>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Madu selama ini di kenal sebagai jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu seringkali di gunakan sebagai campuran untuk ramuan herbal atau madu dikonsumsi secara mandiri. Tak hanya sebagai bahan obat atau campuran obat. Madu juga dapat di gunakan sebagai bahan untuk kecantikan misalnya di buat menjadi masker atau pelembab.

Ibu hamil biasanya rentan mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Lalu, apakah madu juga berkhasiat untuk ibu hamil? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak berikut tentang manfaat madu untuk ibu hamil.

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Selama ini madu dikenal mengandung berbagai macam khasiat. Madu selain memiliki tekstur yang lembut juga kaya akan kandungan mineral, kalsium, natrium, magnesium, kalium dan phospor, sulfur, mangan vitamin serta antioksidan. Dengan kandungan yang ada dalam madu tentu madu berkhasiat bagi ibu hamil.

Selain kandungan itu semua, kandungan madu yang sangat berguna bagi ibu hamil adalah asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan janin. Jika ibu hamil tak banyak mengkonsumsi asam folat maka bisa menimbulkan resiko cacat pada bagian pembuluh syaraf pada janin yang di kandungnya.manfaat madu untuk ibu hamil source facts-about-bees ml

manfaat madu untuk ibu hamil source mompregnancyhealth blogspot com

Madu untuk ibu hamil bisa mengurangi rasa mual di saat awal kehamilan. Mual pada saat awal kehamilan adalah tanda yang paling lumrah di alami oleh wanita saat awal masa kehamilan. ada sebagian wanita yang tidak kuat menahan rasa mual di masa awal kehamilan. hal ini bisa  menggunakan madu sebagai obatnya. Caranya adalah madu di campur dengan air putih dan diminum rutin. Berangsur angsur ibu hamil akan merasa lebih enak badan. Selain itu madu juga bisa meningkatkan nafsu makan bagi ibu hamil.

Ibu hamil biasanya mengalami rasa panas dalam perut atau dikenal dengan heartburn. Rasa panas dalam perut di sebabkan karena adanya pelunakan sphincter di kerongkongan dan lambung akibat hormon yang di keluarkan saat hamil.

Rasa panas ini bisa di netralisir dengan minum madu dan susu. Hal ini dapat mengurangi rasa panas dan mentralisir asam lambung. Ibu hamil cukup rentan mengkonsumsi banyak makanan pasalnya makanan tersebut bisa membahayakan janin. Dengan mengkonsumsi madu ibu hamil turut memberikan perlindungan pada janin dari bahaya keracunan makanan.

Madu bagi ibu hamil juga berkhasiat dalam mempercepat kontraksi saat melahirkan. Kontraksi ini membuat leher rahim melebar dan mudah untuk melakukan persalinan. kandungan madu berupa zat prostagelandine inilah yang membantu melebarkan leher rahim.

Selain berbagai khasiat tersebut, madu juga dapat menjaga kekebalan tubuh sang ibu hamil. Kekebalan tubuh ibu hamil ini sangat penting karena mampu melindungi janin. Berbagai kandungan yang ada dalam madu membantu menjaga kekebalan tubuh ibu hamil bahkan hingga ibu hamil menyusui.

Manfaat madu untuk ibu hamil ada begitu banyak. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang ada dalam madu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga janin dan memberikan nutrisi yang baik bagi calon bayi. Apalagi saat masa kehamilan awal madu terbukti cukup memberikan asupan penenang bagi ibu hamil.

Khasiat madu yang sungguh banyak ini tentu bisa menjadi salah satu asupan yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil. Madu yang  pada umumnya di gunakan oleh khalayak umum untuk menjaga kesehatan ternyata juga berguna bagi ibu hamil.