Pantangan Makanan Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir s/d Usia 3 Bulan

Pantangan makanan ibu menyusui bayi baru lahir jika dilakukan maka tidak hanya berdampak positif bagi bayi yang baru dilahirkan, tapi juga berdampak baik bagi ibu menyusui. Sayangnya, masih banyak ibu menyusui yang sering melanggar pantangan makanan berikut ini.

Inilah pantangan makanan ibu menyusui bayi baru lahir

  1. Kafein

Berdasarkan pada penelitian, mengonsumsi kafein berlebihan bisa menyebabkan munculnya rasa cemas. Bagi ibu menyusui, kandungan kafein bisa mempengaruhi ASI sehingga ketika diminum bayinya akan menyebabkan bayi mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur ini lama kelamaan akan ikut mempengaruhi mood. Selain itu kandungan zat besi dan kadar hemoglobin pada bayi akan mulai berkurang selama ibu tidak berhenti minum kafein.

pantangan makanan ibu menyusui bayi baru lahir (mengatasi perut kembung pada bayi 0 bulan)

  1. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang dilaranng bagi ibu menyusui. Cokelat mungkin jadi camilan yang lezat, tapi kandungan theobromine pada cokelat memiliki sifat yang hampir sama negatifnya dengan kafein.

Ibu menyusui yang makan cokelat akan menyebabkan bayi menjadi lebih cranky. Bila ingin makan cokelat sebaiknya tidak melebihi kadar normalnya 750mg/hari.

  1. Ibu menyusui Hindari Konsumsi Buah asam

Jeruk memang tinggi vitamin C namun karena mengandung zat asam, buah ini bisa mempengaruhi kondisi perut bayi. Sistem pencernaan pada bayi tidak sematang orang dewasa sehingga bayi tidak dapat menahan zat masam yang masuk ke tubuhnya melalui ASI.

Bila ibu hamil memaksa mengonsumsi makanan masam maka bayinya akan mengalami ruam popok, meludah dan rewel.

  1. Minuman beralkohol

Jika sebelum punya bayi ibu terbiasa minum alkohol, maka setelah hamil dan menyusui kebiasaan tersebut harus dihilangkan. Hal ini karena berdampak negatif bagi bayi contohnya seperti memperlambat perkembangan otak.

  1. Brokoli

Brokoli memang termasuk sayuran yang kaya zat besi dan vitamin namun kadar gas dalam brokoli akan membuat bayi sering buang gas. Selain brokoli, beberapa makanan yang tinggi gas seperti bawang, bunga kol, mentimun dan kubis sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

  1. Ikan merkuri tinggi

Kandungan merkuri yang berasal dari ikan mentah yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa berpengaruh pada kesehatan anak. Usahakan untuk mengolah ikan laut dengan benar terutama yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan todak, ikan hiu, dan ikan sarden.

  1. Busui Hindari Makan Kacang-kacangan

Untuk ibu menyusui yang anggota keluarganya memiliki riwayat alergi kacang, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi kacang-kacangan untuk menurunkan risiko bayi terkena alergi. Alergi kacang bisa menyebabkan ruam kulit, gatal-gatal sampai suara desis yang keluar ketika bayi bernapas.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Daun mint dan peterseli

Keduanya dipercaya bisa mengurangi kadar ASI, untuk ibu menyusui yang bayinya baru lahir sebaiknya menghindari konsumsi dua dedaunan tersebut. Kecuali jika Anda ingin menghentikan produksi ASI, maka bisa konsumsi daun ini.

  1. Susu

Hanya perlu dihindari ketika bayi yang disusui memiliki alergi susu sapi atau susu kedelai. Ibu bisa melihat apakah bayi memiliki alergi terhadap susu dengan melihat gejala-gejala tertentu setelah bayi diberi ASI. Jika bayi mulai muntah atau sakit perut maka segera hentikan konsumsi susu.

  1. Bawang putih

Bawang putih dan jenis bawang lainnya memang memiliki aroma yang sangat kuat yang ternyata mampu mempengaruhi aroma dari ASI. Aroma dari bawang putih ini juga bisa berpengaruh dengan nafsu minum ASI bayi.

Cara mengatasi perut kembung pada bayisetelah minum ASI

Ibu yang melahirkan anak pertama tentunya belum begitu berpengalaman untuk menjaga bayi termasuk mengatasi perut kembung pada bayi 0 bulan. Tidak perlu khawatir, berikut ini tips yang efektif meredakan perut kembung bayi:

  • Buat agar bayi bisa bersendawa setelah diberi ASI dengan menggendong bayi dalam posisi tegak dan bertumpu di bahu.
  • Setelah itu tepuk-tepuk pada bagian punggungnya secara perlahan-lahan.
  • Pijat perut bayi dengan lembut searah jarum jam sampai bayi bersendawa.

Baca juga:
Pantangan Makanan Ibu Hamil Trimester 3

Itulah cara mengatasi perut kembung pada bayi setelah minum ASI. Usahakan juga untuk menjalankan pantangan makanan ibu menyusui bayi baru lahiragar kesehatan bayi terjaga dengan baik.