas. Lebih baik segera periksakan ke dokter untuk mengetahui gejala dan mengatasi kondisi tersebut.