Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Makanan yang Dapat Menggugurkan Kandungan yang Perlu Bumil Tahu

Makanan yang dapat menggugurkan kandungan ternyata ada banyak sekali. Bahkan masih banyak masyarakat khususnya para gadis dan wanita yang belum paham betul tentang jenis makanan apa saja yang dapat memicu terjadinya keguguran. Itulah sebabnya berikut akan dijelaskan beberapa minuman dan makanan yang bisa memicu keguguran dan sebaiknya harus dihindari untuk sementara waktu saat mengandung.


Daftar makanan yang dapat menggugurkan kandungan

Supaya kondisi ibu hamil serta kandungan selalu sehat, maka hindari beberapa jenis makanan berikut supaya terhindar dari bahaya keguguran:

makanan yang dapat menggugurkan kandungan, makanan yang beresiko menggugurkan kandungan, makanan yang terbukti dapat menggugurkan kandungan

 

  1. Daging mentah atau setengah matang

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang memang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Daging sanggup memberi dampak positif bagi kesehatan ibu dan janin karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun hati-hatilah dalam mengonsumsi daging.

Daging dapat menjadi salah satu jenis makanan yang beresiko menggugurkan kandungan apabila dikonsumsi dengan cara yang tak tepat. Daging mentah atau setengah matang sangat dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil karena mampu memicu terjadinya toksoplasmosis.

Toksoplasmosis merupakan infeksi yang muncul karena pertumbuhan parasit dari daging mentah, daging setengah matang, tanah, air mentah hingga tinja kucing. Ibu hamil yang terjangkit infeksi ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin hingga menyebabkan keguguran.

  1. Telur mentah atau setengah matang

Selain daging, telur mentah atau setengah matang juga sangat dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Mengonsumsi telur mentah atau telur setengah matang dapat menyebabkan ibu hamil terjangkit bakteri salmonella. Akibat paling ringan adalah mual dan muntah hebat hingga diare. Dan dampak paling buruk adalah menyebabkan keguguran.

  1. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein ternyata juga mampu memicu masalah kesehatan kehamilan hingga keguguran. Kandungan kafein yang terlalu tinggi di dalam tubuh wanita hamil mampu   membuat bayi lahir dengan berat badan kurang ataupun pendarahan yang menyebabkan keguguran.

📋 Recommended  Sakit Perut Ketika Awal Mengandung, Apa Sebab dan Solusinya?

Batasi konsumsi kafein dan jangan berlebihan mengonsumsinya. Beberapa sumber kafein yang wajib diwaspadai antara lain kopi, obat flu dan demam, teh, coklat, minuman instan serta minuman berenergi.

  1. Kecambah mentah

Ternyata kecambah mentah juga sangat beresiko jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Tidak hanya kecambah, beberapa jenis sayuran lain seperti lobak serta semanggi sangat tidak sehat jika dikonsumsi mentah-mentah. Hal ini dikarenakan dalam ketiga jenis sayuran tersebut terdapat bakteri salmonella yang tak bisa hilang hanya dengan dicuci. Sayuran ini aman jika dikonsumsi setelah dimasak.

  1. Hati hewan

Makanan yang terbukti dapat menggugurkan kandungan selanjutnya adalah hati hewan. Organ hati dari berbagai macam hewan tidak baik dikonsumsi secara berlebihan oleh para wanita hamil. Meskipun diolah dengan berbagai macam teknik memasak, kandungan vitamin A di dalam hati hewan sangatlah tinggi. Kandungan vitamin A yang terlalu tinggi justru dapat berdampak negatif bagi kesehatan janin.

  1. Soft cheese

Terdapat berbagai macam jenis keju salah satunya adalah soft cheese. Soft cheese dibuat dari susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi sehingga mengandung moisture. Perlu diketahui bahwa moisture merupakan tempat berkembangnya bakteri yang sangat berbahaya dan dapat mengugurkan janin. Untuk itu, konsumsilah keju yang mengalami proses pasteurisasi.

📋 Recommended  Mendeteksi Kehamilan Setelah Berhubungan yang Akurat

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak sekali makanan yang dapat menggugurkan kandungan atau bersiko negatif terhadap kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung. Jadi sebaiknya hindari daftar makanan di atas ketika Anda sedang mengandung buah hati.

✰ advertisement ✰