Pantangan Makanan Endometriosis dan Penanganan Medis yang Tepat

Agar kista rahim tidak menjadi makin parah, para penderita dianjurkan untuk memenuhi pantangan makanan endometriosis.Endometriosis (kista coklat) atau penyakit kista rahim pada umumnya ditandai dengan adanya jaringan endometrium yang tumbuh di bagian luar rongga rahim.

Dalam kasus endometriosis, endometrium yang tumbuh dan berkembang di luar rahim tidak mampu larut. Sehingga semakin lama akan terus menebal dan berkembang menjadi kista rahim.

Inilah pantangan makanan endometriosis

Penderita endometriosis harus memperhatikan dengan baik asupan makanannya. Jangan sampai mengonsumsi pantangan makanan bagi endometriosis secara berlebihan seperti:

  1. Makanan laut

Penderita endometriosis diharapkan untuk berhenti makan hidangan laut terutama dari bahan utama cumi, udang dan kepiting yang kaya akan kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol dalam darah bisa memicu pertumbuhan sel-sel abnormal yang bisa menghambat proses pengobatan dan penyembuhan endometriosis, selain itu bisa juga memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

pantangan makanan endometriosis, makanan yang harus dihindari penderita kista coklat, olahraga untuk penderita endometriosis, pengobatan endometriosis tanpa operasi pantangan larangan pantangan makanan endometriosis (olahraga untuk penderita endometriosis, pengobatan endometriosis tanpa operasi)

  1. Makanan cepat saji

Ada banyak restoran makanan cepat saji yang populer di Indonesia. Tapi sebagai pasien dengan riwayat penyakit endometriosis, tidak diperkenankan untuk membeli dan menyantap makanan cepat saji, baik itu fried chicken, burger atau pizza.

Hampir 90% semua makanan cepat saji mengandung garam, gula dan kolesterol tinggi yang memicu penyakit diabetes, obesitas, jantung, stroke termasuk endometriosis.

  1. Pasien Endometriosis Dilarang Mengkonsumsi Makanan kemasan

Makanan yang harus dihindari penderita kista coklat adalah makanan kemasan. Semua makanan segar yang diolah lalu dikemas dalam kaleng atau bungkus plastik seperti mie instan, biskuit, wafer, snack, daging kaleng, sup kaleng, buah dan sayur kalengan, kornet dan sosis memiliki kandungan pengawet dan pewarna yang sangat tinggi yang tidak baik untuk kesehatan.

Kandungan garam yang tinggi juga berdampak negatif bagi kesehatan terutama bagi penderita endometriosis yang sedang dalam masa penyembuhan.

  1. Minuman beralkohol

Alkohol dilarang dikonsumsi penderita endometriosis karena bisa memicu perkembangan sel tidak normal penyebab kista. Selain minuman beralkohol, penderita endometriosis juga dibatasi konsumsi durian, anggur, tape ketan, duku, nanas dan klengkeng, jenis makanan yang mengandung alkohol.

  1. Makanan pedas

Dari semua makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita endometriosis,mungkin paling sulit menghindari konsumsi makanan pedas. Makanan pedas mengandung zat yang bisa memicu kista untuk tumbuh kembali di dalam rahim. Usahakan untuk menghindari cabai dalam masa pengobatan endometriosis.

  1. Pantang Makan Gorengan

Semua makanan yang diolah dengan cara digoreng memang enak tapi sayangnya memiliki kandungan lemak jenuh tinggi yang tidak bagus untuk kesehatan. Lemak jenuh pada gorengan bisa menstimulasi pertumbuhan sel kista bahkan sel-sel kanker. Bagi penderita endometriosis, alangkah lebih baik bila mengonsumsi makanan rebus atau yang dikukus.

Pengobatanendometriosis tanpa operasi

Pengobatan bisa dilakukan melalui beberapa olahraga untuk penderita endometriosis, contohnya:

  1. Gerakan Senam Yoga

Ada banyak cabang olahraga yang efektif untuk membantu pengobatan endometriosis sehingga pasien tidak perlu melakukan pembedahan, salah satunya adalah yoga. Gerakan peregangan dan latihan pernapasan pada yoga efektif untuk mengatasi stres yang sering dialami oleh penderita endometriosis.

  1. Latihan Dasar Panggul

Ada banyak penderita endometriosis yang mengeluh mengalami nyeri saat buang air besar atau buang air kecil, untuk mengatasinya diperlukan latihan dasar panggul supaya panggul terasa jauh lebih nyaman dan merasa tertekan.

Baca juga:
Pantangan Makanan Radang Empedu dan Obat yang Dijual di Apotik

Dengan memahami apa saja pantangan makanan endometriosis,diharapkan semua pasien penderita penyakit ini bisa cepat sembuh dan kembali melakukan aktivitas harian seperti biasanya.