Bayi 2 Bulan Berat Badan 7 Kg? Apa yang Perlu Bunda Lakukan?

Normalkah jika bayi 2 bulan berat badan 7 kg untuk perkembangannya? Perlu diketahui bahwa ketika bayi baru dilahirkan minimal berat badannya 2.5kg dan maksimal berat badannya 4.5kg. Batas berat badan ini berdasarkan standar yang diberikan oleh WHO.

Pertumbuhan bayi menjelang usia 2 bulan, bertambah 150-250gram setiap minggunya, lalu berat badan bayi 2 bulan normalnya berapa? Menurut perhitungan tersebut tepat di usia 2bulan, bayi laki-laki idealnya memiliki berat badan minimal 4.3 kg dan maksimal 7.1 kg. Sementara untuk bayi perempuan, berat badan bayi tidak boleh kurang dari 3.9 kg dan lebih dari 6.6 kg.

bayi 2 bulan berat badan 6 kg

Faktor Penyebab Bayi 2 Bulan Berat Badan 7 Kg

Berat badan bayi yang baru dilahirkan ditentukan oleh masa-masa kehamilan ibu. Karena menyesuaikan dengan pola makan ibu yang kemudian diserap janin selama berada dalam kandungan. Jika bayi tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik akibat pola makan ibu yang tidak beraturan maka bayi akan lahir dengan berat badan minimal.

Sedangkan untuk bayi usia 2 bulan, berat badannya bisa terus ditambah melalui asupan ASI atau susu formula. Adapun berat badan bayi 2 bulan 7 kg masih dalam batas normal terlebih jika itu bayi laki-laki. Namun jika bayi perempuan 7 kg terlalu banyak dan melampaui batas standar berat badan bayi berdasarkan ketetapan WHO.

Cara Mengukur Berat Badan Bayi

Bayi yang sehat akan memiliki berat badan ideal yang bisa diukur dengan menggunakan 3 indikator pengukuran yakni:

  • Berat badan ideal berdasarkan standar ketetapan WHO
  • Lingkar kepala yang bisa mendeteksi adanya penyakit dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi
  • Tinggi badan ideal yang telah ditetapkan sebelumnya oleh standar WHO

Bila ketiga indikator ini tidak bisa dipenuhi, maka orang tua hanya perlu meningkatkan kebutuhan asupan energi, kalsium, protein dan juga zat besi. Ketika bayi memperoleh asupan nutrisi yang sesuai, maka secara otomatis berat badannya akan terus bertambah.

Adapun cara menambah berat badan bayi 2 bulan lainnya bisa disimak di bawah ini:

  • Susui Bayi Dengan Cara yang Tepat

Bila ibu berencana memberikan ASI eksklusif maka lakukan dengan benar. Perhatikan pola makan bayi. Jika bayi terbiasa menyusu dari satu payudara maka biasakan untuk menyusui dari kedua payudara. Bila bayi menolak, maka berikan di sesi selanjutnya. Ibu bisa mencoba berbagai posisi ketika menyusui, pastikan bayi tetap merasa nyaman.

  • Menjaga Kualitas ASI

Bagaimana berat badan bayi bisa bertambah jika bayi tidak mau minum ASI? Salah satu cara efektif untuk mengatasi hal ini adalah meningkatkan kualitas ASI. Ibu bisa mengkonsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Bayi 2 bulan berat badan 7 kgtentunya tampak montok dan sehat, ibu tidak boleh gampang puas, tetap pantau terus perkembangan bayi agar tumbuh makin sehat. Baca juga: Bayi 2 Bulan Susah Tidur? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah