Pantangan Makanan Bayi 6 Bulan yang Tidak Aman Dicerna Balita

Meskipun sudah siap dengan makanan yang lebih padat, namun tetap saja ada pantangan makanan bayi 6 bulan yang harus diperhatikan. Apalagi makanan bayi usia setengah tahun berbeda dengan orang dewasa.

Selain itu, Anda juga harus mencermati apakah si kecil memiliki alergi makanan tertentu sebelum Anda memberikan makanan jenis baru. Begitu pula dengan gizi dan nutrisi yang ada. Beriktu daftar jenis makanan yang sebaiknya jangan diberikan.

pantangan makanan bayi 6 bulan, sayur untuk mpasi pertama, buah untuk bayi 6 bulan

Jenis pantangan makanan bayi 6 bulan

Bayi usia 6 bulan belum bisa mencerna semua jenis makanan, itulah kenapa penting bagi orang tua memperhatikan asupan sang buah hati. Sebaiknya jangan memberi makanan/ minuman berupa:

  1. Sayuran mentah

Sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi apalagi karena ada kandungan nutrisi lengkap yang bisa membantu tumbuh kembang bayi. Tapi jangan memberikan bayi sayur yang keras dan masih mentah karena bisa tersedak.

Sayur untuk mpasi pertama bagi bayi yang baru berusia 6 bulan sebaiknya dihaluskan seperti wortel, brokoli, kentang, bayam, tomat, kol dan timun.

  1. Garam dan gula

Saat memberikan makanan bagi bayi, maka sebaiknya hindari memberikan penyedap rasa tambahan seperti garam dan gula. Lebih baik memperkenalkan mereka rasa serta tekstur yang alami. Asupan garam berlebihan dapat merusak ginjal si bayi karena tubuhnya belum dapat mengolah garam dengan sempurna, apalagi untuk bayi masih di bawah 1 tahun. Sama halnya dengan asupan gula pada bayi di bawah setahun sebaiknya tidak perlu diberikan.

  1. Makanan mentah

Makanan mentah kurang bagus diberikan pada bayi karena beresiko terkena paparan bakteri salmonella sehingga bisa meningkatkan resiko bayi terkena gastroenteritis. Bayi bisa menderita gejala-gejala seperti kram perut, mual, muntah, demam, sakit kepala, diare, panas dingin hingga darah saat bab. Beberapa jenis makanan mentah yang harus dihindari seperti makanan laut mentah, unggas, dan daging mentah.

  1. Telur kurang matang dan putih telur

Putih telur merupakan salah satu alergen sehingga lebih baik hindari memberi makan putih telur pada bayi usia 6 bulan. Begitu pula dengan telur yang kurang atau setengah matang. Konsumsi telur kurang matang bisa menyebabkan gangguan pada perut serta penyakit lainnya.

  1. Makanan kaleng

Seringkali untuk menghemat waktu, ibu memberikan makanan kaleng kepada bayi. Namun, makanan kaleng ini beresiko terkena paparan bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil. Salah satunya yaitu resiko terkena botulisme atau keracunan makanan akibat bakteri Clostridium Botulinum.

  1. Susu sapi

Bayi 6 bulan masih diberikan ASI dan jika ibu masih ingin memberikan tambahan mpasi, maka sebaiknya jangan diberikan makanan berupa susu sapi dan olahannya. Hal ini karena susu sapi mengandung mineral dan protein yang kurang baik untuk bayi di bawah 12 bulan. Begitu pula dengan produk olahan seperti yogurt atau keju.

  1. Buah asam dilarang untuk bayi 6 bulan

Buah untuk bayi 6 bulan sebaiknya jangan yang terlalu asam, seperti buah jeruk. Hal ini karena buah yang terlalu asam belum bisa diatasi oleh perut si kecil. Sehingga sangat penting untuk tidak memberikan buah jeruk pada bayi di bawah usia 1 tahun. Buah yang baik diberikan contohnya seperti pisang dan pepaya. Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu.

Baca juga:
Pantangan Makanan Batu Ginjal (Lauk, Sayuran, Cemilan, Minuman)

Itulah beberapa jenis pantangan makanan bayi 6 bulan yang perlu Anda catat ketika ingin mengatur asupan makanan bergizi pada bayi. Hindari pemberian makanan yang mengandung zat pengawet, pemanis dan perasa buatan karena bahan tersebut kurang bagus untuk kesehatan buah hati Anda.