Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Mitos Merawat Bayi yang Keliru dan Menyebar Luas di Masyarakat

Mitos merawat bayi yang beredar di masyarakat terkadang membuat orangtua harus berhati-hati dalam merawat si buah hati. Mitos-mitos ini kadang dipercayai namun ada juga yang tidak mempercayainya. Sebenarnya setiap ibu yang memiliki anak tidak perlu takut akan segala macam mitos yang beredar tersebut, mengingat mitos-mitos ini ada yang baik dan ada yang buruk.


Mitos dalam merawat bayi yang banyak berkembang di masyarakat ini sebenarnya merupakan kebiasaan-kebiasaan yang telah diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya, dan dari satu ibu ke ibu lainnya. Apabila suatu mitos dilanggar, si ibu yang mempercayai mitos biasanya menjadi takut akan terjadi suatu hal buruk pada bayi mereka sehingga mitos ini sampai sekarang masih tetap ada. Baiknya, adanya mitos membuat si bayi senantiasa dilindungi oleh orang tua mereka, namun ada banyak sekali mitos yang kebenarannya diragukan sehingga perlu dikaji lagi kebenaran dari mitos tersebut.

Kebenaran pada mitos merawat bayi

Tentu saja apabila mitos yang ada tersebut bertolak belakang dengan kesehatan, yang membuat si bayi tidak menjadi lebih sehat namun kondisinya menjadi buruk, janganlah menggunakan mitos merawat bayi tersebut. Ada baiknya apabila anda seorang ibu yang cukup cerdas dan ingin si bayi selalu sehat, hal yang bisa dilakukan yaitu berkonsultasilah dengan dokter mengenai mitos tersebut.

πŸ“‹ Recommended  Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar agar Cepat Gemuk

Pastinya dokter memberikan pada anda pernyataan yang benar karena telah disertai bukti penelitian, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kebenarannya. Hal ini disebabkan mitos sangat berbeda sekali dengan fakta. Dan saat anda mendapatkan info saat berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya anda memahami betul-betul apa yang disampaikan agar anda bisa sempurna dalam merawat bayi.Mitos Merawat Bayi

Mitos Merawat BayiMitos Merawat Bayi

Janganlah merasa gelisah apabila diketahui ternyata mitos yang anda yakini merupakan mitos yang salah dan sangat tidak dianjurkan dokter. Biasanya anda akan menemui kesulitan saat mengindahkan mitos tersebut seperti saat anda disuruh oleh ibu atau nenek anda. Beri saja pengertian pada ibu dan nenek anda bahwa mitos tersebut tidak benar, lalu anda juga memberitahukan mitos yang benar.

Beberapa mitos salah yang sampai saat ini masih digunakan oleh para ibu diantaranya yaitu ada mitos merawat bayi, yaitu bayi di bedong agar kaki mereka menjadi lurus. Dahulu banyak ibu yang mempercayainya. Namun pendapat ini salah karena membedong bayi justru tidak ada hubungannya dalam memberikan efek meluruskan kaki si bayi. Malahan, peredaran darah bayi akan terganggu karena pembedongan dan bayi juga bisa sesak nafas dan susah untuk bergerak.

πŸ“‹ Recommended  Mengatasi Demam Pada Bayi yang Aman, Cepat dan Ampuh 100%

Ada banyak lagi mitos-mitos lain dalam merawat bayi yang bisa anda temukan di internet dan anda ketahui benar tidaknya mitos tersebut, misalnya :

Menjemur bayi setiap pagi hari bisa membuat lebih sehat. Faktanya adalah tidak perlu menjemur tiap hari, cukup sesekali selama 10-15 menit sebelum jam 8 pagi
Dilarang memotong kuku sebelum berusia 40 hari. Faktanya adalah kuku pada bayi bisa membahayakan karena bisa membuat kulit dan wajah tercakar saat menggaruk. Sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gunting khusus bayi atau menggunakn sarung tangan bayi.
Pusar bayi ditutupi dengan uang koin agar tidak bodong. Justru ini tindakan keliru karena bisa memicu infeksi bakteri pada tali pusar yang masih belum putus.

Bagi anda yang memiliki bayi dan saat ini bayi anda sedang lucu-lucunya, anda berkeinginan agar anda melakukan perawatan penuh untuk bayi dan anda bisa mengikuti perkembangan bayi anda. Untuk mitos merawat bayi, tetap saja anda memerlukan bukti kebenarannya yang membuat bayi anda senantiasa sehat dan gembira setiap harinya.

✰ advertisement ✰