Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Menambah Berat Badan Janin 8 Bulan, Cepat & Efektif

Cara menambah berat badan janin 8 bulan memang bukan hal yang mudah. Bagi para ibu hamil yang mengetahui jika buah hati yang dikandung memiliki berat badan yang kurang ideal pastilah merasa khawatir.


Terlebih jika deteksi kekurangan berat badan buah hati terjadi di kala usia kandungan sudah menginjak tujuh atau delapan bulan. Pada umumnya kekurangan berat badan terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada masa kehamilan baik untuk sang ibu hamil maupun janin yang dikandung.

Cara Menambah Berat Badan Janin 8 Bulan dengan Cepat dan Efektif

Penambahan berat badan janin masih dapat dilakukan dalam jangka waktu hingga proses persalinan dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan janin yang ruang ideal.

cara menambah berat badan janin 8 bulan cara menambah berat badan janin 8 bulan

  • Memenuhi asupan gizi

Sudah sewajarnya janin mengalami perkembangan di dalam rahim yang salah satu ciri bahwa janin tersebut berkembang adalah terjadi penambahan berat badan. dokter akan memberitahukan berat normal janin 8 bulan dalam kandungan dan bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu sangat diperlukan melakukan pemeriksaan secara rutin selama kehamilan.

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk dapat menambah berat badan secara signifikan adalah dengan memperbaiki pola makan. Penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan terlebih janin. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat murni dan bukan olahan seperti roti dan nasi. Selain itu, penuhi pula kebutuhan protein yang dapat diperoleh dari konsumsi telur rebus serta daging.

πŸ“‹ Recommended  Perkembangan Janin Usia 2 Bulan [Tips Hamil 2 Bulan]

Pastikan pula ibu hamil mengkonsumsi banyak sayuran serta buah-buahan yang akan memenuhi kebutuhan vitamin dan zat lainnya. Hindari makan junk food dan konsumsilah setidaknya dua gelas susu ibu hamil setiap pagi dan sore hari.

  • Beristirahat yang cukup

Kurangnya berat badan janin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab berat badan janin kurang dalam kandungan adalah terlalu banyak melakukan aktifitas sehingga merasakan kelelahan. Memang banyak ibu hamil yang merasa bahwa mereka baik-baik saja serta enjoy melakukan aktifitas tersebut. Namun tidak demikian dengan kondisi janin di dalam perut.

Aktifitas yang terlalu banyak atau terlalu berat bagi ibu hamil dapat mengeluarkan begitu banyak energi serta kalori yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada asupan gizi serta nutrisi yang sampai pada janin. Untuk itu, batasi aktifitas dan istirahatlah yang cukup. jangan lewatkan tidur siang minimal 2 jam dalam sehari untuk memulihkan tenaga dan energi yang diimbangi dengan makan makanan bergizi.

  • Memperbanyak minum air putih dan berolahraga

Cara yang sangat tepat untuk dilakukan ketika mengetahui berat badan buah hati dalam kandungan kurang ideal adalah banyak mengkonsumsi air putih. Minum banyak air putih dapat membantu ibu hamil mencegah dehidrasi serta dapat membantu penyaluran nutrisi pada janin terjadi maksimal.

πŸ“‹ Recommended  Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (Tips Hamil 7 Bulan)

Untuk cara menghitung berat badan janin dalam kandungan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ketika melakukan pemeriksaan rutin. Supaya penambahan berat badan janin dapat terjadi lebih efektif, sangat disarankan pula untuk mengkonsumsi susu UHT full cream.

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Seorang ibu hamil tidak hanya memiliki tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri. Namun tanggungjawab terhadap janin yang sedang dikandung. Penerapan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan janin hingga kurangnya berat badan janin. Untuk mengatasi itu semua, terapkan pola dan gaya hidup yang sehat. Selain memperhatikan asupan gizi dan aktifitas harian yang seimbang, jangan lupa untuk menghindari stress ketika masa kehamilan.

Dengan melakukan beberapa cara menambah berat badan janin 8 bulan di atas maka masalah ketidak idealan berat badan buah hati dalam kandungan dapat diatasi dengan baik. Selain menjaga pola makan, sangat perlu bagi ibu hamil untuk melakukan beberapa hal sesuai anjuran dokter untuk mendukung proses penambahan berat badan janin.

✰ advertisement ✰