>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Mainan Bayi Usia 4-5 Tahun

Mainan bayi usia 4-5 tahun merupakan mainan yang sangat penting ada untuk perkembangan sang bayi. Karena pada saat itu bayi yang berusia 4-5 tahun sedang mengalami peningkatan pola analisis dan juga pola berpikir yang baik. Untuk itu kita harus pintar dalam memilih mainan yang cocok untuk perkembangan bayi anda.

Karena pada usia tersebut bayi sudah bisa menilai dan juga memilih mana yang baik dan juga mana yang buruk namun tidak sebaik orang dewasa pada umumnya. Mereka juga sering mengikuti tingkah laku orang dewasa baik ataupun buruk. Jadi bagi para orang tua berhati hatilah dalam bersikap apalagi di depan bayi anda.

Tips Memilih Mainan Bayi Usia 4-5 Tahun

Memilih mainan bayi untuk bayi yang berusia 4-5 tahun tidaklah sulit. Kita juga perlu mengetahui minat apa dan kegemaran apa yang dimiliki bayi anda. Karena pada usia tersebut bayi sudah bisa mulai mengutarakan keinginannya dan juga bisa mengutarakan apa yang dia pelajari. Pada usia tersebut anak mulai tertarik dengan menggambar atau juga mencoret-coret kertas kosong dengan pensil atau crayonnya.

Dia juga sangat menyukai memberikan warna pada gambar gambar yang belum terisi warnanya. Dia akan merasa senang ketika mengisi warna atau sekedar mencoret coret sebuah kertas. Hal itu akan membuat bayi anda mengembangkan daya imajinasinya dan juga emosinya dengan baik.Mainan Bayi Usia 4-5 Tahun

Selanjutnya adalah permainan permainan sederhana seperti ular tangga atau permainan yang menggunakan papan. Ajari dia dalam bermain jangan sampai dia merasa bingung dan akhirnya merasa frustasi tidak bisa bermain permainan tersebut. Jangan lupakan juga untuk memberikannya sebuah cerita ataupun dongeng untuknya sebelum tidur.

Hal ini berguna untuk meningkatkan daya imajinasi dan juga kecerdasan bayi anda. Jangan memberikan mainan yang melebihi usianya. Karena hal tersebut malah akan membuat kecerdasan anak menurun. Mainan yang tidak dianjurkan untuk anak usia 4-5 tahun adalah video game dan juga permainan permainan dalam bentuk visual. Berikanlah mainan yang membantu tumbuh kembangnya.

Anak yang berusia 4-5 tahun merupakan anak yang sudah mulai berpikir secara strategis walaupun belum terlalu sistematis dalam menentukan solusi. Anda juga bisa memberikan mainan seperti mobil-mobilan dan juga hewan hewan untuk merangsang pengetahuannya. Namun tidak dianjurkan juga terlalu sering memberikannya banyak mainan. Bayi juga harus dilatih kreativitasnya tanpa bergantung pada sebuah alat atau mainannya.

Seiring berkembangnya teknologi, tidak ada salahnya orang tua membelikan gadget untuk buah hati. Misalnya tablet 7 inci. Tidak perlu mahal, hanya dengan 400 ribuan anda sudah bisa mendapatkan tablet lokal yang bisa di instal mainan kesukaan balita anda. Beli yang bekas dengan alasan anak seusia itu rawan dibanting/pecah. Beli di group/komunitas facebook di kota anda. Pemberian hadiah gadget dengan komitmen pengawasan ketat untuk membatasi waktu bermain anak dan menjaga kesehatan mata anak anda.

Ide Dekorasi Ulang Tahun Sederhana namun Berkesan Untuk Anak Anda

Itulah beberpa tips yang bisa anda perhatikan ketika akan memberikan mainan untuk balita anda. Jangan biarkan buah hati anda bermain dengan mainan-mainan yang belum tepat untuk anak seusianya. Hal ini akan mempengaruhi mental anak di masa yang akan datang. Selain itu, anda pun wajib memilih bahan yang aman sebagai mainan bayi usia 4-5 tahun.