Keluhan Yamaha NMAX yang Paling Sering Dialami dan Solusinya

Trend big scooter matic mulai mewabah di kawasan asia tengaggara khususnya biker Indonesia. Yamaha NMAX merupakan motor matic dengan bodi besar yang sangat laris di pasaran karena performanya yang tinggi yaitu 150 cc.

Meski banyak disukai dan memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan motor matic lainnya, Yamaha NMAX juga memiliki keluhan yang sering dikeluhkan penggunanya. Keluhan Yamaha NMAX hampir sama seperti motor matic lainnya sehingga bisa diatasi dengan sedikit modifikasi atau perbaikan.

Berikut Ini 5 Keluhan Yamaha NMAX Beserta Solusinya

Sebelum membeli Yamaha NMAX baik baru maupun bekas, Anda harus mengetahui beberapa keluhan beserta solusi untuk mengatasinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah 5 keluhan yang sering dirasakan oleh pengguna Yamaha NMAX:

keluhan yamaha nmax

  1. CVT Getar

Mayoritas motor matic mengalami keluhan tarikan awal getar termasuk dengan Yamaha NMAX. Sebenarnya banyak sekali alasan mengapa tarikan awal getar mulai dari debu yang menumpuk di bagian CVT, oli gardan atau oli mesin yang mengalami kebocoran dan masuk ke bagian CVT, grease CVT yang mengalami kebocoran sehingga menempel di vbelt dan outer clutch, atau seal dari CVT mengalami kerusakan.

Solusi dari keluhan tersebut adalah melakukan service atau perawatan secara berkala pada bagian CVT. Lakukan penggantian vbelt roller set pada setiap 24.000 km, bersihkan CVT pada setiap 8.000 km, dan penggantian greas secara berkala.

  1. Keluhan Yamaha Nmax : Tarikan Berat

Tarikan berat merupakan permasalahan Yamaha NMAX yang sering dikeluhkan penggunanya. Tarikan Yamaha NMAX berat bisa terjadi karena filter udara yang tersumbat, injector mampet, roller yang sudah mulai rusak, tekanan dari pompa bahan bakar mulai melemah, percikan dari api busi tidak center lagi, serta kegagalan sistem injector yang menyebabkan kode kerusakan pada ECU.

Solusi yang bisa Anda terapkan yaitu mencuci injektor, mengganti part yang rusak, dan mereset kode kerusakan pada ECU. Opsi lain adalah dengan mengganti roller yang lebih ringan gram nya. Roller standar Nmax adalah 13gram, maka diganti dengan ukuran 10gram milik xeon/mio. Kompensasinya dalah tarikan bawah enteng tapi topspeeddi korbankan.

  1. Stang Kemudi Getar

Masalah pada Yamaha NMAX selanjutnya adalah stang kemudi getar. Getaran tersebut bisa dirasakan pengemudi Yamaha NMAX hingga ke tangan mereka sehingga cukup mengganggu. Sumber getaran bisa berasal dari baud engine mounting yang mengalami kendor.

Lakukan pengecekan pada bagian tersebut jika Anda mengeluhkan stang kemudi getar. Jika setelah dicek baud engine mounting tidak kendor maka gunakan solusi lain yaitu dengan memasang pemberat stang agar tidak getar.

mur pulley yamaha nmax

  1. Mur Pulley Depan Lepas

Mur pulley depan yang lepas banyak dikeluhkan oleh mereka yang baru saja mengganti vbelt atau mengecek bagian CVT. Masalah yang terjadi adalah mur pulley lepas dari crank shaft dan membuat kipas pulley rusak.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Dan di beberapa kejadian yang parah, blok CVT terkadang bisa pecah. Agar hal tersebut tidak terjadi, saat memasang mur pulley depan lakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk. Cari tutorial jika dirasa tidak paham.

  1. Tensioner yang Mudah Rusak

Problem pada Yamaha NMAX yang terakhir adalah tensioner yang mudah rusak. Sebenarnya, keluhan ini tidak hanya terjadi pada Yamaha NMAX saja namun juga sering terjadi pada motor jenis lain seperti motor bebek atau motor sport.

Untuk jangka pendek, tensioner yang lemah akan menimbulkan suara berisik saja, namun jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih berat. Solusi dari keluhan tersebut adalah mengganti tensioner dengan yang lebih kuat dan juga berkualitas.

tensioner yamaha nmax rusak melemah

Itulah informasi berkaitan dengan keluhan Yamaha NMAX beserta solusi mengatasi problem tersebut. Setelah mengetahui beberapa masalah di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Yamaha NMAX atau tidak. Anda juga harus melihat atau mencari tahu keunggulan Yamaha NMAX sebagai bahan pertimbangan lain.