Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Memakai Behel Permanen dan Behel Lepas Pasang

Memiliki susunan gigi yang rapi merupakan impian bagi setiap orang. Selain dapat menunjang penampilan, kerapian gigi juga menambah kepercayaan diri seseorang. Berbagai cara rela dilakukan beberapa orang untuk menggapai impiannya tersebut, salah satunya yakni memasang kawat gigi.


Namun, dari beberapa manfaat yang diperoleh, efek samping memakai behel juga harus diketahui oleh para penggunanya. Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda yang berencana menggunakan behel.

Beberapa Efek Samping Memakai Behel

Bagi Anda yang ingin memasang behel sebaiknya pikirkan matang-matang terlebih dahulu. Selain karena ada beberapa dokter yang masih kurang kompeten menangani hal tersebut, efek samping pemasangan kawat gigi juga cukup berbahaya bagi kesehatan.

πŸ”—  Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai Tiap Hari

efek samping memakai behel

✰ ads ✰

Di bawah ini akan diuraikan beberapa efek samping penggunaan kawat gigi di antaranya.

  1. Terkena alergi

Alergi tentu menjadi hal yang sangat mungkin terjadi pada siapapun, khususnya pengguna behel. Karena pemasangan behel itu sendiri menggunakan logam seperti kromium, tembaga dan nikel. Beberapa kasus sempat mengemuka bahwa ada beberapa pasien yang mengeluh sakit karena alergi terhadap logam yang ada pada kawat gigi tersebut.

  1. Menumpuknya kuman dan bakteri

Menggunakan kawat gigi tentu membuat sisa-sisa makanan mudah sekali tersangkut di sela-sela kawat gigi. Apabila hal tersebut dibiarkan maka lama-kelamaan banyak kuman dan bakteri yang berkembang di mulut. Dengan begitu bau mulut dan segala penyakit lainnya tidak dapat dihindari lagi.

  1. Gangguan pencernaan

Pencernaan para pengguna kawat gigi juga dapat terganggu, apabila bahan behel (logam) yang digunakan tidak steril ataupun kualitasnya tidak bagus terkena air liur dan makanan, kemudian masuk ke sistem pencernaan. Maka dari itu, jika ingin memakai perata gigi tersebut, usahakan cari terlebih dahulu dokter yang sudah berpengalaman dan kompeten.

  1. Pemakaian Behel Berdampak Iritasi

Umumnya pemasangan kawat gigi ada durasi waktu penggunaan. Jadi apabila durasi pemakaiannya sudah habis biasanya logam yang ada di kawat gigi yang digunakan akan diganti dengan yang baru. Nah, behel lepas pasang yang sering dilakukan berulang-ulang tersebut dapat menimbulkan luka dan iritasi pada bagian mulut. Jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu kesehatan Anda.

πŸ”—  Efek Samping Glucogen Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

efek samping memakai behel behel lepas pasang

  1. Gigi mudah kotor

Kehadiran kawat gigi tentu memudahkan banyak sisa makanan yang menempel dan untuk membersihkannya pun tidak mudah karena kawat gigi penuh dengan sela-sela yang rumit.Β  Apabila terus dibiarkan maka akan membuat tampilan gigi Anda malah tampak kotor dan bahkan muncul karang gigi.

  1. Timbul gigi sensitif

Pemasangan behel juga dapat menyebabkan gigi sensitif.Β  Biasanya hal tersebut terjadi apabila kawat gigi yang dipasang tidak sesuai dengan prosedurnya dan terlalu keras menekan pada gigi. Dengan begitu, alih-alih ingin memiliki susunan gigi yang rapi malah gigi Anda menjadi rapuh dan mudah ngilu.

  1. Gigi goyah

Memakai kawat gigi juga dapat menyebabkan gigi beresiko mudah goyah. Penyebabnya ialah perpindahan posisi tulang penyangga gigi dimana harusnya mengikuti gigi, justru mengikuti logam pada behel. Jika terus dibiarkan maka gigi Anda akan menjadi mudah terlepas.

πŸ”—  Efek Samping Buah Pepaya Apabila Dikonsumsi Berlebihan

baca juga : Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Tampil cantik dan menawan merupakan harapan bagi semua orang. Bagi Anda yang ingin memakai kawat gigi, pastikan mencari dokter gigi yang kompeten dan memiliki izin praktek resmi. Hal tersebut demi mencegah efek samping memakai behel seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, jagalah kebersihan mulut dengan baik. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

✰ advertisement ✰