>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Hamil 27 Minggu, Macam-macam Keluhan dan Solusi untuk Ibu Hamil

Hamil 27 minggu adalah fase kehamilan 6 bulan dimana bayi mengalami banyak perkembangan serta proses pertumbuhan janin.

Untungnya keluhan-keluhan ibu hamil yang sering dialami oleh kebanyakan wanita seperti mual, muntah-muntah, lemas, dan pusing juga sudah tidak dirasakan seberat sebelumnya.

Tentu hal tersebut merupakan berita bagus karena gejala dan tanda-tanda kehamilan yang dulu dialami dan membuat kepayahan sudah tidak lagi sering dirasakan sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lebih baik demi perkembangan si bayi.

Berikut ini informasi tentang kehamilan di masa 6 bulan terakhir yang perlu Anda ketahui.hamil 27 minggu bentuk perut ibu hamil 27 minggu

Perkembangan janin di usia hamil 27 minggu

Tidak hanya janin di dalam kandungan Anda yang mengalami perubahan, tetapi calon ibu sendiri juga akan mulai merasakan berbagai macam proses di masa kehamilan 6 bulan ini. Perubahan payud4ra Anda akan terus terjadi dari waktu ke waktu dan bahkan mungkin memasuki minggu ini, bagian payud4ra Anda yang berwarna gelap yaitu areola akan berubah-ubah.

Areola ini akan bertambah gelap memasuki trimester pertama dan bagian yang gelap tersebut akan melebar melebihi areola dan disebut sebagai areola sekunder. Bagian gelap tersebut akan memenuhi setengah bagian payud4ra dan akan menghilang dengan sendirinya palint tidak sampai 12 bulan setelah melahirkan.

Ibu hamil 27 minggu juga akan merasakan pergerakan-pergerakan janin di dalam kandungannya. Bayi yang tidur kemudian terbangun bisa membuat peregangan-peregangan pada rahim Anda. Keluhan kehamilan yang dapat dirasakan oleh Anda yaitu kaki yang membengkak, sembelit, kram, dan juga sesak nafas akibat desakan si kecil. Namun, momen-momen tersebut tetap akan membuat Anda bahagia karena tanda bahwa bayi Anda mengalami perkembangan menuju sempurna.hamil 27 minggu USG 4 Dimensi

Posisi janin atau bayi di usia hamil 27 minggu

Pada minggu ini bayi sudah dapat merubah-rubah posisinya dari bergelung, memanjang, dan berputar. Tapi umumnya posisi kepala bayi sudah berada di bawah, meski masih dapat berubah-ubah akibat bayi Anda yang semakin aktif.

Perkembangan visual bayi juga mulai sempurna, setelah lebih dari 4 bulan mata bayi selalu tertutup dan belum bisa melihat maka pada fase ini mata bayi Anda sudah mulai dapat membuka dan menutup atau mengedip-ngedip.

Kelopak mata si kecil dapat terbuka dan ia sudah dapat merespon bayangan maupun cahaya. Struktur matanya juga semakin berkembang dan menuju sempurna begitu pula dengan bagian visual otaknya. Selain itu, bayi di dalam rahim Anda juga mulai menghisap ibu jarinya dan bayi juga mengalami cegukan.hamil 27 minggu

Berat badan dan panjang bayi

Berat badan janin 27 minggu rata-rata umumnya sekitar 875 gram atau 0,9 kg dan selama sebulan ke depan berat badan bayi Anda akan bertambah 0,45 kg. Untuk panjangnya sendiri umumnya adalah 36 cm. Ukuran janin berbeda-beda antara ibu hamil satu dengan yang lainnya tergantung postur badana bumil dan juga asupan gizi yang dimakan.

Meskipun berat dan panjang janin semakin bertambah dan berkembang, tetapi organ tubuh seperti otak dan paru-paru bayi masih belum sempurna terbentuk. Tetapi jangan khawatir sebab seiring berjalannya waktu, bayi masih punya 13 minggu ke depan agar organnya dapat mulai terbentuk sempurna sampai ia siap untuk dilahirkan ke dunia.hamil 27 minggu ukuran berat panjang tinggi janin didalam rahim

Pada fase 27 minggu ini, calon ibu sudah dapat mulai berinteraksi dengan sang buah hati. Tentunya ini merupakan kabar yang sangat membahagiakan. Anda dapat mulai melakukan interaksi seperti memberikan sentuhan-sentuhan di perut Anda, memberikan musik seperti musik klasik dan menggunakan earphone yang didekatkan ke perut Anda, begitu pula dengan gerakan-gerakan kecil lainnya yang bisa dilakukan.

Apa yang seharusnya ibu lakukan?

Janin di dalam rahim Anda yang tertidur dapat merasakan ayunan dari goyangan yang terjadi ketika Anda beraktivitas. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan sedikit buaian kepada sang bayi dengan melakukan kegiatan menyehatkan seperti senam hamil.

