Pantangan Makanan Anak 1 Tahun yang Perlu Ibu Ketahui dan Pahami

Memberi makan buah hati jelang atau baru berusia 1 tahun tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan apa saja pantangan makanan anak 1 tahun sehingga sistem pencernaan serta kesehatan maupun tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Saat anak memasuki usia tersebut, maka pola serta kebiasaan makan sudah mulai terbentuk. Selain memberikan ASI sampai usia 2 tahun, ibu juga harus tahu jenis makanan yang tidak harus dihindari seperti berikut.

Daftar pantangan makanan anak 1 tahun

  1. Makanan mengandung banyak garam/ penyedap rasa

Untuk anak usia 1 tahun maka sebaiknya jangan diberi makanan yang terlalu banyak mengandung saus apalagi penyedap rasa. Hal ini karena biasanya penyedap rasa dan saus mengandung garam yang sangat tinggi sehingga bisa merusak ginjal.

Balita pada umumnya memiliki sistem pencernaan yang masih lemah dan belum bisa mengolah garam. Sebagai pedoman untuk anak usia 1-3 tahun, jumlah garam yang dianjurkan hanya 1 gram per hari.

pantangan makanan anak 1 tahun, tekstur makanan bayi 1 tahun, ikan yang baik untuk bayi 1 tahun pantangan makanan anak 1 tahun

  1. Gula

Sama halnya dengan garam/ penyedap rasa, balita sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula. Karena hal ini bisa meningkatkan resiko kegemukan/ obesitas. Selain itu juga kurang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Belum lagi gula dapat meningkatkan kalori dalam tubuh.

  1. Makanan mentah

Jangan memberikan makanan mentah pada balita sebab makanan yang masih raw alias mentah bisa terpapar bakteri salmonella. Hal ini dapat meningkatkan resiko anak kena gastroenteritis dengan gejala seperti diare, mual dan muntah, sakit kepala, kram perut, panas dingin, hingga darah saat bab.

  1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan meningkatkan resiko anak yang masih berusia di bawah 4 tahun akan tersedak. Selama anak tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, maka alternatifnya Anda bisa memberikan sang buah hati selai kacang.

Anda bisa menggiling dan menghancurkan kacang tersebut jadi selai karena tekstur makanan bayi 1 tahun tidak boleh terlalu keras. Sebaiknya berikan makanan dengan tekstur semi lunak karena anak baru bisa diberikan makanan keluarga ketika usianya sudah 2-3 tahun.

  1. Makanan keras dan lengket

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak yang masih berusia 1 tahun sebaiknya tidak diberikan makanan dengan tekstur yang terlalu keras apalagi lengket. Contohnya seperti permen, popcorn, marshmallow dan sebagainya. Hal ini karena mereka akan mudah tersedak.

  1. Susu sapi

Jelang usia 1 tahun sebaiknya ibu tetap jangan memberikannya susu sapi sebagai alternatif pengganti asi yang susah keluar. Kalau memang ibu sulit menghasilkan asi, maka ada baiknya memberikan balita susu formula yang memang sudah diproses untuk dapat dicerna oleh sang bayi. Akan tetapi, susu sapi yang ada dalam kue atau yogurt cukup aman.

  1. Minuman berkafein

Sudah jelas bahwa sebaiknya anak-anak tidak dibiarkan mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh atau kopi. Selain itu minuman bersoda juga sebaiknya dihindari. Minuman-minuman jenis ini tidak boleh diberikan kepada balita.

Makanan yang direkomendasikanuntuk Anak Usia 1 Tahunan

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk balita usia 1 tahun antara lain adalah ikan. Ikan yang baik untuk bayi 1 tahun antara lain yaitu ikan tongkol dan ikan salmon karena mengandung lemak esensial yang berguna menunjang perkembangan otak.

Selain itu nutrisi di dalam ikan seperti protein, kalsium, selenium dan magnesium sangatlah bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain ikan, makanan yang direkomendasikan lainnya adalah wortel dan tomat.

Baca juga; Pantangan Makanan Ambeien/Wasir

Itulah beberapa jenis pantangan makanan anak 1 tahun serta contoh makanan yang direkomendasikan dan sebaiknya diberikan pada balita. Semoga bermanfaat.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin