Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Makanan Penambah Berat Badan Bayi biar Makin Ngegemesin !

Makanan penambah berat badan bayi ada banyak di pasaran, namun kadang ibu masih bingung dalam memilih makanan mana yang bisa menambah berat badan bayi dengan cara dan hasil yang sehat.


Salah dalam memilih makanan pada bayi juga bisa berakibat buruk pada kesehatan bayi atau malah justru membuat berat badan bayi menjadi turun dengan drastis. Mengetahui jenis makanan dan menaikkan berat badan bayi dengan cepat perlu untuk diketahui.

Penyebab Berat Badan Bayi Rendah

Selain berusaha untuk menaikkan berat badan bayi sesuai dengan tingkat umurnya dengan cara yang aman, orang tua atau ibu juga perlu mengetahui penyebab berat badan rendah pada bayi.

Dengan mengetahui penyebab berat badan rendah, ibu bisa melakukan evaluasi agar berat badam bayi lebih optimal. Kurangnya asupan gizi menjadi salah satu faktor penting penyebab kurangnya berat badan pada bayi.

makanan penambah berat badan bayi mpasi

Asupan yang paling baik adalah ASI, dan kemudian ditambah dengan makanan pendamping ASI lainnya. Asupan susu formula juga boleh diberikan setelah berusia diatas 6 bulan.

Anda bisa mencari merk susu penambah badan bayi yang bagus. Penyebab selanjutnya adalah kondisi bayi yang mulai aktif. Bayi membutuhkan nutrisi yang lebih karena fisik mulai digunakan untuk beraktivitas seperti merangkak dan bergerak.

Penyebab lain yang bisa terjadi adalah karena bayi terkena penyakit. Gangguan kesehatan seperti diare pada bayi bisa menghambat masuknya nutrisi ke tubuh bayi. Untuk hal seperti ini harus berkonsultasi dengan dokter.

baca :  Usia Bayi Bisa Merangkak dan Cara Tepat Men-Stimulasi-nya

Ragam Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Memiliki bayi yang sehat dengan berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang tua. Ada banyak produk pilihan yang bisa digunakan, namun terkadang orang tua atau ibu muda tidak begitu mengerti tentang hal itu, sehingga ragu untuk memilih atau bahkan nutrisi anak tidak terperhatikan. Berikut beberapa ragam pilihan makanan sebagai cara menambah berat badan bayi 10 bulan sesuai usianya:

  • ASI untuk usia di bawah 6 bulan

ASI atau Air susu ibu merupakan makanan yang paling baik untuk bayi di bawah usia 6 bulan. ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Pemberian 6 bulan ASI sangat wajib untuk bayi. Hanya gunakan susu formula diatas usia 6 bulan sebagai tambahan apabila berat badan bayi masih kurang.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk tubuh dan kulit orang dewasa. Ternyata minyak zaitun juga aman dan bagus untuk bayi. Untuk bayi bisa menggunakan minyak zaitun jenis olive oil yang extra virgin. Masukkan satu sendok teh minyak zaitun pada menu bubur bayi Anda. Minyak zaitun mengandung lemak baik yang bagus untuk menambah berat badan bayi.

  • Selai Kacang

Untuk bayi usia diatas sepuluh bulan, bisa menggunakan selai kacang. Kenapa selai kacang di pilih? Selai kacang dipilih karena memiliki banyak kolesterol. Kolesterol ini sangat baik dalam upaya menaikkan berat badan pada bayi khususnya yang berusia diatas 10 bulan. Dengan mengkonsumsi selai kacang, bayi akan terbiasa dan saat sudah agak dewasa, selai kacang ini bisa digunakan saat bayi makan roti.

  • Mengkonsumsi buah pisang

Buah pisang ternyata juga bisa memberikan manfaat tersendiri untuk bayi khususnya bayi diatas 6 bulan. Bayi yangg sudah diatas usia 6 bulan ternyata sangat baik untuk mengkonsumsi pisang karena buah pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, serat, kalori padat, dan juga kalium. Beda usia beda kebutuhan vitamin juga, sehingga jika bayi Anda berusia 9 bulan, maka Anda perlu mengetahui tentang vitamin untuk bayi 9 bulan agar gemuk.

  • Menggunakan buah alpukat

Buah lainnya yang juga baik untuk pertumbuhan bayi agar gemuk adalah buah alpukat. Buah alpukat mengandung cukup lemak sehat yang dapat membuat bayi lebih gemuk berisi sehat. Anda bisa memberikan buah alpukat yang lembut dengan cara mencampurkannya pada bubur bayi yang lembut. Buah alpukat juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan terutama pada bayi diatas 6 bulan.

baca :  Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan yang Mudah dan Lezat

Itulah beberapa jenis makanan penambah berat badan bayi dan cara menambah berat badan bayi yang bisa diterapkan oleh ibu. Selamat mencoba!

✰ advertisement ✰