Hiasan Dinding Kelas SD agar Suasana Belajar Lebih Seru

Membuat hiasan dinding untuk kelas mungkin menjadi pekerjaan rumah yang dapat membuat guru sedikit kebingungan. Sebagian besar waktu siswa ketika belajar di sekolah dihabiskan dalam ruangan kelas, jika suasana kelas membosankan dan tidak nyaman tentu bisa saja menurunkan semangat belajar para siswa. Oleh karena itu, penataan ruang kels sepertinya perlu menjadi prioritas guru SD.

Tidak perlu menyediakan barang-barang mahal dalam kelas, membuat hiasan dinding dengan barang-barang sederhana dan kreatifitas yang luar biasa akan mengubah suasana kelas menjadi lebih seru. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini!

Hiasan Dinding Bertema Karnaval

Untuk membuat suasana kelas lebih bersemangat Anda mungkin bisa mencoba membuat hiasan dinding kelas SD bertema karnaval. Dalam tema ini, kesan ceria menjadi hal yang harus ditonjolkan. Anda bisa menghiasi dinding dengan wallpaper dan gambar-gambar wahana khas karnaval seperti komedi putar atau tenda sirkus yang dilengkapi hiasan lentera berwarna-warni.

Untuk kesan ceria yang kuat, Anda dapat memadukan warna-warna dengan dominasi merah, kuning, atau biru cerah dan tambahkan perpaduan warna hitam dan putih untuk sentuhan yang lebih menarik.

Hiasan Dinding Kelas SD

Hiasan Dinding Kelas SD

Hiasan Dinding Bertema Hitam Putih

Hiasan dinding kelas SDyang bertema hitam putih ini cocok digunakan untuk ruangan kelas yang usia siswanya sudah menuju remaja seperti kelas 5 atau 6. Hiasan yang dapat Anda gunakan untuk menghias kelas dengan tema ini adalah dengan pernak pernik bendera segitiga yang diwarnai dengan cat air serta bunga-bunga yang dibuat dari kertas.

Anda juga dapat menggunakan hiasan rumbai-rumbai yang menggantung di dinding langit-langit untuk menambahkan kesan ceria atau menghiasi dinding dengan karton yang berisi bingkai foto siswa yang digambar sendiri lengkap dengan nama mereka. untuk lebih menghidupkan suasana, padukan dominasi warna hitam putih dengan warna-warna yang terang seperti biru, merah, kuning, atau hijau.

hiasan dinding 14
hiasan dengan bahan seloptip dan kertas

Hiasan Dinding Bertema Bawah Laut

Tema lainnya yang bisa Anda coba untuk menghiasi dinding kelas adalah dengan dekorasi bertema bawah laut. Karena konssepnya bawah laut, tentu saja warna biru harus mendominasi haisan dinding kelas SD Anda. Dekorasi yang dapat dibuat untuk menghiasi dinding adalah art paper menyerupai tirai yang dibuat dari tiga buah kertas dengan warna berbeda yang dililit atau dikepang.

Kemudian untuk menegaskan tema bawah laut ini, Anda bisa menempelkan boneka atau gambar-gambar hewan bawah laut pada rangkaian tirai art paper. Selain itu, Anda juga bisa menghiasi kelas dengan ember-ember yang diisi hiasan tanaman laut buatan.

hiasan dinding 7

wallpaper dinding kelas SD kelas 1 2 3 4


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Hiasan Dinding Bertema Playful

Suasana kelas yang playful ternyata dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Dalam tema ini, hal yang harus diperhatikan adalah coba buat suasan kelas lebih bersahabat dengan anak-anak. Pada tema playful, hiasan dinding kelas SD yang dapat digunakan adalah hiasan kertas dengan motif polkadot atau kertas polos berwarna-warni yang digunting berbentuk lingkaran dan ditempel di dinding serta furnitur kelas lainnya seperti papan tulis, meja, rak, atau lemari.

hiasan dinding kelas

hiasan dinding kelas

hiasan dinding kelas

hiasan dinding kelas

hiasan dinding kelas

hiasan dinding kelas

lukisan di tembok

bunga dan kayu yang bagus nan cantik

bunga dari kertas

kertas karton warna

kertas hias dan balon

lukisan 2 warna hitam dan putih

dari kardus

kuas dan kertas

bunga kertas

Selain itu, Anda juga bisa menambah dekorasi dengan menempelkan gambar-gambar buatan siswa atau slogan-slogan yang dihiasi karakter-karakter kartun. Kemudian, untuk menghidupkan kesan playful dalam ruangan kelas, pilihlah warna-warna cerah yang akan menambah keseruan ketika belajar di kelas.

Itulah beberapa referensi untuk membuat hiasan dinding kelas SD agar ruangan kelas menjadi lebih indah dan nyaman yang akan mambawa suasana belajar seru dan bersemangat bagi siswa. Selamat mencoba!