Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Obat Cacing Untuk Anak yang Efektif dan Aman Dikonsumsi

Obat cacing untuk anak sangat banyak tersedia di pasaran. Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sangat rentan dan sering datang pada anak-anak. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena pertumbuhan cacing parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui kotoran yang menempel pada tangan atau kuku.


merk obat cacing untuk anak 1 tahun, merk obat cacing untuk anak 1 tahun keatas, merk obat cacing umur 1 tahun, obat cacing untuk anak yg aman, penyakit cacingan cacingan

Cacing yang masuk ke dalam tubuh akan berkembang biak menjadi lebih banyak dan mengambil nutrisi yang ada di dalam tubuh. Dampaknya adalah tumbuh kembang anak, baik secara fisik, penalaran dan psikis kurang optimal.

Gejala anak kena penyakit cacingan

Penyakit cacingan seringnya sulit untuk dideteksi karena memang tidak menunjukkan indikasi yang jelas terlihat. Beberapa gejala yang dapat terjadi ketika anak terserang cacingan antara lain:

  • Terjadi penurunan berat badan
  • Susah tidur
  • Gatal dan nyeri di area anus
  • Intensitas buang air kecil semakin sering
  • Sakit perut
  • Nafsu makan berkurang drastis, dll.

Obat Cacing Untuk Anak Obat Cacing Untuk Anak

Daftar obat cacing untuk anak yang efektif dan aman

Terdapat beberapa merk obat cacing untuk anak 1 tahun ke atas yang memang direkomendasikan oleh dokter untuk pengobatan cacingan secara efektif:

  • Levamisole

Levamisole merupakan jenis obat cacing pertama yang dapat diberikan oleh anak-anak penderita cacingan. Jenis bakteri cacing yang menyerang tubuh anak-anak memang berbeda. Namun semuanya dapat diatasi dengan pemberian obat secara oral sehingga mudah untuk dilakukan.

πŸ“‹ Recommended  10 Tahap Perkembangan Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Levamisole merupakan anthelmintic yang sangat efektif dalam pengobatan infeksi accariasis serta infeksi yang disebabkan oleh cacing tambang campuran. Obat cacing yang satu ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Obat ini harus dikonsumsi secara rutin pada tri semester pertama.

  • Mebendazole

Selanjutnya adalah mebendazole yang merupakan obat cacing khusus infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing tambang dan cacing cambuk. Namun pemberian obat cacing yang satu ini tidak boleh sembarangan dan harus menggunakan resep dokter.

Jadi, konsultasikan terlebih dahulu keluhan cacingan pada dokter ahli. Dokter tersebutlah yang akan memutuskan apakah perlu diberi mebendazole. Perlu diketahui bahwa obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak dengan usia lebih dari 2 tahun.

  • Albendazole

Obat cacing yang ketiga ini masih jarang diketahui oleh masyarakat padahal sudah banyak tersedia di toko obat. Aturan minum obat cacing untuk anak sudah tertera pada lembar petunjuk. Fungsi dari obat yang satu ini ialah untuk mengobati dengan cara membasmi infeksi yang disebabkan oleh cacing pita yang merupakan parasit sensitif. Meski begitu, butuh konsultasi pada dokter dalam pemberian obat ini. Dokter akan memberikan masukan apakah buah hati dapat mengonsumsinya atau tidak.

  • Pyrantel

Pyrantel adalah obat cacing yang selanjutnya. Obat ini merupakan obat yang termasuk dalam golongan obat antihelmitic atau anti cacing. Pyrantel dapat diberikan oleh penderita cacingan dari usia anak-anak hingga usia dewasa. Hanya saja butuh rekomendasi dari dokter untuk dapat mengonsumsinya, untuk itu konsultasikan terlebih dahulu penyakit cacingan yang diderita. Nantinya dokter akan memutuskan apakah penderita perlu mengonsumsi pyrantel atau obat jenis lainnya.

πŸ“‹ Recommended  Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami, Aman dan Efektif

Obat yang satu ini digunakan untuk mengobati cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang dan cacing kremi. Manfaat obat cacing untuk anak ini adalah mampu membasmi pertumbuhan cacing di dalam tubuh yang mencuri nutrisi. Perlu diingat bahwa pyrantel tidak boleh dikonsumsi oleh balita di bawah usia 2 tahun. Pyrantel juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, penderita liver dan penderita alergi.

Dari sekian daftar obat cacing untuk anak yang tertera di atas sudah banyak tersedia di toko obat di berbagai area. Penyakit cacingan harus segera diobati supaya penyebaran dan perkembangbiakan cacing tidak semakin banyak.

✰ advertisement ✰