Bayi 2 Bulan Tidur Terus? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah bayi 2 bulan tidur terus normal dan perlukah orang tua merasa khawatir? Pola tidur bayi memang lebih panjang dari orang dewasa. Normalnya bayi 2 bulan bisa tidur selama 16 jam/hari.

Pada dasarnya bayi yang mengalami kondisi ini disebabkan karena belum mampu membedakan pergantian hari antara siang hari dan malam hari. Sehingga bayi tidak mampu menahan kantuknya ketika sudah benar-benar merasa lelah dengan kegiatannya di siang hari.

bayi 2 bulan tidur terus

Penyebab Bayi 2 Bulan Tidur Terus

Selain karena disebabkan tidak bisa membedakan pergantian hari, bayi yang selalu tidur terus bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

  • Kondisi Tubuh yang Tidak Sehat

Bila orang tua menemukan bayi 2 bulan tidur terus di siang hari, maka ini bisa menjadi tanda jika bayi sedang berada dalam kondisi kurang sehat.

Bayi sering menangis, malas menyusui dan tampak lesu maka orang tua wajib waspada karena bisa jadi bayi terserang penyakit kuning. Bayi yang terserang penyakit kuning lebih sering mengantuk dan tidur bahkan sulit dibangunkan. Kondisi ini sebaiknya cepat diatasi dengan memeriksakan bayi ke dokter.

  • Bayi Mengalami Apnea Tidur

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, pola tidur bayi 2 bulan yang benar selama satu hari penuh tidak boleh lebih dari 16 jam. Bila bayi tidur lebih banyak dari 16 jam bisa jadi bayi mengalami apnea tidur. Kondisi sleep apenea merupakan gangguan saluran pernapasan yang terjadi saat tertidur. Kondisi ini disebabkan karena lidah bayi yang tidak sengaja terjatuh ke bagian belakang tenggorokan ketika tidur.

Berbahayakah Bayi Tidur Terus?

Banyak pendapat yang mengatakan bila bayi tidur terus merupakan hal yang wajar apalagi di usianya yang masih 2 bulan. Namun yang perlu dikhawatirkan oleh orang tua adalah penyebab bayi terus tidur, apalagi jika bahaya bayi tidur terus disebabkan oleh penyakit kuning.

Penyakit kuning ini meningkatkan kadar bilirubin dalam otak bayi yang kemudian akan menghentikan fungsi dari sistem saraf pusat bayi. Terlebih jika bayi mengalami penyakit kuning yang sifatnya patologis di mana golongan darah ibu dan bayi berbeda, penyakit ini wajib ditangani oleh dokter.

Supaya bayi bisa nyenyak tidur di malam hari dan lebih sering terjaga di siang hari karena tubuhnya segar, orang tua bisa mencoba beberapa trik ini:

  • Usahakan kamar bayi selalu dalam kondisi bersih, tenang dan tidak begitu terang
  • Bayi ditidurkan setelah mengantuk
  • Pastikan popoknya tidak penuh
  • Pakaian bayi tidak dibuat dari kain yang terlalu tipis atau tebal

Percuma membuat bayi terjaga bila bayi tampak mengantuk dan tidak segar. Namun membiarkan bayi 2 bulan tidur terusjuga tidak baik. Oleh karena itu lakukan tindakan yang tepat agar bayi kembali segar seperti biasanya. Baca juga: Bayi 2 Bulan Berat Badan 7 Kg? Apa yang Perlu Bunda Lakukan?