Pantangan Makanan Fatty Liver (Perlemakan Hati) yang Dihindari

Pantangan makanan fatty liversebaiknya dihindari bagi penderitanya. Fatty liver atau perlemakan hati merupakan kondisi abnormal yang biasanya terjadi karena gangguan fungsi hati untuk memproses makanan serta minuman dan menyaring zat berbahaya dari dalam darah. Bila kondisi ini dibiarkan saja tanpa pengobatan dan konsumsi maka bisa memicu peradangan hati.

Berdasarkan pada penyebabnya, fatty liver bisa digolongkan sebagai perlemakan hati karena alkohol yang terjadi akibat dari kebiasaan minum dan makanan beralkohol.

Gangguan ini bisa dialami juga oleh ibu hamil. Gejala dari sakit ini antara lain seperti tubuh yang mudah lelah dan terasa lemah, gangguan nafsu makan, berat badan yang turun drastis hingga penderita yang merasa kebingungan.

pantangan makanan fatty liver (cara mengobati fatty liver, jenis susu untuk penderita liver)

Daftar berbagai pantangan makanan fatty liver

  1. Makanan berlemak

Penyakit fatty liver membuat hati mengalami kesulitan untuk mencerna makanan tertentu terutama yang mengandung kadar lemak tinggi.

Selainmenyebabkan fatty liver, makanan berlemak juga menyebabkan obesitas, serta memicu terjadinya komplikasi dan masalah kardiovaskular lainnya pada penderita fatty liver.

Maka dari itu, penderita perlemakan hati dianjurkan untuk menghindari makanan tinggi lemak di antaranya adalah makanan cepat saji, daging merah, makanan yang digoreng, telur, keju, susu, sosis, yoghurt dan ham.

  1. Makanan manis

Ada banyak makanan yang mengandung gula tinggi yang semuanya merupakan jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita fatty liver karena bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah yang secara tidak langsung akan ikut berpengaruh pada hati.

Obesitas adalah penyebab dari perlemakan hati, umumnya obesitas terjadi karena konsumsi makanan manis seperti cake, semangka, pisang, coklat, permen, es krim, yoghurt, kentang, biscuit, makanan olahan dari gandum dan jagung seperti roti, pasta, mie.

  1. Pasien Fatty Liver Dilarang Konsumsi Makanan asin

Selain menghindari makanan manis, penderita fatty liver juga wajib menghindari makanan asin. Karena makanan dengan kadar garam tinggi lebih sulit untuk dicerna oleh hati yang rusak sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Hindaribeberapa makanan dengan kadar garam tinggi seperti buah kalengan, sayur kalengan, daging dan sup kalengan serta makanan kemasan dan acar.

  1. Alkohol

Makan dan minum alkohol walaupun dengan kadar sedikit tetap berisiko besar meningkatkan kadar lemak dalam hati. Terutama jika konsumsi alkohol dilakukan dalam jangka panjang tentunya semakin lama lemak akan semakin menumpuk di hati dan menyebabkan fatty liver atau bahkan peradangan hati.

Sedangkan hati yang terluka menyebabkan aliran darah mengalami gangguan bila tidak diatasi akan membuat hati menjadi rusak. Ada banyak jenis makanan dan minuman beralkohol yang wajib dihindari seperti wine, vodka, bir, buah nangka, durian, tape dan duku.

pantangan makanan fatty liver, cara mengobati fatty liver, jenis susu untuk penderita liver pantangan makanan fatty liver cara mengobati fatty liver, jenis susu untuk penderita liver

Cara efektif mengobati fatty liver

Penanganan yang tepat dalam penyakit fatty liver akan membantu memperbaiki kondisi hati yang terganggu. Demi mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan cara mengobati fatty liver yang tepat dan efektif, seperti:

  • Mengurangi atau berhenti mengonsumsi makanan dan minuman beralkohol
  • Menurunkan berat badan
  • Berolahraga secara rutin

Baca juga:
Pantangan Makanan FAM Pasca Operasi Pembedahan Payudara

Jenis susu yang bagus untuk penderita fatty liver

  • Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu untuk penderita liver yang baik. Gunakan kedelai segar untuk memperoleh susu terbaik.
  • Susu kelapa dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik.
  • Susu kacang almond dengan cara pengolahan yang hampir sama dengan susu kacang kedelai.

Demikianlah informasi tentang penyakit fatty liver, termasuk pantangan makanan fatty liverdan bagaimana cara pengobatan yang tepat. Semoga bisa bermanfaat serta membantu para penderita fatty liver untuk sembuh.