Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI

Setiap orang pasti menginginkan tampil maksimal dan sempurna dengan memiliki berat tubuh yang proporsional dan ideal. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal memang sangatlah sulit, namun dengan kemauan yang keras semua hal pasti akan dapat dilakukan.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal terkadang kita terkendala oleh tubuh yang kurus, badan yang pendek, atau kegemukan/obesitas. Untuk menurunkan berat badan (diet), biasanya seseorang akan susah sekali dalam menjalankannya, bahkan banyak juga yang memakai bantuan obat-obatan namun tetap saja tidak berhasil.

Jika anda memang benar-benar bertekad mengurangi berat badan, banyak sekali testimony yang membuktikan bahwa diet ala Deddy Corbuzier (OCD) sangat efektif, dan anda bisa mencobanya.

cara menghitung berat badan ideal

Kembali lagi ke topik pembahasan awal mengenai rumus cara menghitung berat badan ideal, di bawah ini adalah cara menghitungnya yang dibagi kedalam dua bagian.

  1. Cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus

Rumusnya yaitu: berat ideal tubuh = (tinggi badan seseorang – 100) x 90%.

Sebagai contoh misalkan ada seseorang yang memiliki tinggi tubuh 155 cm, maka berat badan yang ideal dapat dihitung sbb:

Berat ideal = (155-100) x 90%

Selesaikan dalam kurung dulu: 155-100 = 55

Kemudian hasilnya adalah 55 x 90% = 49,50

Jadi berat badan yang ideal orang tersebut adalah 49,50 kg.

cara menghitung berat badan ideal 3

Untuk metode perhitungan dengan cara ini, jika anda memiliki berat badan yang lebih besar dari 10 hingga 20 persen dari yang seharusnya untuk mencapai berat badan ideal, maka anda dapat dikatakan kelebihan berat badan. Namun apabila berat yang anda miliki melebihi angka 20 persen dari berat ideal, anda masuk kategori orang yang kegemukan atau obesitas.

Dan apabila berat anda menunjukan 10 persen kurang dari berat badan ideal, maka anda masuk kategori kurus, solusinya yaitu anda harus menambahkan asupan makanan yang bergizi (menambah berat badan anda).

cara menghitung berat badan ideal 3

  1. Cara yang kedua dengan menggunakan metode hitung index tubuh

Rumus:

  • BDI = BB : KTB (hitungan tinggi meter)

Keterangan:

  • BDI = berat badan ideal
  • BB = berat badan
  • KTB = kuadrat tinggi badan dengan satuan hitung meter

Contoh penyelesaian masalahnya yaitu sebagai berikut: anda merupakan orang yang mempunyai ukuran berat tubuh seberat 80kg, dan juga memiliki tinggi badan 1,70 meter. Maka cara menghitung berat badan ideal yang anda miliki adalah sbb:

  • BDI = 80 kg : (1,70­2) = ???
  • BDI = 80 kg : 2,89 m
  • BDI = 27,68

Untuk patokan perhitungannya yaitu sebagai berikut:

  • Jika berat ideal kurang dari 17 atau <17 maka anda termasuk orang yang sangat kurus (anda kekurangan berat badan tingkat berat)
  • Jika anda adalah 17 maka anda memiliki kategori badan yang tinggi ringan
  • BDI 18,4 hingga 21 = maka berat badan anda normal
  • BDI 21,1 hingga 27 = anda kelebihan berat badan kategori ringan
  • BDI 27,1 hingga 30 = anda kelebihan berat badan kategori sedang
  • Jika BDI menunjukan angka >30 = anda merupakan seseorang dengan kelebihan berat badan tingkat berat (kegemukan/obesitas)

Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Itulah beberapa informasi mengenai rumus cara menghitung berat badan ideal yang dapat anda praktekkan untuk mengetahui berat ideal anda. Semoga bermanfaat dan selamat berhitung.

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question