Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Makanan Penambah Hb Darah agar Hemoglobin ke Angka Normal

Makanan penambah Hb darah bisa dikonsumsi untuk mereka yang kekurangan zat besi di dalam sel darah merah. Hb atau Hemoglobin merupakan metaloprotein yang di dalamnya terdapat zat besi pada sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, protein ini memang sangat vital bagi tubuh manusia dan mereka yang kekurangan Hb ini biasanya menderita anemia.


makanan pendongkrak hb, daftar hb darah, darah hb

Daftar makanan penambah Hb darah bagi tubuh

Seseorang dikatakan memiliki Hb darah yang rendah saat didiagnosis jumlah Hb kurang dari 13,5 gr/dL pada pria , kurang dari 12 gr/dL pada wanita dan kurang dari 11 gr/dL pada anak-anak.

Namun patokan ini tak berlaku bagi wanita yang sedang hamil karena tubuh mereka sedang dalam kondisi khusus sehingga patokannya bisa berbeda tiap trimester kehamilan. Kadar Hb Normal pada Ibu hamil sesuai usia kehamilan adalah:
Hamil trimester pertama: 11.6–13.9 gr/dl
Hamil trimester kedua: 9.7–14.8 gr/dl
Hamil trimester ketiga: 9.5–15.0 gr/dl
makanan penambah hb darah

Berikut beberapa makanan pendongkrak Hb yang bisa dikonsumsi:

  1. Daging

Daging menjadi kewajiban bagi mereka yang memiliki Hb rendah, tapi yang perlu diingat adalah sebaiknya mengonsumsi daging yang berwarna merah seperti daging sapi karena tidak mengandung lemak terlalu banyak. Selain sapi, Anda juga bisa mengonsumsi daging ikan. Kandungan vitamin B12 di dalam daging merah sangat bermanfaat dalam meningkatkan zat besi bagi tubuh.

  1. Buah

Sudah menjadi hal yang umum kalau buah menawarkan nutrisi yang begitu baik bagi tubuh termasuk kandungan zat besi. Ada beberapa buah yang mengandung zat besi begitu tinggi dan baik dikonsumsi seperti buah jeruk, alpukat, pisang, apel dan semangka. Selain zat besi, buah-buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin bagus untuk kesehatan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar Hb dalam darah. Namun hanya ada beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan zat besi begitu tinggi seperti kacang panjang, kacang pito dan buncis. Selain itu ada juga kacang dari biji-bijian yang bisa dikonsumsi antara lain seperti kacang hijau dan kacang kedelai.

📋 Recommended  Cara Mengobati Luka di Dalam Mulut dengan Metode Tepat dan Aman

makanan penambah hb darah daging sayur kacang untuk penderita anemia

  1. Susu

Segala macam produk susu sangat baik untuk meningkatkan zat besi di dalam darah sehingga kadar Hb jadi bertambah. Entah susu yang dicairkan, dikentalkan maupun difermentasikan sangatlah baik untuk menambah Hb yang rendah. Contoh lainnya yaitu yoghurt, keju maupun susu yang dikentalkan seperti dadih bisa dikonsumsi ketika menderita anemia.

  1. Bayam

Bayam tak bisa diragukan lagi menjadi makanan penambah darah dalam kategori sayuran yang tinggi akan zat besi. Baik bayam merah maupun bayam hijau sama-sama mengandung zat besi yang tinggi. Akan tetapi kandungan zat besi di dalam bayam merah dipercaya lebih tinggi sampai 2 kali lipat dibandingkan bayam hijau. Itulah sebabnya sangat dianjurkan bayam merah untuk meningkatkan kadar Hb dengan cepat.

  1. Kentang

Kentang tak hanya menawarkan vitamin C yang baik, tapi juga kandungan zat besi serta kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain zat besi, masih ada magnesium yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang produksi kadar Hb di dalam darah bagi penderita anemia.

  1. Seafood

Anda bisa konsumsi makanan yang enak sekaligus berguna untuk menambah kadar Hb di dalam darah, contohnya seperti seafood. Beberapa jenis makanan laut yang menawarkan kadar zat besi yang tinggi yaitu kerang, tiram, salmon dan daging ikan tuna. Semua makanan laut ini sangat dianjurkan bagi Anda yang punya kadar Hb rendah.

  1. Telur

Kuning telur bisa menjadi sumber zat besi utama yang dapat dikonsumsi. Selain zat besi, kuning telur juga merupakan makanan yang tinggi protein dan omega 3 sehingga bisa membantu pembentukan Hb di dalam darah secara cepat. Akan tetapi tetap batasi konsumsi kuning telur karena kolesterolnya yang juga cukup besar.

📋 Recommended  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Cara Praktis Penggunaannya

Itulah tadi beberapa makanan penambah Hb darah yang bisa Anda coba konsumsi khususnya bagi para penderita anemia.

✰ advertisement ✰