Bayi 1 Bulan Kembung? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bayi 1 bulan kembungumumnya disebabkan oleh saluran pencernaan yang tidak bisa berfungsi secara maksimal. Kondisi ini termasuk hal yang normal karena seiring pertambahan umur, sistem pencernaan akan ikut tumbuh dan berkembang.

Pada saluran pencernaan bayi terdapat banyak udara yang tidak bisa dikeluarkan dengan mudah, butuh bantuan yang tepat untuk dapat mengeluarkannya.

Ciri-ciri perut kembung pada bayi di antaranya adalah bayi sering menangis tanpa alasan. Bayi juga sering melengkungkan punggungnya atau menggeliat ke belakang dan mengangkat kedua kakinya.

bayi 1 bulan kembung

Penyebab Bayi 1 Bulan Kembung

Perut kembung yang dialami oleh si kecil bisa disebabkan berbagai kondisi. Berikut ini penyebab bayi baru lahir mengalami perut kembung:

  • Makanan yang Dikonsumsi Oleh Ibu
✔️  Bayi 0 bulan Susah BAB Berhari-hari? Lakukan Tips Berikut Ini

Karena bayi 1 bulan memperoleh nutrisi dari ASI ibu maka penyebab utama dari perut kembung adalah makanan yang dikonsumsi ibu. Ada baiknya bila ibu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gas seperti bawang, kentang, brokoli, kembang kol dan kubis.

  • Memberikan Minuman Selain ASI

Alasan bayi 1 bulan perut kembung bisa jadi karena ibu yang memberikan minuman selain ASI. Di usia sekecil ini, bayi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan selain ASI, air mineral, atau susu formula.

Meskipun menyehatkan, memberikan jus pada bayi bisa menyebabkan bayi mengalami sakit perut, diare atau perut kembung. Alasannya adalah sistem pencernaan bayi masih lemah sehingga belum mampu mencerna glukosa dan fruktosa pada jus buah.

  • Dot Bayi
✔️  Cara Merawat Bayi 0 Bulan yg Baru Lahir buat Pasangan Muda

Bila orang tua sering memberikan susu formula melalui dot sebaiknya pilih dot dengan ukuran yang tepat.

Jika membeli dot dengan bagian ujung terlalu kecil maka hanya akan membuat udara masuk lebih banyak ke perut bayi akibatnya bayi mengalami sakit perut perut kembung.

Sebelum beli dot, cari tahu lebih dahulu, karakter dot yang dirancang dengan baik untuk mengurangi masuknya udara pada tubuh bayi.

Cara Menenangkan Perut Kembung Pada Bayi

Bahayakah perut kembung pada bayi? sebenarnya kondisi ini tidak bisa dibilang berbahaya, tapi agar bayi merasa lebih nyaman, segera atasi perut kembung dengan cara berikut ini:

1. Menidurkan bayi dengan posisi telentang, orang tua bisa mengangkat kedua kaki bayi lalu menggerakannya ke atas dan ke bawah seperti mengayuh sepeda.

✔️  Bayi 1 Bulan Sering Gumoh Setelah Menyusui? Begini Cara Mengatasinya

2, Memijat perut bayi memakai minyak telon searah jarum jam

3, Mengusap punggung bayi dengan lembut.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Hidung Tersumbat? Begini Cara Alami Mengatasinya

Perut kembung pada bayi yang tidak terjadi secara berlarut-larut tidak perlu dikhawatirkan. Berbeda jika perut kembung tidak kunjung sembuh selama berhati-hati, karena bisa jadi perut kembung merupakan gejala penyakit serius. Terutama ketika perut kembung disertai dengan sembelit dan muntah.

Jika memang itulah yang terjadi maka ada kemungkinan bayi 1 bulan kembung disebabkan oleh hal yang lebih serius lagi. Maka segera periksakan ke dokter anak untuk mengetahui penyebabnya.