Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Biduran Saat Hamil Muda (Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya)

Biduran saat hamil muda sering dikeluhkan oleh beberapa ibu hamil. Umumnya biduran muncul di kala seseorang memiliki alergi dingin. Biduran yang dikeluhkan oleh para ibu hamil biasanya berupa gatal dengan muncul bentol berbagai ukuran di area yang permukaan kulit.


Apabila seorang ibu hamil mengalami biduran ketika usia kandungan masih muda, jangan anggap remeh karena dapat merupakan dampak dari konsumsi obat yang tidak cocok bagi ibu hamil serta janin yang dikandung.

Penyebab Terjadinya Biduran Saat Hamil Muda

Rasanya sangat wajar apabila seorang wanita yang sedang mengandung menjadi sangat khawatir ketika menemukan dirinya terkena biduran. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya biduran.

biduran saat hamil muda di tangan kaki dada

  • Alergi makanan

Sebelum menginjak pada informasi tentang obat tradisional biduran untuk ibu hamil, ketahui penyebab pertama yang dapat menimbulkan biduran yakni alergi makanan. Seorang ibu hamil tentunya bertanggung jawab pada pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil sendiri maupun bagi janin yang sedang dikandung.

Alergi makanan ternyata dapat memiciu terjadinya biduran pada ibu hamil secara signifikan. Makanan yang terlalu mengandung protein atau zat lainnya yang terlalu tinggi mampu membuat biduran tak dapat terelakkan lagi.

  • Alergi obat

Selain alergi makanan, biduran juga dapat muncul karena alergi obat. Sebagai seorang ibu hamil, hendaknya jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat. Konsumsi obat secara sembarangan justru akan menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan yang lebih parah dapat memembahayakan kondisi dan kesehatan janin. Sebagai ibu hamil yang bijak, tentu saja akan selalu berkonsultasi dengan dokter setiap terjadi pemilihan obat.

  • Gigitan serangga

Biduran pada ibu hamil juga dapat muncul karena akibat gigitan serangga. Banyak sekali jenis serangga maupun parasit yang gigitannya dapat menyebabkan gatal berleihan hingga mengalami biduran. jangan sembarangan minum obat. Obat biduran yang aman untuk ibu hamil tentu saja yang sudah dikonsultasi pada dokter sehingga takaran, jenis hingga dosisnya supaya aman dan tidak berefek samping.

  • Alergi dingin

Biduran juga dapat menyerang seseorang yang memiliki riwayat alergi dingin. Jika terasa kedinginan, maka gatal biduran pun akan muncul dengan cepat.

  • Terkena paparan tumbuhan penyebab gatal

Di balik kelebihannya yang dapat mempercantik atau menghias rumah atau halaman, terdapat beberapa jenis tanaman hias yang justru dapat mengundang gatal-gatal biduran.Β  Untuk itu, jauhi jenis tanaman yang memang dapat menyebabkan gatal.

πŸ“‹ Recommended  Kapan Tes Kehamilan Dilakukan Agar Hasilnya 100% Akurat

biduran saat hamil muda, obat tradisional biduran untuk ibu hamil, obat biduran yang aman untuk ibu hamil, bahaya biduran pada ibu hamil

Cara Mengatasi Biduran Saat Hamil

Supaya biduran dapat segera diatasi atau diobati supaya tidak menimbulkan bahaya biduran pada ibu hamil serta janin, berikut beberapa cara mengatasi biduran yang aman dan efektif.

  • Mandi dengan air dingin

Banyak yang bertanya apakah saat biduran boleh mandi atau tidak? Jawabannya adalah boleh asal menggunakan air dingin. Air dingin akan mampu meredakan peradangan dan rasa gatal secara efektif.

  • Hindari penggunaan pakaian tebal

Pada saat ibu hamil terserang biduran, sebaiknya gunakan pakaian yang ringan dan tipis saja. Jangan gunakan pakaian yang super tebal.

  • Jangan digaruk, cukup diusap

Jangan sekali-kali menggaruk gatal biduran yang muncul supaya tidak meninggalkan bekas noda atau strech mark pasca kehamilan. Cukup usap perlahan saja untuk menghilangkan gatal

  • Rutin memeriksakan kandungan

Jangan lupa untuk memeriksakan kandungan secara rutin supaya dapat diketahui secara global kondisi kesehatan ibu hamil maupun janinnya.

  • Mengkonsumsi obat sesuai petunjuk dokter

Konsumsilah obat yang memang sudah diijinkan dan direkomendasikan oleh para dokter dan tenaga ahli. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat.

πŸ“‹ Recommended  Penyebab Hamil Anggur itu Apa Saja ? Apakah Bisa Dicegah ?

Demikianlah ulasan mengenai penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi biduran saat hamil muda. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

✰ advertisement ✰