Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

5 Cara Mengobati Mata Ikan dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara mengobati mata ikan memang harus dipelajari secara matang. Meskipun sekarang bisa menggunakan bahan alami. Tapi untuk membuat obat alami untuk mengobati mata ikan ini perlu sebuah informasi. Sehingga nantinya obat yang anda buat sendiri benar-benar bisa mengobati mata ikan.


Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mata ikan. Mata ikan adalah salah satu jenis penyakit kulit yang biasa menyerang bagian telapak kaki. Memang mata ikan ini tampak kecil namun jika dibiarkan penyakit kulit yang satu ini dapat membutuhkan pengobatan dengan cara operasi kecil untuk mengangkatnya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengobati penyakit kulit yang satu ini tanpa harus operasi, atau tanpa harus membeli obat mata ikan di apotik, yakni hanya menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Mata Ikan

Perlu kalian ketahui bahwa mata ikan ini disebabkan oleh jenis virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Selain menyerang area telapak kaki, mata ikan juga terkadang menyerang bagian tumit, jari kaki, jari tangan, telapak tangan dan dapat menyerang hingga area wajah serta mulut. Akan tetapi kasus ini sering kali terjadi pada bagian kaki saja.Gejala mata ikan ini adalah adanya penebalan pada bagian kulit dan juga tampak benjolan kecil seperti mata ikan, nah hal inilah yang menjadikan penyakit ini dikenal dengan nama mata ikan.

Penyebab Mata Ikan :

  • Kebersihan pada bagian kaki yang kurang terawat, seperti sepatu yang kotor atau kaus kaki serta jarang dicuci membuat penyakit ini rawan sekali menyerang.
  • Penggunaan sepatu yang sempit sehingga sering terjadi penekanan pada bagian telapak kaki.
  • Sering terjadi gesekan pada area kaki secara terus menerus.
  • Penggunaan kamar mandi di tempat tertentu secara bersamaan, seperti kos-kosan, tempat gym dan lainnya.
πŸ“‹ Recommended  Cemilan untuk Penderita Diabetes yang Paling Sehat tapi Tetap Enak

Namun dari beberapa penyebab penyakit mata ikan diatas yang paling jelas penyebabnya adalah tentang kebersihan yang kurang terjaga serta tekanan yang sangat berlebihan. Maka dari itu kami telah menyiapkan informasi mengenai cara mengobati mata ikan yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Menggunakan Bahan Alami

  1. Getah Pepaya

Getah PepayaBuah pepaya ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak, maka dari itu sebagian orang banyak yang mengkonsumsi buah yang satu ini. Selain buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan mata, buah ini juga cocok untuk dijadikan manisan yang cukup lezat. Akan tetapi tak hanya itu saja, getah buah ini juga merupakan salah satu obat mata ikan yang ampuh.

Caranya juga cukup mudah, yakni bersihkan terlebih dahulu kaki anda dengan menggunakan air hangat yang telah di campur dengan garam secukupnya. Kemudian rendam kaki anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air biasa lalu keringkan. Nah setelah kering baru oleskan getah pepaya tersebut ke bagian yang terkena mata ikan. Lakukan secara rutin agar mata ikan lebih cepat terobati.

Getah Kamboja

  1. Getah Kamboja

Dan cara mengobati mata ikan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan getah kamboja. Metode penyembuhan menggunakan getah kamboja ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dimana pohon yang satu ini banyak sekali tumbuh di area pemakan yang juga memiliki khasiat ampuh untuk mengobati mata ikan.

πŸ“‹ Recommended  Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Cara untuk mengobatinya juga cukup mudah, yakni dengan membersihkan bagian kaki yang terkena mata ikan ini dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam. Setelah bersih kemudian lap dengan handuk atau kain yang bersih. Setelah itu barulah kalian oles dengan getah kamboja ada area yang terkena mata ikan dengan merata. Lakukan secara rutin agar mata ikan lebih cepat sembuh.

  1. Daun Dewa

Daun DewaSelain menggunakan getah kamboja dan juga getah pepaya, kalian juga dapat menggunakan daun dewa untuk menghilangkan mata ikan. Caranya yakni dengan menumbuk 5 hingga 6 helai daun dewa hingga halus kemudian balurkan tumbukan daun tersebut ke area mata ikan dengan merata. Setelah itu balut bagian tersebut dengan perban dan usahakan jangan sampai menggunakan daerah tersebut untuk melakukan aktivitas yang berat karena akan menghambat proses penyembuhannya.

  1. Rokok

Nah cara mengobati mata ikan menggunakan rokok ini juga cukup unik, yakni dengan menggunakan rokok yang masih menyala. Caranya yakni dengan mendekatkan bara rokok tersebut ke area kulit yang terkena mata ikan. Lakukan secara terus menerus hingga 5 menit. Cukup esktrim memang, namun konon cara ini banyak digunakan oleh sebagian orang dan alhasil mata ikan mereka lama kelamaan menjadi sembuh total.

Batu Apung

  1. Batu Apung

Cara ini memang salah satu metode yang cukup tradisional. Pertama-tama bersihkan lokasi yang terkena mata ikan seperti cara yang sudah kami sampaikan diatas. Setelah itu gosoklah batu apung tersebut di area mata ikan untuk menipiskan penebalan kulit akibat mata ikan. Lakukan secara rutin.

✰ advertisement ✰