Efek Samping Bawang Hitam bagi Organ Tubuh, Kulit & Pencernaan

Bawang hitam adalah bawang yang dihasilkan dari fermentasi kumpulan bawang putih dalam waktu yang lama. Fermentasi ini bisa menghabiskan hingga 4 bulan lamanya. Bawang putih yang difermentasi pada awalnya memiliki bau dan rasa yang tidak mengenakkan, kini menjadi manis setelah proses tersebut.

Selain itu, tekstur bawang hitam ini halus. Sekilas bawang ini memang nampak gosong, tetapi Anda yang berpengalaman mengonsumsi bawang ini tentu dapat membedakan rasa dari bawang tersebut.

Bawang hitam ini memiliki khasiat yang cukup banyak. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bawang ini juga memiliki efek samping bawang hitam. Banyak pertanyaan yang muncul akibat permasalahan ini.

Beberapa Efek Samping Bawang Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Bawang hitam memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Biasanya bahan yang dapat dijadikan bawang hitam atau gelap ini yaitu umbi-umbian. Pada umumnya pula bawang hitam dijadikan sebagai bahan penghidang makanan di seluruh dunia. Namun selain manfaat positif, bawang ini juga memiliki dampak yang dapat membahayakan tubuh manusia.

efek samping bawang hitam

Berikut beberapa dampak negatif dari bawang hitam:

  1. Bahaya Konsumsi Dark Garlic #1 Pendarahan

Meskipun ada banyak sekali manfaat bawang hitam, disisi lain terdapat pula efek negatif apabila Anda mengkonsumsinya secara berlebih. Menggunakan bawang hitam akan menghasilkan peningkatan pendarahan ketika operasi. Hal ini disebabkan karena bawang hitam atau bawang putih akan merusak gastrointestinal. Bawang ini tidak cocok diaplikasikan kepada para ibu hamil serta menyusui karena dapat melukai kulit Anda.

  1. Gangguan saluran pencernaan

Efek samping yang kedua dan rentan menyerang tubuh Anda apabila terlalu banyak mengkonsumsi bawang hitam yaitu mengalami gangguan pencernaan. Pada umumnya orang yang terkena efek negatif ini akan merasakan sakit perut serta mual-mual bahkan hingga diare.

Anda juga perlu waspada karena bawang ini dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sebaiknya jangan mengkonsumsi bawang hitam tersebut berlebihan karena dampaknya akan sangat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

  1. Permasalahan pada lambung

Jika Anda mengkonsumsi bawang hitam dengan berlebihan maka lambung pun akan terkena akibatnya. Bawang hitam ini mengandung zat yang dinamakan fruktans. Saluran GI atau gastrointestinal dapat terganggu hingga masalah pada pencernaan. Maka dari itu sebaiknya hindari makan bawang ini terlalu banyak.

  1. Ruam dan Iritasi kulit

Dampak terhadap fisik tubuh juga akan terlihat apabila Anda banyak mengkonsumsi bawang hitam. Anda dapat mengalami ruam pada tangan, eksim, iritasi kulit, dan sebagainya. Bawang ini mengandung zat enzim yaitu alliin lyase sehingga menyebabkan luka atau iritasi kulit. Anda juga tidak dapat luput dari reaksi alergi lainnya apabila banyak mengkonsumsi bawang ini.

  1. Masalah penglihatan mata

Selain efek sampingnya terhadap tubuh, Anda juga akan mendapatkan dampak negatif pada penglihatan. Bawang hitam menyebabkan hyphema. Hyphema adalah keadaan buruk manusia yang disebabkan karena terjadinya pendarahan pada ruang mata. Ruang mata ini yaitu berada di antara iris dan kornea mata. Anda perlu berhati-hati karena apabila tidak segera ditangani maka bisa saja akan kehilangan kemampuan penglihatan.

  1. Kepala Terasa Pusing

Bawang hitam tentunya akan menyebabkan sakit pusing pada kepala. Memakan bawang hitam secara berlebihan akan menyebabkan hipotensi atau turunnya tekanan darah. Hipotensi ditunjukan dengan gejala pusing pada seseorang. Maka dari itu, apabila Anda memiliki tekanan darah yang rendah harus memperhatikan hal tersebut.

Itulah tadi beberapa efek samping bawang hitam yang telah dijelaskan pada beberapa poin di atas. Anda yang saat ini mengkonsumsinya, maka lebih baik berhati-hati dan jangan berlebihan ketika makan bawang hitam.