Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Bagian Telinga dan Fungsinya, Dibahas Detail dengan Gambar

Bagian telinga dan fungsinya sering di cari informasinya karena memang bagian telinga ini menjadi bagian paling penting yang ada di tubuh manusia. Sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja bagian telinga dan juga fungsi masing masing bagian telinga tersebut.


Telinga adalah alat pendengaran yang memiliki fungsi menangkap gelombang suara yang ada disekitarnya. Baik manusia ataupun hewan sama-sama memiliki alat indra telinga dan fungsinya juga sama yaitu untuk menangkap suara. Mengetahui tentang telinga memang sangatlah penting, agar anda tahu bagian telinga dan fungsinya itu seperti apa.

Bagian Telinga Dan Fungsinya

Sehingga nantinya anda tahu bahwa ketika telinga anda mendengar suara. Telinga akan memprosesnya dulu agar anda bisa mendengar dengan baik. Untuk lebih jelasnya mengenai bagian telinga dan fungsinya, anda bisa lihat selengkapnya dibawah ini.

Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya

Fungsi Telinga Bagian Luar

Fungsi Telinga Bagian LuarTelinga bagian luar memiliki fungsi utama yakni untuk menangkap dan mengarahkan getaran gelombang suara yang akan menuju telinga bagian tengah. Selain itu fungsi telinga bagian luar juga melindungi gendang telinga. Dibagian telinga luar setidaknya ada daun telinga, saluran telinga luar dan juga gendang telinga yang menjadi pembatas telinga luar dengan telinga tengah. Untuk fungsi daun telinga sebagai berikut ini :

  1. Bisa menangkap getaran dari gelombang suara
  2. Dapat mengatur arah gelombang yang sudah diterimanya
  3. Bisa memberikan tekanan udara yang ada di sekitar gendang telinga
  4. Dapat melindungi gendang telinga
  5. Bisa mengetahui arah datangnya gelombang suara
  6. Bisa mengatur volume gelombang suara yang diterimanya
πŸ“‹ Recommended  Manfaat Daun Sirih Untuk Mata yang Memerah, Gatal dan Perih

Untuk fungsi saluran telinga luar hampir sama seperti daun telinga. Dimana setelah menerima getaran suara yang di dapat dari daun telinga maka saluran telinga luar ini akan mengarahkan getaran gelombang suara tersebut ke gendang telinga. Fungsi bulu-bulu halus yang ada di saluran telinga luar adalah untuk mencegah serangga yang akan masuk ke saluran telinga.

Lalu untuk gendang telinga yang memiliki bentuk lembaran bulat ini berfungsi untuk memberikan bantuan proses mendengar.

Fungsi Telinga Bagian Tengah

Fungsi Telinga Bagian TengahTelinga bagian tengah merupakan rongga yang berisi sebuah udara yang berfungsi menjaga tekanan udara agar tetap seimbang. Telinga bagian tengah ini terdiri 3 tulang pendengaran utama dan saluran eustachius.

  1. 3 Tulang pendengaran utama

Dibagian ini terdapat tulang martil, tulang sangurdi dan juga tulang landasan. Ketiga tulang pendengaran ini terhubung satu sama yang lain dengan sendi-sendi. Sehingga ketiga tulang itu bisa bergerak secara bersamaan. Untuk fungsi 3 tulang pendengaran utama yang ada di telinga bagian tengah ini adalah mengirimkan getaran gelombang suara yang sudah diterima oleh gendang telinga dan telinga luar yang akan menuju ke jendela oval telinga dalam.

  1. Saluran Eustachius

Saluran ini merupakan sebuah saluran yang berasal dari bagian telinga tengah yang menghubungkan telinga ke bagian rongga hidung dan juga ke bagian tenggorokan. Saluran Eustachius ini sangatlah penting karena mempunyai fungsi sebagai pengatur tekanan udara yang ada dibagian telinga tengah.

πŸ“‹ Recommended  Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Penyebab & Solusi yang Aman Efektif ?

Fungsi Telinga Bagian Dalam

Fungsi Telinga Bagian DalamTelinga bagian dalam ini terdiri dari tulang dan membran. Fungsi telinga bagian dalam adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh dan juga untuk mendengar. Dimana bentuknya seperti sebuah labirin, yang dikelompokkan menjadi labirin tulang, labirin membran. Untuk labirin tulang ini terdiri dari 3 bagian yaitu Rumah Siput, Kanalis Semisirkulasi dan Vestibuli. Untuk mengenal ketiga bagian tersebut anda bisa lihat dibawah ini :

  1. Rumah Siput

Fungsi rumah siput ini adalah sebagai reseptor. Rumah siput ini mempunyai bentuk mirip tabung bengkok. Dan di rumah siput memiliki sebuah bagian yang dinamakan membran Basilaris yang mempunyai fungsi sebagai bagian pemisah rumah siput menjadi bagian atas dan bagian bawah.

  1. Kanalis Semisirkularis

Merupakan saluran yang berbentuk setengah lingkaran. Dimana ia terdiri dari 3 saluran semisirkularis yang sudah tersusun menjadi bagian kesatuan namun posisinya berbeda. Ketiga saluran tersebut dinamakan kanalis semisirkularis horizontal, vertikal superior, vertikal posterior.

  1. Vestibuli

Bagian telinga dalam ini adalah bagian yang terdiri sakula dan utrikula. Kedua bagian tersebut sudah disusun oleh sel rambut dan memiliki struktur khusus. Sel rambut ini dibagian sakula disusun secara vertikal sedangkan untuk bagian utrikula tersusun secara horizontal.

Itulah informasi mengenai bagian telinga dan fungsinya yang lengkap dengan gambar bagian telinga. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang pengenalan bagian tubuh manusia.

✰ advertisement ✰