Tetap terus jaga perkembangan dan dukung pertumbuhan sang buah hati melalui asupan nutrisi dan konsumsi makanan-makanan bergizi. Anda juga dapat mulai melakukan kegiatan yang lebih rileks sambil bersenandung kecil agar dapat berinteraksi dengan bayi.

Anda mungkin masih mengalami beberapa keluhan kehamilan, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut akan menghilang seiring waktu berjalan.

Berikut ini merupakan kendala, keluhan dan permasalahan yang sering dirasakan ibu hamil 27 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan sementara dirumah, sebelum keadaan lebih parah dan melakukan kontrol ke dokter kandungan.




.

Bentuk Perut Turun Saat Hamil 27 Minggu

Biasanya bentuk perut yang turun kebawah sendiri merupakan akibat volume janin yang membesar, sehingga akibat gaya gravitasi tentunya membuatnya cenderung seolah turun kebawah, jika tidak ada keluhan berupa perdarahan dari alat kelamin, perut menjadi sakit, maka bunda tidak perlu khawatir berlebihan atas hal ini. Kondisi banyak bergerak seperti berdiri, berjalan dan naik turun tangga tentunya membuat gravitasi terhadap pembesaran janin ke arah kaki sehingga cenderung membuat perut tampak turun.

Beberapa saran lainnya untuk Anda lakukan adalah : Hindari aktivitas berlebihan walaupun tidak dalam posisi berdiri, Hindari juga dalam posisi tidur terlalu lama, ada baiknya Anda berjalan-jalan sedikit kemudian beristirahat kembali, Konsumsi makanan yang bergizi sehingga baik bagi kesehatan Anda dan janin, Hindari paparan asap dan polusi, Hindari konsumsi obat-obatan tanpa adanya anjuran dokter.

Gatal pada Kemaluan / Vagi-na saat hamil 27 Minggu

Gatal pada MissV pada umumnya tidak menunjukkan adanya masalah yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya. Jika keluhan gatal ini berlanjut sampai beberapa hari dan disertai dengan keluhan yang lain seperti berbau, adanya ruam pada missV, maka hal tersebut perlu di waspadai dan dilakukan pengobatan khusus.

Gatal pada missV dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: Penggunaan bahan kimia seperti dari sabun, latex/k0n-d0m, krim, tisu dan pembalut yang menyebabkan iritasi pada MissV, Infeksi jamur atau kandidiasis va-gina, infeksi bakteri pada MissV, Penyakit menular seksual seperti herpes, clamidia, dll, Lichen sklerosis, Infeksi cacing kremi yang pada umumnya terjadi pada anak perempuan, Pra kanker, Stress.

Anda juga sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini untuk mengurangi rasa gatal di MissV Anda : Menggunakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat, Menjaga kebersihan organ intim Anda, Hindari menggunakan bahan yang bisa membuat Anda alergi, Hindari menggunakan panty liner, Konsumsi air mineral 2-2,5 liter dalam 1 hari, Hindari menggaruk bagian yang gatal, Hindari menggunakan obat tanpa resep dokter.

Bekas Luka Caesar Terasa Sakit saat Hamil 27 Minggu

Rahim akan tumbuh membesar sehingga terjadi penarikan pada ligamen yang menyangga rahim. Proses inilah yang menyebabkan nyeri atau pegal pada perut bagian bawah dan sekitar selangkangan terutama saat berdiri. Penyebab lainnya adalah:

  • Kontraksi palsu (Braxton hicks). Merupakan kontraksi akibat pembesaran rahim, semakin besar usia kandungan akan lebih mudah dirasakan. Munculnya hanya sesekali, sebentar dan tidak teratur.
  • Nyeri perut yang berasal dari saluran cerna. Dapat disertai dengan perubahan BAB seperti BAB encer, diare atau sulit BAB.

Bila nyeri sangat hebat, berlangsung lama atau disertai gejala lain seperti perdarahan, keputihan, nyeri saat buang air kecil, gerakan janin yang berkurang, sebaiknya Anda segera memeriksakan pada dokter.

Nyeri bagian Perut Bawah Ketika Hamil 27 Minggu

Nyeri atau kram perut bawah saat kehamilan sebenarnya keluhan yang cukup umum terjadi. Hal ini bisa dikarenakan: Pengaruh hormon yang menyebabkan regangan pada tulang-tulang rawan, sendi, ligamen dan otot sehingga terasa nyeri ,,, Tekanan pada rongga panggul akibat janin yang semakin bertumbuh ,,, Perubahan postur tubuh karena menyangga janin ,,, Gas dalam perut yang berlebihan karena kenaikan hormon progesteron yang menyebabkan pencernaan menjadi lambat.

