Pantangan Makanan Hernia (Turun Berok) agar Segera Sembuh/Membaik

Penderita hernia biasanya menghindari semua pantangan makanan herniasupaya bisa cepat pulih. Hernia merupakan kondisi ketika jaringan ikat atau jaringan otot melemah yang mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk menahan organ di dalamnya.

Jaringan otot yang tertarik/ melemah tersebut bisa disebabkan karena faktor usia, bawaan lahir, komplikasi/ cedera serta batuk kronis.

pantangan makanan hernia (olahraga penderita hernia, biaya operasi hernia, cara memijat turun berok)

Cara mengobati penyakit hernia

  • Untuk membantu proses pengobatan, penderita penyakit hernia dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. Penderita hernia bisa melakukan exercise, seperti yoga klasik, aerobik, jalan santai, bersepeda dan berenang.
  • Mengobati hernia juga bisa dilakukan dengan memijat turun berok. Cara memijat turun berok biasanya dilakukan pada pengobatan alternatif dengan bantuan staf terapi yang profesional dan berpengalaman.

Tapi jika ingin melakukan pengobatan di rumah sakit swasta Indonesia dengan cara operasi, maka biaya operasi hernia sekitar Rp 16 juta. Tentunya biaya ini bisa berubah-ubah tergantung tempat Anda melakukan operasi serta area rumah sakit tersebut.

Inilah beberapa pantangan makanan hernia

Agar segera sembuh dari hernia maka sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsi makanan seperti:

  1. Kafein

Makanan berkafein seperti protein bar, es krim, kuaci, dan makanan olahan dari teh, kopi, cokelat merupakan jenis makanan yang tidak baik untuk penderita penyakit hernia.

Kandungan yang ada pada kafein bisa menyebabkan melemahnya fungsi otot perut. Kafein juga mengakibatkan peradangan dinding halus yang berisiko besar mengakibatkan usus turun atau hernia.

  1. Lemak jenuh

Makanan berlemak terutama yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi seperti makanan bersantan dan gorengan adalah jenis makanan yang tidak disarankan untuk banyak dikonsumsi penderita usus turun. Lemak jenuh akan mengakibatkan jaringan usus makin melemah sehingga memicu peradangan di area rongga perut.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol memiliki sifat melukai dinding usus, bila diminum secara teratur akan membuat fungsi otot perut terganggu sehingga penderita hernia akan sulit untuk sembuh.

  1. Penderita Hernia Pantang Konsumsi Makanan pedas

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung cabai, merica dan lada bisa melukai dinding halus menyebabkan peradangan bahkan yang paling parah usus jadi berlubang dan bisa sewaktu-waktu menyembul keluar. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan pedas selama masa penyembuhan.

  1. Makanan asam

Semua makanan yang terlalu asam umumnya memiliki kandungan asam klorida yang akan merusak jaringan organ perut lalu perlahan-lahan melukai dinding halus. Asam klorida yang terdapat pada makanan asam bagi penderita hernia akan semakin melemahkan kekuatan dinding usus jadi secara perlahan-lahan akan membuatnya terdorong keluar.

  1. Makanan manis

Terlalu banyak makan kue, cokelat, permen dan makanan manis lainnya tidak baik untuk penderita hernia. Penumpukan gula di dinding usus bisa menyebabkan usus tidak bisa bekerja dengan benar sehingga mengakibatkan lemahnya jaringan usus dan otot perut.

  1. Pasien Hernia Dilarang Meminum Minuman bersoda

Saat makan makanan cepat saji memang paling nikmat bila ditemani dengan minuman bersoda. Tapi ketika penderita hernia minum minuman bersoda maka hanya akan mengakibatkan dinding usus memperoleh banyak tekanan yang mempengaruhi fungsinya, kondisi ini akan menyebabkan perut melilit dan terasa nyeri.

Jadi, sangat dianjurkan untuk mengubah minuman bersoda menjadi minuman yang menyehatkan seperti jus buah atau minimal air putih.

  1. Junkfood / Makanan cepat saji

Makanan cepat saji tidak hanya mengandung banyak minyak, tapi juga mengandung zat pengawet, garam dan lemak jenuh yang tinggi. Secara menyeluruh kandungan tersebut kurang bagus selama proses penyembuhan penyakit hernia.

Baca juga:
Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi

Itulah beberapa pantangan makanan herniadan cara pengobatan penyakit hernia, semoga dapat membantu meringankan penyakit penderita hernia sehingga bisa cepat sembuh dan melakukan aktivitas kembali.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin