Pantangan Makanan Ibu Hamil Hipertensi Agar Janin Tetap Sehat

Agar kehamilan tetap lancar, biasanya ibu hamil penderita hipertensi akan mengonsumsi makanan sehat dan bebas dari daftar pantangan makanan ibu hamil hipertensi.Hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah meningkat hingga mencapai lebih tinggi dari 140/90 mmHG.

Ibu hamil yang mengalami hipertensi tidak hanya membayakan diri sendiri tapi juga membahayakan janin. Itulah sebabnya dianjurkan beberapa pantangan berikut bagi ibu yang memiliki tekanan darah tinggi.

6 Pantangan makanan ibu hamil hipertensi

  1. Makanan kemasan

Adalah jenis makanan yang baiknya dihindari terutama oleh ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Makanan cepat saji dalam kemasan seperti nugget, sosis, roti canai beku, pizza beku mengandung yodium lebih tinggi daripada makanan segar.

pantangan makanan ibu hamil hipertensi (sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil)

Kandungan garam pada makanan kemasan bisa menyebabkan peningkatan natrium dalam darah yang kemudian memicu hipertensi.

Selain semua makanan pantangan darah tinggi di atas, makanan yang dikemas di dalam kaleng seperti sayur kaleng, buah kaleng dan saus termasuk makanan yang tinggi natrium sebaiknya juga tidak dikonsumsi berlebihan selama kehamilan.

  1. Makanan dengan kadar lemak trans tinggi

Selain dilarang untuk banyak makan makanan kemasan, ibu hamil hipertensi juga dilarang makan makanan dengan kadar lemak trans tinggi karena jenis makanan ini hanya akan meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh sehingga bisa memicu kondisi hipertensi makin parah.

Peningkatan lemak jahat dalam darah bagi ibu hamil hipertensi berisiko tinggi mengakibatkan ibu mengalami jantung koroner bahkan komplikasi serius lainnya.

  1. Bumi dengan Hipertensi Pantang Minum Kafein

Merupakan senyawa yang bisa meningkatkan tekanan darah, oleh karena itu baik teh, kopi, soda, kue kopi, kue cokelat maupun cokelat murni sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi berisiko besar mengalami gangguan kehamilan dan yang paling berbahaya adalah pre-eclampsia.

  1. Acar sayuran

Biasanya ketika makan nasi goreng, makanan china atau sate di restoran atau pinggir jalan, penjual makanan akan menawarkan acar sayuran sebagai pelengkap makanan.

Acar sayuran faktanya bukan jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil hipertensi karena dibuat dengan garam yang sangat banyak. Sedangkan garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

  1. Ikan dan makanan laut yang diasinkan

Menu makanan khas Indonesia yang sangat disukai oleh banyak orang adalah ikan yang diasinkan atau ikan asin. Sayangnya pengolahan ikan asin menggunakan banyak garam yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hipertensi karena bisa meningkatkan kadar garam dalam darah yang kemudian mengakibatkan tekanan darah meningkat tajam. Selain ikan asin, ibu hamil hipertensi juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi cumi asin.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Ibu Hamil yang Sedang Hipertensi Hindari Mie instan

Mudah dibuat dan rasanya enak, tidak heran jika semua orang suka makan mie instan. Padahal kandungan pengawet, garam dan lemak di dalam mie instan sangat tinggi yang bila digabungkan akan berdampak negatif bagi kondisi ibu hamil hipertensi termasuk janin dalam kandungan.

Tidak hanya meningkatkan tekanan darah tinggi saja, mengonsumsi mie instan juga menyebabkan obesitas dan komplikasi penyakit lainnya. Boleh makan mie instan tapi jangan sampai setiap hari.

Sayuran yang efektif menurunkan hipertensi

Ibu hamil memang tidak boleh makan acar sayuran, tapi bukan berarti dilarang untuk mengonsumsi sayuran. Ada beberapa jenis sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil seperti:

  • Kentang
  • Bayam
  • Sawi
  • Lobak hijau
  • Kacang lima
  • Daun kale

Baca juga:
Pantangan Makanan Hipertiroid

Itulah pantangan makanan ibu hamil hipertensi,agar masa kehamilan tetap sehat dan lancar, ibu hamil dan keluarga harus mematuhi daftar larangan makanan tersebut hingga janin berhasil dilahirkan dengan selamat dengan sempurna.