Perbedaan Paud dan TK yang Perlu Diketahui oleh Wali Murid

Banyak orang tua yang merasa bingung tentang perbedaan Paud dan TK. Masing-masing merupakan lembaga pendidikan yang memberi pengajaran terbaik di usia pra sekolah anak sebelum masuk sekolah dasar. Kenali keunggulan Paud dan TK agar tepat memilih tempat belajar terbaik untuk anak.

perbedaan paud dan tk

Beberapa mengira bahwa PAUD dan TK itu sama, padahal keduanya berbeda. Paud adalah pendidikan anak usia dini yang umumnya diisi oleh anak-anak berusia batita (bawah tiga tahun) sampai balita (bawah lima tahun). Banyak masyarakat menyebutkan bahwa Paud adalah tempat bermain anak-anak sebelum memasuki TK.

Sedangkan TK atau taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar, usia anak Tk yang ideal adalah empat sampai lima tahun. Di TK anak tidak hanya bermain, anak juga akan diajarkan juga cara belajar yang baik dan efektif dengan cara belajar sambil bermain, seperti menghafal nama hewan, nama buah, menghitung bilangan dan angka. Itulah perbedaan Paud dan TK dari sisi cara pengajaran dan usia.

Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)

Paud adalah pendidikan anak usia dini yang diperuntukan untuk anak usia dua sampai lima tahun, ada baiknya Anda memasukan anak Anda ke dalam Paud terlebih dahulu sebelum memasuki TK.

Anak Anda sedang berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang sayang untuk dilewatkan serta memiliki daya tangkap yang sangat baik dan mudah untuk menyerap informasi.

Dalam masa ini Anda dapat memberikan pendidikan sebelum sekolah guna memaksimalkan daya pikir dan meningkatkan kreativitas anak Anda. Di era sekarang banyak lembaga pendidikan sebelum sekolah khusus anak, anak Anda akan mendapat teman dan bersosialiasi, guru Paud akan mengajarkan anak Anda berkreasi dengan mainan sederhana seperti puzzle yang akan melatih daya ingat karena harus menyusun kembali seperti sebelumnya.

Mini zoo dengan potongan gambar hewan dan makanan, anak Anda akan diajarkan cara berpikir karena harus memberi makan pada hewan yang tepat.

Taman Kanak-kanak (TK)

Perbedaan paud dan TK adalah playgroup (taman bermain), sedangkan TK adalah jenjang pendidikan. TK adalah lembaga pendidikan untuk anak berusia empat sampai lima tahun sebelum memasuki sekolah dasar. Tk terbagi menjadi dua jenjang, yaitu TK A dan TK B. Saat memasuki TK anak Anda akan diajarkan cara belajar, menulis, dan berhitung.

Saat paud anak Anda akan merasakan suasana  non formal sementara  di TK berubah menjadi sedikt lebih formal karena haarus menyiapkan diri untuk  sekolah dasar. Pengajar akan menyiapkan materi yang dapat meningkatkan kualitas pada diri Anak anda.

Anda tidak perlu khawatir dengan metode pembelajaran pada tahap ini, anak Anda akan belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat mereka bosan dengan pelajaran. Contoh kegiatannya seperti menghapal sambil bernyanyi, belajar melalui media visual seperti: gambar dalam buku dan lainnya. Meski terkadang banyak yang membandingkan perbedaan Paud dan TK, namun secara keseluruhan tujuannya sama yaitu bermain sambal belajar.

Saat sekolah dasar anak Anda akan belajar mengenai ilmu umum dan khusus seperti ilmu agama, bahasa, sosial, budaya, olahraga, keterampilan, berbicara di depan umum dan lain-lain. Anak yang menempuh Paud dan TK terlebih dahulu umumnya memiliki kemampuaan belajar dan bersosialisasi, aktif berbicara dan berkegiatan lebih baik dibanding dengan anak yang langsung masuk sekolah dasar karena sudah terbiasa dengan keadaan yang pernah anak rasakan sebelumnya.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Itulah perbedaan Paud dan TK secara singkat yang harus Anda ketahui. Sebelum Anda memasukan anak ke dalam paud atau TK ada baiknya bertanya dulu agar anak Anda tidak merasa tertekan saat menjalani hari yang penuh dengan kegiatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.