Bayi 2 Bulan Susah Tidur? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sesungguhnya normalkah kondisi bayi 2 bulan susah tidur banyak orang tua yang khawatir ketika menemukan bayinya tidak nyenyak tidur. Apalagi jika terjadi selama berhari-hari hingga bayi kehilangan nafsu makan dan kondisi kesehatannya menurun.

Tidur merupakan kebutuhan alamiah tiap manusia bahkan orang dewasa butuh tidur selama 8 jam setiap hari. Namun pola tidur bayi 2 bulan yang benar yaitu selama 12-16jam setiap harinya. Jika setiap hari bayi tidur kurang dari 12 jam lama kelamaan bisa mempengaruhi perkembangan bayi.

bayi 2 bulan susah tidur

Penyebab Bayi 2 Bulan Susah Tidur

Porsi tidur bayi lebih banyak namun tidak terjadi sekaligus. Bayi tidak seperti orang dewasa, mereka belum mengenal perbedaan antara siang dan malam. Bila bayi sulit tidur, perhatikan penyebab bayi rewel dan susah tidur berikut:

  • Bayi dalam kondisi lapar
  • Lingkungan sekitar mengganggu tidur bayi
  • Sedang sakit seperti demam, hidung tersumbat atau sakit perut

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Agar bayi bisa terlelap dengan nyenyak di malam hari atau siang hari, orang tua bisa mengaplikasikan beberapa cara sederhana berikut ini:

  • Memberikan Susu Sebelum Tidur

Bayi seringkali terbangun di malam hari karena merasa lapar, panas, dingin atau gatal karena popok yang basah. Oleh karena itu, pastikan jika bayi disusui sebelum ditidurkan, beri ASI secukupnya supaya bayi tidak merasa lapar dan terbangun di tengah malam.

  • Lampu Temaram

Membiasakan bayi untuk tidur lebih lama di malam hari merupakan pekerjaan yang sulit. Cara mudah menidurkan bayi di malam hari adalah dengan menjaga agar lampu tetap temaram.

Biarkan bayi memperoleh sinar rembulan atau cukup nyalakan lampu tidur saja. Ruangan yang terlalu terang dapat mengganggu tidur si kecil.

  • Kondisi Kamarnya

Agar bayi tidur nyenyak di siang hari, hendaknya perhatikan kondisi kamar bayi, apakah sudah cukup nyaman atau belum?

Perhatikan pula kondisi sirkulasi udaranya, jangan sampai terlalu dingin atau panas karena bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Tanda bayi kegerahan di antaranya, bayi mudah gelisah, kulit kemerahan dan berkeringat.

  • Mengalihkan Tatap Mata

Sebelum tidur, orang tua bisa memberikan kecupan atau usapan selama malam tujuannya agar bayi merasakan kedekatan dengan orang tua. Setelah itu, usahakan agar menghindari tatapan mata sehingga bayi tidak tetap terjaga dan lekas tertidur.

  • Musik Pengantar Tidur

Menyalakan musik tidur dengan alunan nada yang lembut dapat membantu bayi merasa lebih rileks sehingga mereka bisa tidur dengan lebih cepat.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Itulah informasi tentang penyebab bayi 2 bulan susah tidurdan cara alami yang efektif untuk mengatasinya. Hal tersebut penting agar bayi tidak mengalami kondisi ini dalam jangka waktu panjang yang dikhawatirkan akan mempengaruhi perkembangan motorik dan mentalnya. Baca juga: Bayi 2 Bulan Susah BAB? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya