Efek Samping Sulam Alis Bisa Bikin Iritasi dan Infeksi, Benarkah?

Sulam alis adalah trend yang banyak digemari oleh para perempuan. Sulam alis dinilai memberi hasil yang cantik dan praktis bagi penggunanya. Hal ini berdampak pada setiap orang yang alisnya sudah disulam tidak memerlukan pensil alis lagi.

Perawatan ini menjadi populer dan diminati karena banyak orang terkenal yang melakukan sulam alis. Namun dibalik keindahan hasil  sulam alis, Anda juga harus mengetahui efek samping sulam alis. Perawatan yang instan tentunya memiliki segala macam resiko yang harus ditanggung oleh peminta.

Efek Samping Sulam Alis bagi Kesehatan

Sulam alis telah menjadi budaya yang sudah cukup lama terutama dalam dunia artis. Biasanya para artis yang sibuk akan memanfaatkan sulam alis karena tidak mempunyai waktu banyak untuk merias diri terutama bagian alis. Sulam alis ini merupakan perawatan yang bersifat permanen.

Namun, seiring berjalannya waktu, warna alis yang disulam akan memudar dalam jangka waktu sekitar enam bulan. Setelah itu, maka alis perlu disulam lagi. Anda yang ingin menggunakan sulam alis sebagai perawatan kecantikan, maka sebaiknya perhatikan beberapa efek samping dari proses sulam alis yang akan diuraikan pada penjelasan berikut:

efek samping sulam alis

  1. Iritasi

Apabila Anda yang melakukan sulam alis memiliki kulit yang sehat, maka tidak akan menyebabkan iritasi. Namun, kulit yang sensitif tentunya memiliki lebih banyak risiko terkena iritasi. Iritasi menyebabkan timbulnya bercak merah pada alis.

Dampak tersebut disebabkan karena bahan tinta yang telah digunakan. Apabila penyulam alis kurang profesional, maka tinta sulam alis yang seharusnya digunakan justru diganti dengan tinta sintetis sehingga menyebabkan iritasi. Tinta untuk sulam alis yang baik adalah berasal dari sari tumbuhan. Anda harus tahu jenis kulit apa yang dimiliki, apakah sensitif atau normal.

  1. Rasa Sakit pada Alis

Ketika Anda melakukan sulam alis, tentu saja akan merasakan rasa sakit yang menyakitkan. Anda akan merasakan perih, terbakar, bahkan terkuliti terutama kulit alis. Prosesnya lah yang membuat rasa sakit itu muncul. Kulit epidermis Anda juga akan mengelupas karena alat untuk menyulam berasal dari bahan logam runcing.

Baca : Cara Memasang Bulu Mata yang Benar

  1. Penyakit Kulit

Seseorang yang menjalani sulam alis akan lebih rentan terhadap penyakit kulit. Ini disebabkan oleh benda asing yang dengan mudah masuk ke dalam pori-pori. Pori-pori alis akan terbuka ketika Anda melakukan sulam alis. Pori tersebut menyebabkan benda asing dapat masuk dalam tubuh. Tinta alis yang digunakan juga akan masuk dan membahayakan.

  1. Merusak Epidermis

Sulam alis juga dapat menyebabkan lapisan epidermis kulit Anda rusak. Melakukan gambar pada kulit tentu menimbulkan bahaya terutama kesehatan. Peralatan yang digunakan untuk menyulam terbuat dari bahan logam serta terdapat jarum dan akan merusak kulit pada bagian atas. Alis yang mengalami goresan akan rusak dan tidak lancarnya peredaran darah.

  1. Infeksi

Infeksi menjadi salah satu dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari sulam alis dari para penyulam yang bahkan tidak profesional. Infeksi yang terjadi dapat terlihat dari membengkaknya alis mata. Alis mata yang disulam juga menyebabkan adanya nanah. Infeksi disebabkan oleh bahan tinta yang terdiri dari bahan kimia berbahaya. Kemudian peralatan menyulam yang tidak disterilkan juga menyebabkan infeksi.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Demikian beberapa efek samping sulam alis yang membahayakan bagi tubuh dan kesehatan Anda. Jangan sampai Anda salah pilih apabila memang membutuhkan sulam alis. Perlu hati-hati dan survei ke beberapa tempat lalu bandingkan.