Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan dan Tidak Jelas

Cara menghilangkan rasa takut perlu diketahui agar orang-orang yang mengalami rasa takut berlebihan dapat mengatasinya dengan mudah. setiap orang pasti pernah merasa takut. ada banyak sekali macam ketakutan seperti takut akan kehilangan seseorang yang dikasihi, takut melihat film horror hingga fobia terhadap suatu hal.


cara menghilangkan rasa taku

Penyebab Rasa Takut

Ketakutan tidakah muncul dengan sendirinya. Setiap orang pasti memiliki alasan mengapa dirinya merasa takut akan suatu hal atau untuk melakukan sesuatu.

cara menghilangkan rasa takut khawatir dan cemas

Beberapa hal yang menjadi penyebab rasa takut yang muncul antara lain kondisi emosinal yang umumnya bersifat subyektif serta tidak realistis. Penyebab ketakutan yang selanjutnya adalah kecemasan yang berlebihan terhadap suatu keadaan. Karena hal inilah banyak yang lebih memilih menghindar.

Tips dan Cara Menghilangkan rasa Takut Berlebihan

Pada saat merasa ketakuan terutama untuk rasa takut yang berlebihan, terdapat beberapa cara mengatasi rasa takut yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. antara lain:

  • Membangun kepercayaan diri

Rasa percaya diri menjadi sangat penting untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik. Melawan rasa takut bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pengendalian ketakutan dapat dilakukan dengan meningkatkan rasa percaya diri. Jangan sekali-kali menghindar saat merasa takut karena justru dapat membuatnya menjadi semakin menjadi. Pupuklah rasa percaya diri dengan melakukan latihan diri yang intens dan konsisten.

  • Mengendalikan stress

Stress dapat menjadi pemicu seseorang merasa lelah dan ketakutan. Ingatlah bahwa orang yang paling mampu mengatasi ketakutan di dalam diri adalah orang itu sendiri.

πŸ“‹ Recommended  5 Cara Mengobati Mata Ikan dengan Menggunakan Bahan Alami

Supaya rasa takut tak semakin parah, sebaiknya hindarkan diri dari perasaan cemas berlebih akibat stress. Buatlah diri menjadi sibuk dengan kegiatan yang bermanfaat seperti bersepeda, relaksasi dan masih banyak lagi.

  • Menghindari rokok dan minimal beralkohol

Tahukah Anda bahwa rokok dan minuman beralkohol justru mampu memicu rasa cemas yang parah pada para konsumennya. Untuk itu, hindarilah rokok, minuman beralkohol hingga obat-obatan terlarang.

Bukannya dapat menenangkan diri, namun ketiga bahan terlarang ini justru dapat memicu rasa takut berlebihan hingga berhalusinasi.

cara menghilangkan rasa takut

  • Menenangkan diri di waktu yang tepat

Rasa takut yang berlebihan sering dikarenakan oleh rasa cemas. Untuk mengatasi ketakutan, hilangkan dahulu rasa cemas. Cara menghilangkan rasa cemas dapat dilakukan dengan menenangkan diri sejenak baik secara fisik atau mental.

Langkah ini dapat dilakukan dengan menarik nafas panjang, berjalan santai hingga mendengarkan musik yang menyenangkan.

  • Positif thinking

Positif thinking atau berpikir positif sangat perlu dilakukan untuk mengendalikan diri dari rasa takut yang berlebihan. ketakutan datang bersumber dari bayangan atau pikiran negative yang dibiarkan terus menerus hingga memberikan tekanan.

Untuk itu, keluarkan diri dari pikiran negatif dan yakini bahwa semua akan baik-baik saja. bayangkan hal-hal positif dan selalu berpikir positif sehingga rasa takut dapat menghilang.

  • Meminta bantuan orang lain

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk social yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Untuk membebaskan diri dari tekanan atau stress yang menyebabkan rasa takut menyelimuti diri, janganlah ragu untuk meminta bantuan orang terdekat untuk meringankan stress yang menerpa. Bahkan jika memang diperlukan, mintalah bantuan pada ahli seperti psikolog dengan menjalani terapi kejiwaan.

  • Menghindari untuk menjadi yang paling sempurna

Tidak ada makhluk atau hal yang sempurna di muka bumi ini. Semua pasti memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Supaya menjadi lebih tenang, menerima kenyataan adalah langkah yang paling tepat.

πŸ“‹ Recommended  Manfaat & Efek Samping Shampo Kuda pada Rambut Manusia

Perasaan tenang dan menanamkan pemikiran bahwa kejadian buruk merupakan kejadian yang wajar dalam kehidupan adalah salah satu cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan. tanamkan pemikiran bahwa tak semua hal yang ada di dunia dapat dikendalikan dengan sempurna.

  • Membayangkan hal terburuk yang mungkin terjadi

Berpikir realistis sangat diperlukan untuk dapat mengendalikan diri dari rasa takut yang berlebihan. Untuk itu, bayangkan hal yang paling buruk yang mungkin terjadi sebagai langkah tepat untuk mengendalikan diri dari ketakutan.

Dengan menanamkan hal demikian, otak akan terstimulasi untuk dapat mengenal ancaman dan menjadi lebih siap dalam menghadapi sesuatu hal yang paling buruk sekalipun.

Beberapa cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan di atas perlu diketahui oleh orang-orang yang mengalaminya. Sejatinya rasa takut muncul dari pribadi masing-masing orang. Jadi, kuncinya adalah diri sendirilah yang dapat mengontrol dan mengatasinya.

✰ advertisement ✰