Bayi 1 Bulan Mencret? Baiknya Bunda Lakukan Tindakan Berikut Ini

Banyak orang tua yang tidak tahu, faktanya diare adalah salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Persentase bayi 1 bulan yang meninggal akibat diare mencapai lebih dari 30%. Statistik tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan, terlebih pengetahuan orang tua pasangan muda tentang bayi 1 bulan mencretmasih sangat sedikit.

Diare merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan feses berubah menjadi lembek. Penderita diare lebih sering buang air besar, mereka bisa BAB lebih dari 3x dalam sehari. Lantas apa saja penyebab bayi mengalami mencret atau diare?.

bayi 1 bulan mencretPenyebab bayi 1 bulan mencret

Karena termasuk penyebab kematian tertinggi pada bayi di Indonesia, orang tua wajib tahu apa saja kondisi yang menyebabkan bayi mencret seperti di bawah ini:

1. Bayi terserang infeksi dari virus, parasit dan bakteri. Kondisi ini umumnya terjadi ketika tangan bayi menyentuh benda yang kotor dan telah terinfeksi bakteri. Kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna menyebabkan penularan bakteri dan virus lebih cepat.

2. Penyebab diare pada bayi 0-1 bulan adalah keracunan makanan.

3. Bayi alergi dengan makanan atau obat-obatan tertentu.

4. Orang tua memberikan konsumsi cairan selain ASI dan susu formula seperti jus buah/teh/air putih.

Jika bayi sering mencret disertai dengan gejala-gejala seperti terlihat lesu, muntah-muntah, terdapat nanah atau tinja bayi, demam dan adanya tanda-tanda dehidrasi maka itulah saatnya bayi dibawa ke dokter.

Cara mengatasi bayi mencret

Bila bayi baru berusia 1 bulan dan mengalami diare, penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mencret untuk bayi dengan benar seperti berikut:

  1. Beri cairan yang mencukupi

Kondisi yang harus dihindari orang tua ketika bayi mengalami mencret adalah dehidrasi. Penting bagi ibu dan ayah untuk menjaga cairan tubuh bayi tetap tercukupi baik melalui ASI maupun susu formula.

  1. Oralit

Apabila bayi mengalami diare, orang tua bisa memberikan campuran gula, garam dan air. Memberikan oralit dapat menggantikan garam yang hilang dalam tubuh saat bayi terus buang air besar.

  1. Berikan makanan yang gampang dicerna

Alih-alih memberikan obat diare bayi 1 bulan secara terus menerus, akan lebih baik bila orang tua memberikan nutrisi yang bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan bayi. Nutrisi yang dibutuhkan adalah ASI dan susu formula, beda jika usia bayi sudah cukup untuk menerima makanan pendamping seperti bubur, nasi lembek atau pisang.


πŸ“Œ Rekomendasi Artikel
βž₯ Efek Samping Cream Rose di Wajah

βž₯ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Pijat gusi bayi

Cara lainnya adalah dengan memberikan pijatan lembut pada gusi bayi. Konon kegiatan ini baik untuk meringankan rasa nyeri akibat diare yang sering membuat bayi merasa rewel dan tidak nyaman hingga sering menangis.

Baca juga:
Vaporin Untuk Bayi 1 Bulan Apakah Aman? Adakah Efek Sampingnya

Ternyata ada banyak kondisi yang menyebabkan bayi 1 bulan mencret. Agar kondisi kesehatan bayi tidak memburuk, orang tua harus tahu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi bayi yang mencret sebelum bayi dibawa berobat ke dokter.