DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Bahaya Minum Kiranti Saat Hamil

Bahaya minum kiranti saat hamil akan terjadi jika Anda tidak benar-benar tahu akan bahaya mengonsumsi kiranti saat hamil. Saat ini telah berkembang asumsi jika mengonsumsi kiranti pada saat hamil akan menimbulkan kecacatan pada bayi yang dikandung hingga menimbulkan kematian.

Pendapat ini telah ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat yang peduli terhadap ibu hamil yang suka meminum minuman ini. Agar Anda mendapatkan informasi mengenai pendapat tersebut, ada baiknya jika Anda menyelisik lebih jauh akan kebenaran hal tersebut.

Baca: Buah Yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Agar Anda tidak terjebak oleh pendapat yang salah, simak beberapa penjelasan berikut.

Penjelasan Mengenai Bahaya Minum Kiranti Saat Hamil

Bahaya minum kiranti saat hamil tengah dibicarakan oleh masyarakat. Sebenarnya, kiranti merupakan minuman kesehatan yang digunakan untuk melancarkan haid dan mengatasi rasa sakit saat haid melanda.

Kiranti merupakan minuman herbal yang dikemas dengan menggunakan botol. Bagi mereka yang memiliki masalah mengenai siklus haid, biasanya akan mengonsumsi minuman herbal ini agar siklus lancar kembali dan meredakan nyeri PMS.Bahaya Minum Kiranti Saat Hamil

Sesak Nafas Saat Hamil

Kiranti sendiri dibuat untuk mengatasi masalah-masalah yang sering timbul pada saat haid. Dengan mengonsumsi kiranti, mereka akan terhindar dari rasa sakit sakit haid, lemas, bau badan dan keputihan. Tetapi karena adanya anggapan yang mengatakan kiranti dapat membuat kelainan pada bayi, banyak orang yang mengonsumsinya.

Komposisi Kiranti:

  • Curcumae domesticae Rhizoma (Kunyit) 30g,
  • Tamarindi Pulpa (Asam Jawa) 6g
  • Kaempferiae Rhizoma (Kencur) 2g,
  • Arengae pinnata Fructose (Gula Jawa) 2.5g,
  • Zingiberis Rhizoma (Jahe) 0.8g,
  • Paullinia Cupana (Paulinia) 0.23g,
  • Cinnamomi Cortex (Kayu Manis) 0.1g,
  •  Air/Water up to 150ml.BPOM RI TR 042631971

Saat seorang berada pada masa haid, wanita akan mengalami kelainan pada siklus haid mereka, terkadang siklus nya 20 hingga 35 hari. Hal ini dikarenakan hormon yang tidak seimbang dan fisik yang tidak seimbang pula. Saat inilah wanita haid dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Tetapi jika wanita tersebut sedang berada pada masa hamil, disarankan untuk tidak mengonsumsinya, apalagi saat hamil muda, hamil trimester pertama (usia kandungan 1-3 bulan). Bahaya minum kiranti saat hamil dikhawatirkan akan berimbas pada janin yang sedang dikandung.

Jika Terlanjur Minum Kiranti Saat Hamil ?

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan berisiko akan bayi yang dikandung, ibu hamil lebih baik menjauhi minuman kesehatan ini. Namun jika Anda sudah terlanjur mengonsumsi minuman ini, Anda tidak perlu khawatir karena bahan yang ada pada kiranti merupakan bahan-bahan alami dan keamanan akan minuman ini masih di ambang wajar.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi
Amankah Meminum Air Es
Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas
Efek Durian untuk Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan

Jika Anda mengetahui dan takut akan efek yang ditimbulkan oleh minuman ini, ada baiknya jika Anda yang sedang hamil menghindari kiranti. Hal ini bertujuan agar Anda tidak khawatir yang mana kekhawatiran Anda membuat Anda stres dan berimbas pada perkembangan janin yang sedang dikandung. Jika Bunda stres ujung-ujung nya malah bisa mengakibatkan muncul flek. Anda tidak perlu terlalu jauh khawatir akan imbas minuman ini saat Anda tidak tahu jika Anda berada dalam keadaan hamil.

Baca: Bolehkah Ibu Hamil Minum Sangobion?

Periksalah kondisi tubuh Anda pada dokter dan mintalah nasehat akan jalan keluar jika Anda terlanjur mengonsumsi kiranti. Pendapat mengenai efek meminum kiranti saat hamil masih belum tentu kebenarannya. Anda hanya perlu tidak mengonsumsinya jika Anda takut akan efek yang terjadi. Anda harus tetap tenang agar kondisi Anda dan janin tetap sehat.

Inilah beberapa penjelasan mengenai kebenaran dari bahaya minum kiranti saat hamil.