Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat dinantikan oleh seorang wanita ataupun keluarga baru. Kehamilan bagi wanita merupakan fase penyempurnaan kehidupan bagi wanita dan keluarga. Melalui kehamilan keluarga dapat melanjutkan penerus generasi keluarga. Oleh karena itu kehamilan sangat penting bagi sebuah keluarga. Tentunya menjadi wanita harus bisa menjaga sang janin hingga kelak dilahirkan dengan sehat tanpa kekurangan apapun.

Menjaga kesehatan janin Secara langsung dapat dilakukan melalui asupan makan sang ibu. Makanan yang di konsumsi ibu secara langsung akan menjadi asupan sang janin. Oleh karena itu anda harus memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut ini akan di bahas mengenai makanan bergizi yang baik untuk ibu hamil.

Makanan sehat untuk ibu hamil Makanan Bergizi untuk ibu hamil makanan sehat ibu hamil

9 Asupan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sayuran Hijau dan Buah-Buahan

Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, seledri, merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Sayuran-sayuran hijau tersebut memberikan banyak kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan gizi tersebut adalah vitamin A, C, dan K serta asam folat. Sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu sayuran hijau juga mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

Salah satu makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah tentunya ibu hamil akan mendapatkan sumber vitamin C setiap hari. Vitamin C penting untuk Ibu hamil karena dapat memberi kekebalan pada tubuh dan mencegah terjadinya beberapa infeksi. Dalam sehari ibu hamil setidaknya mengkonsumsi vitamin C sebanyak 70 mg per hari. Buah-buahan yang bagus dikonsumsi ibu hamil seperti jeruk, anggur, stroberry, melon atau papaya.

Daging tanpa lemak

Salah satu makanan untuk ibu hamil adalah daging tanpa lemak. Daging sapi banyak mengandung protein yang baik untuk menguatkan janin. Namun bagi anda yang menderita hipertensi mengkonsumsi daging terlalu banyak tidak dianjurkan oleh dokter. terutama untuk daging kambing yang bisa menaikkan tekanan darah anda. Dengan demikian, porsi daging yang anda konsumsi tidak boleh berlebihan

Susu

Susu merupakan makanan tambahan yang sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil. Apalagi pada trisemester pertama, sang ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi susu yang bisa menguatkan janin di dalam Rahim.

Beberapa wanita biasanya tidak suka atau tidak tahan dengan bau susu yang agak amis. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih susu dengan perasa. Saat ini sudah banyak susu ibu hamil dengan berbagai macam rasa coklat, mangga ataupun mocca. Namun alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi susu segar yang lebih sehat dan berkompromi dengan bau/citarasa susu demi jabang bayi.

  Obat Masuk Angin Untuk Ibu Hamil

Susu mempunyai kandungan nutrisi yang baik seperti zat besi, protein, kalsium, mineral serta vitamin. Dengan mengkonsumsi susu sebanyak seperempat liter per hari, janin yang anda kandung akan memiliki postur yang tinggi dan kesehatan tulangnya terjamin. Kandungan baik susu tidak hanya di dapat dari susu saja, anda juga bisa mengkonsumsi susu kedelai, susu sapi, yogurt dan keju.

Makanan Berkarbohidrat

Makanan sehat untuk ibu hamil yang tidak boleh dilupakan adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Mengingat fungsi karbohidrat bagi tumbuh adalah untuk memberi tenaga atau dengan kata lain sebagai sumber energy bagi tubuh. Energi di butuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan janin, membentuk plasenta dan juga membentuk jaringan pada payud4ra.

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, sagu, roti, kentang ataupun sereal. Sereal bisa anda konsumsi pada pagi hari bagi anda yang mengalami rasa mual. Sereal dipercaya dapat menghindarkan rasa mual pada pagi hari.

Ikan

Makanan ibu hamil yang dianjurkan adalah ikan. Mengapa ikan? ikan mengandung protein, asam lemak dan omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak sang janin secara sempurna. Salah satu ikan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan salmon memang mempunyai rasa yang enak. Selain itu kandungan protein dan omega 3 nya sangat tinggi yang menunjang pertumbuhan bayi anda. Prinsip dalam mengkonsumsi ikan salmon adalah porsi ikan salmon tersebut. Sebaiknya anda tidak berlebihan mengkonsumsi ikan salmon. Dalam seminggu anda hanya dianjurkan makan ikan salmon maksimal sebanyak 12 ons saja.

Kacang-kacangan

Ibu hamil dengan asupan kacang-kacangan yang seimbang tentunya kan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan sang janin. Bagaimana tidak, kacang merupakan sumber lemak nabati yang bagus untuk metabolisme tubuh anda. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang anda akan mendapatkan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi saat ibu mengandung, secara tidak langsung proses pencernaan sang ibu akan sedikit melambat yang dikarenakan pengaruh kehamilan.

  Tips Kehamilan Trimester Ketiga

Oleh karena itu dengan asupan serat yang cukup dari kacang-kacangan dapat memperlancar pencernaan dengan demikian anda juga terhindar dari sembelit. Disisi lain kacang-kacangan juga sangat membantu dalam perkembangan system saraf pada bayi. Kacang-kacangan yang sebaiknya anda konsumsi adalah kacang hijau, kacang tanah dan buncis.

Telur

Telur dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan telur yang baik untuk kesehatan ibu dan janin di dalam Rahim. Dalam satu butir telur mengandung sekitar 90 kalori, 12 vitamin, protein dan juga mineral. Selain itu telur juga mengandung kolin yang membantu pertumbuhan otak bayi dan kesehatan janin. Namun yang perlu anda perhatikan adalah sebaiknya mengkonsumsi telur yang bukan dari ayam petelur. Pilihlah telur yang berasal dari ayam kampung yang tidak menggunakan konsentrat dalam pakannya.

Biji-bijian

Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah gandum yang termasuk biji-bijian. Dari makanan yang mengandung gandum anda akan mendapatkan vitamin E dan selenium dan fitonutrien. Ketiga nutrisi tersebut akan melindungi sel-sel dalam tubuh anda. Selain makanan yang mengandung biji gandum, ibu hamil juga bagus mengkonsumsi popcorn dan biji-bijian lainnya.

Ubi jalar

Kebanyakan orang tidak mengetahui jika ternyata ubi jalar mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Terlebih lagi untuk ibu yang sedang hamil. Di dalam ubi jalar terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah zat karotenoid yang juga mengandung vitamin A. Karatenoid ditemukan dalam ubi jalar dari kandungan warna orange ubi jalar tersebut. selain kandungan Karatenoid, ibu hamil juga bisa mendapatkan serat dan vitamin C yang memang dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil.

Dalam proses mengandung, ibu hamil memang memerlukan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Sedari dini wanita yang telah menikah sebaiknya mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil. Selain mengetahui apa saja makanan yang baik untuk kandungan, sebaiknya wanita yang sedang hamil juga menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil demi kesehatan sang ibu dan janin dalam Rahim. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti keguguran.

makanan sehat ibu hamil, makanan ibu hamil, makanan sehat untuk ibu hamil, makanan sehat buat ibu hamil, makanan untuk ibu hamil, Makanan buat ibu hamil, menu sehat ibu hamil, ibu hamil sehat, makanan yang baik untuk ibu hamil, makanan bergizi ibu hamil, makanan yang sehat bagi ibu hamil di pagi hari, cara sehat ibu hamil, makanan sehat ibu hamil muda, makanan hamil, makanan se, makanan orang hamil, makanan yang baik bagi ibu hamil
Ketik Permasalahan Bunda Dibawah :
Temukan Solusinya!