Nyeri yang bunda hamil rasa bisa disebabkan oleh disfungsi simfisis pubis. Simfisis pubis merupakan pertemuan antara tulang panggul kiri dan kanan yang letaknya tepat di atas kemaluan. Simfisis pubis ini terdiri dari tulang rawan. Pada wanita hamil sering terjadi peregangan daerah ini karena pengaruh hormon, dengan tujuan meregangkan rongga panggul sebagai persiapan persalinan dan pertumbuhan janin.

Keluhan yang ditimbulkan biasanya adalah rasa ngilu ketika akan berubah posisi, berjalan, bangun dari tidur ke duduk dan gerakan lainnya. Disfungsi simfisis pubis ini dapat dirasakan sejak awal kehamilan, tetapi bisa juga dirasakan pada akhir atau setelah melahirkan. Disfungsi simfisis pubis ini tidak berbahaya, namun apabila sakit sangat hebat segeralah periksakan ke dokter kandungan.




Gerak Bayi Kurang Aktif Saat Hamil 27 Minggu

Semakin besarnya bayi, otot dan jaringan-jaringan sekitar rongga perut dan panggul mengetat dan membuat bayi lebih sulit untuk banyak bergerak. Semakin usia kandungan bertambah, posisi bayi akan berubah untuk mempersiapkan diri nya untuk lahir, dengan mengambil posisi kepala di bawah. Pelajari ritme bangun dan tidur bayi untuk merasakan gerakannya. Yang terpenting adalah menghubungi bidan atau dokter kandungan Anda ketika Anda khawatir.

Untuk membantu Anda merasakan gerakan bayi, tidur dan berbaring di salah satu sisi tubuh. Berbaring selama dua jam dan Anda seharunya bisa merasakan setidaknya 10 gerakan. Meminum air dingin kadang bisa membuat bayi bergerak menjauhi air dengan temperatur yang dingin tersebut. Jika di hari-hari berikutnya Anda masih merasa bayi makin kurang pergerakannya, periksakan diri ke dokter kandungan karena mungkin bayi kekurangan oksigen atau nutrisi dari plasenta.

Apakah Aman Berhubungan Intim saat Hamil 27 Minggu

Pada umumnya hubungan suami istri saat hamil merupakan kegiatan yang aman dilakukan saat usia kehamilan berapapun. Tidak ada batasan usia kehamilan untuk berhubungan. Hubungan suami istri menjelang persalinan pun aman dilakukan asalkan kondisi ibu dan janin sehat. Hubungan suami istri sebaiknya ditunda apabila mengalami kondisi berikut ini: Riwayat perdarahan saat hamil, Riwayat kebocoran air ketuban, Placenta previa / plasenta menutupi jalan lahir, Riwayat persalinan prematur, Leher rahim terbuka lebih awal.

Perut ibu hamil yang membesar terkadang membuat rasa tidak nyaman. Oleh karena itu posisi hubungan seeks yang disarankan yaitu dengan posisi dari samping atau dari belakang agar ibu hamil lebih nyaman. Seeks 0rral diperbolehkan selama suami tidak meniupkan udara ke dalam MissV agar tidak terjadi emboli. Hubungan suami istri saat kehamilan tetap memiliki beberapa resiko seperti kontraksi rahim, kelainan kromosom janin, dan keguguran.

Terdeteksi Plasenta Previa Saat Hamil 27 Minggu

Plasenta previa adalah kondisi plasenta/ari-ari yang terletak di bawah sehingga dapat menutupi baik secara total ataupun sebagian dari jalan lahir, yaitu lubang leher rahim. Kondisi ini berisiko menimbulkan perdarahan ketika memasuki trimester ketiga (usia kehamilan 28 minggu atau lebih).

Pada kondisi plasenta menutupi lubang leher rahim, baik sebagian ataupun seluruhnya, persalinan harus dilakukan dengan dengan operasi caesar. Apabila kehamilan Anda belum memasuki trimester ketiga (kurang dari 29 minggu), masih terdapat kemungkinan rahim akan berkembang dan plasenta melebar ke atas.

Disarankan menghindari hubungan seksual untuk sementara karena letak plasenta di bawah rentan menyebabkan perdarahan. Jika muncul perdarahan atau flek, segera ke rumah sakit untuk penanganan lanjutan

Asam Lambung Kambuh Saat Hamil 27 Minggu

Keluhan yang berasal dari asam lambung memang sering terjadi pada ibu hamil. Keadaan ini normal terjadi karena adanya desakan yang berasal dari perkembangan janin yang membesar sehingga lambung yang terdorong tersebut menyebabkan asam lambung semakin naik. Biasanya asam lambung tidak membahayakan bagi janin secara langsung. Hanya saja, ketika terjadi gangguan pada penyerapan nutrisi akibat adanya gangguan pada pencernaan, tentu akan berdampak bagi kesehatan janin.

Baca: Hamil 28 Minggu

Demikian informasi penting tentang perkembangan janin di usia hamil 27 minggu Anda, senantiasa cari tahu second opinion (pendapat lain) karena kehamilan merupakan proses yang unik, berbeda satu sama lain penanganannya. semoga bermanfaat.