Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Penataan Ruang Tamu Sederhana Ukuran 2×3, 3×3, 3×4

Penataan ruang tamu memang memerlukan konsentrasi khusus supaya hasilnya tidak mengecewakan. Sebuah inovasi yang dapat dilakukan supaya ruang tamu yang memiliki ukuran mungil dan tidak terlalu luas dapat terlihat lebih luas dari aslinya ialah dengan menentukan mebeler atau perabot yang memiliki desain minimalis.

Apabila ruang tamu yang anda miliki saat ini sudah terasa pengap karena sofa – sofa atau kursi besar masih bertengger di dalam ruang tamu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengeliminasi sofa dan kursi besar tersebut. Berilah nuansa ruangan yang baru dengan beralih ke kursi tamu minimalis yang terbuat dari kayu memanjang.

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menata sejumlah bantal kursi dengan model dan desain yang minimalis atau memiliki warna pastel sehingga ruang tamu anda akan memberi kesan nyaman dan ingin ditempati oleh para member keluarga atau tamu yang datang ke rumah.
penataan ruang tamu minimalis

penataan ruang tamu sederhana ukuran kecil

penataan ruang tamu ukuran 3x4

penataan ruang tamu ukuran 2x3 ukuran 3x3 ukuran 3x4 ukuran 4x5 penataan ruang tamu sederhana

penataan ruang tamu meja berlaci

penataan ruang tamu tanpa perabot

 penataan ruang tamu tanpa kursi dan sofa perabot
Ada banyak sekali tips yang dapat dilakukan untuk membuat ruang tamu tertata sehingga menjadi lebih nyaman dan lebih menarik. Simak tips – tips berikut ini.

Tips penataan ruang tamu terbaru

  • Memilih model perabot minimalis

Bahan dan model perabot untuk ruang tamu sangat mempengaruhi kesan dan bentuk fisik ruang tamu. Pemilihan model perabot yang sangat cocok untuk ruang tamu merupakan tips menata ruang tamu yang pertama. Perabot yang direkomendasikan ialah perabot yang memiliki model minimalis.

Model perabot yang memiliki ukuran cenderung besar justru akan membuat ruang tamu bernuansa sempit dan sangat penuh sehingga tidak membuat nyaman para tamu anda. Selain modelnya yang minimalis, hal lain yang harus diperhatikan adalah warna dan ukuran perabot. Pilihlah warna dasar seperti coklat atau hitam berkombinasi putih yang akan membuat kesan ruangan tampak lebih besar.

  • Memberi wallsticker pada dinding ruang tamu

Wallsticker dapat dijadikan pilihan sebagai pemanis dinding yang tidak berlebihan. Anda dapat menambahkan aksen trendi dengan menempel sticker dengan tema tertentu misalnya dengan tema bunga dan kupu – kupu atau yang lainnya tanpa meninggalkan model minimalis.

Wallsticker lebih dianjurkan karena komposisinya tidak memenuhi dinding dan gambar – gambarnya tersedia dalam model dan tema yang amat sangat banyak. Pertimbangkan kesesuaian gambar dan tema pula dengan warna cat pada dinding supaya tidak meninggalkan unsur minimalisnya, jangan terlalu banyak tema atau banyak wallsticker.

  • Menata perabot secara sistematis

Proses pemilihan perabotan rumah khususnya ruang tamu memang memerlukan waktu yang sangat ekstra supaya memperoleh hasil yang maksimal. Tentukan terlebih dahulu bentuk dan desain ruang tamu anda baru menentukan jenis perabotannya.

Apabila ruang tamu anda cenderung memanjang perabot yang dapat dipilih ialah kursi yang dapat diletakkan secara sejajar. Tetapi jika ruang tamu cenderung berbentuk persegi, penataan dengan memperhatikan sudut untuk meletakkan perabotannya.

  • Menggunakan meja berlaci

Ruang tamu pada umumnya selalu memiliki perabot wajib kursi dan sofa. Tanpa sofa dan kursi, ruang tamu akan terasa sedikit aneh dan kurang cantik. Jika anda masih menggunakan kursi atau sofa yang besar atau memiliki busa sehingga sedikit menggembung, mulai saat ini bergantilah model ruang tamu menjadi desain meinimalis. Sehingga tidak lagi menggunakan sofa dan kursi besar namun menggunakan sofa atau kursi yang berdesain minimalis.

Hal yang dapat dilakukan lagi untuk proses penataan ruang tamu ialah memiliki meja pada ruang tamu yang dapat dibuat menjadi laci – laci di bawah meja. Selain dapat berfungsi sebagai hiasan ruang tamu, laci – laci pada meja tersebut dapat digunakan untuk menyimpan majalah, koran, novel dan berbagai jenis buku yang dimiliki.

  • Memberi alas karpet pada meja

Karpet dapat mempermanis tampilan ruang tamu anda dan akan membuat nuansa minimalis lebih terasa. Pilihlah karpet dengan motif atau model yang sederhana namun sistematis atau tampil rapi. Model karpet dengan motif garis, polkadot atau monokrom dan yang lain sebagainya yang minimalis sangat direkomendasikan sekali. Motif – motif tersebut dapat menambahkan nuansa minimalis yang sangat kental namun keindahan ruang tamu serta kesan luas yang dapat dilihat oleh semua tamu.

  • Pemilihan warna tembok yang tepat

Permainan warna sangat perlu dilakukan supaya menghasilkan produk ruang tamu yang maksimal. Tidak seluruh warna dapat diaplikasikan pada dinding ruang tamu karena harus menyesuaikan warna yang tepat.

Warna yang dapat memberi kesan luas bagi ruang tamu yang memiiki ukuran sedang atau kecil. Warna yang dapat dijadikan pertimbangan untuk mewarnai dinding ruang tamu ialah warna – warna pastel atau warna – warna cerah. Warna cerah akan memberikan kesan bahwa ruangan tersebut memiliki kesan luas.

  • Penataan ruang baru memiliki ventilasi yang cukup

Ventilasi yang baik sangat perlu dilakukan bagi anda yang memiliki ruang tamu yang berukuran tidak terlalu besar. Pergantian udara yang terjadi di dalam ruang tamu yang cenderung memilki ruangan sempit atau tidak terlalu luas dan belum ber AC.

Pastikan ruang tamu anda memiliki ventilasi yang cukup sehingga walaupun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga proses sirkulasi atau pergantian udara dapat berjalan dengan lancar.