Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Rekomendasi Dr. SpoG

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat dinantikan oleh seorang wanita ataupun keluarga baru. Kehamilan bagi wanita merupakan fase penyempurnaan kehidupan bagi wanita dan keluarga. Melalui kehamilan keluarga dapat melanjutkan penerus generasi keluarga.

Oleh karena itu kehamilan sangat penting bagi sebuah keluarga. Tentunya menjadi wanita harus bisa menjaga sang janin hingga kelak dilahirkan dengan sehat tanpa kekurangan apapun.

Menjaga kesehatan janin Secara langsung dapat dilakukan melalui asupan makan sang ibu. Makanan yang di konsumsi ibu secara langsung akan menjadi asupan sang janin. Oleh karena itu anda harus memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut ini akan di bahas mengenai makanan bergizi yang baik untuk ibu hamil.

makanan untuk ibu hamil, makanan ibu hamil, makanan sehat ibu hamil, makanan sehat untuk ibu hamil, makanan karbohidrat yg baik untuk ibu hamil, Makanan yang sehat untuk ibu hamil, makanan sehat buat ibu hamil

17 Asupan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sayuran Hijau dan Buah-Buahan

Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, seledri, merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Sayuran-sayuran hijau tersebut memberikan banyak kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan gizi tersebut adalah vitamin A, C, dan K serta asam folat.

Sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu sayuran hijau juga mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

Salah satu makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah tentunya ibu hamil akan mendapatkan sumber vitamin C setiap hari. Vitamin C penting untuk Ibu hamil karena dapat memberi kekebalan pada tubuh dan mencegah terjadinya beberapa infeksi. Dalam sehari ibu hamil setidaknya mengkonsumsi vitamin C sebanyak 70 mg per hari.

Buah-buahan yang bagus dikonsumsi ibu hamil seperti buah naga, jeruk, anggur, stroberry, melona, apel, jambu air, buah cerry dan papaya. Buah buahan yang sebaiknya dihindari adalah : nanas, durian, nangka, delima.

Pisang

Pisang merupakan buah yang dianjurkan oleh dokter kandungan untuk dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil, terutama hamil trimester pertama, hamil 3 bulan pertama. Pisang sangat bagus karena mengandung vitamin b6 yang tinggi, serat untuk melancarkan proses BAB ibu hamil, asam folat untuk perkembangan otak janin dan zat potasium.

Alpukat

Hasil penelitian para ahli, buah alpukat memiliki beberapa keunggulan, yakni : mempunyai unsur vitamin K, vitamin C, vitamin B6 yang tinggi untuk mengatasi rasa mual/morningsickness. Buah alpukat juga merupakan sumber serat karena tidak sedikit bumil yang konsultasi ke dokter SpoG/dokter kandungan memiliki keluahan BAB selama masa kehamilan. Buah alpukat juga memilik lemak tak jenuh, lemak baik yang berfungsi untuk menjaga kolesterol.

Pepaya

Untuk bunda yang sedang berada di kehamilan trimester ketiga, kehamilan bulan ke 7-9, maka buah pepaya sangat wajib dikonsumsi. Menurut sebuah penelitian, leih dari 70% ibu hamil mengalami sembelit/susah BAB menjelang proses persalinan. Pepaya kaya akan serat, potasium, vitamin C dan asam folat. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi pepaya yang sudah matang, karena kalau pepaya yang masih muda/mentah, memilik unsur pepsin yang menimbulkan kontraksi.

Daging tanpa lemak

Salah satu makanan untuk ibu hamil adalah daging tanpa lemak. Daging sapi banyak mengandung protein yang baik untuk menguatkan janin. Namun bagi anda yang menderita hipertensi mengkonsumsi daging terlalu banyak tidak dianjurkan oleh dokter. terutama untuk daging kambing yang bisa menaikkan tekanan darah anda. Dengan demikian, porsi daging yang anda konsumsi tidak boleh berlebihan.

Seafood

Beberapa tahun yang lalu, mnegkonsumsi seafood untuk ibu hamil merupakan hal yang masih abu-abu dan diperdebatkan. Namun menurut riset terbaru, ikan laut terbukti mempunyai manfaat untuk masa kehamilan dan  pertumbuhan janin. Ikan laut diketahui memiliki unsur protein tinggi, asam lemak dan omega 3 untuk menstimulasi tumbuh kembang otak janin agar nanti terlahir cerdas dengan daya tangkap tinggi.

Sereal

Untuk bunda dengan usia kehamilan muda, sereal merupakan alternatif makanan sehat untuk ibu hamil sebagai sumber karbohidrat yang bisa diandalkan. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada trimester awal, banyak sekali ibu hamil yang mengalami mual dan kehilangan nafsu makan, sementara ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan untuk perut ibu dan janin.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung elektrolit untuk menjaga dari dehidrasi dan memulihkan stamina ibu hamil. Air kelapa muda juga dipercaya bisa membersihkan air ketuban dan menjadikan kulit janin putih bersih.

Susu

Susu merupakan makanan tambahan yang sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil. Apalagi pada trisemester pertama, sang ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi susu yang bisa menguatkan janin di dalam Rahim.

Beberapa wanita biasanya tidak suka atau tidak tahan dengan bau susu yang agak amis. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih susu dengan perasa. Saat ini sudah banyak susu ibu hamil dengan berbagai macam rasa coklat, mangga ataupun mocca. Namun alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi susu segar yang lebih sehat dan berkompromi dengan bau/citarasa susu demi jabang bayi.

Susu mempunyai kandungan nutrisi yang baik seperti zat besi, protein, kalsium, mineral serta vitamin. Dengan mengkonsumsi susu sebanyak seperempat liter per hari, janin yang anda kandung akan memiliki postur yang tinggi dan kesehatan tulangnya terjamin. Kandungan baik susu tidak hanya di dapat dari susu saja, anda juga bisa mengkonsumsi susu kedelai, susu sapi, yogurt dan keju.

Makanan Berkarbohidrat

Makanan sehat untuk ibu hamil yang tidak boleh dilupakan adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Mengingat fungsi karbohidrat bagi tumbuh adalah untuk memberi tenaga atau dengan kata lain sebagai sumber energy bagi tubuh. Energi di butuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan janin, membentuk plasenta dan juga membentuk jaringan pada payud4ra.

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, sagu, roti, kentang ataupun sereal. Sereal bisa anda konsumsi pada pagi hari bagi anda yang mengalami rasa mual. Sereal dipercaya dapat menghindarkan rasa mual pada pagi hari.

Ikan

Makanan ibu hamil yang dianjurkan adalah ikan. Mengapa ikan? ikan mengandung protein, asam lemak dan omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak sang janin secara sempurna. Salah satu ikan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan salmon memang mempunyai rasa yang enak. Selain itu kandungan protein dan omega 3 nya sangat tinggi yang menunjang pertumbuhan bayi anda. Prinsip dalam mengkonsumsi ikan salmon adalah porsi ikan salmon tersebut. Sebaiknya anda tidak berlebihan mengkonsumsi ikan salmon. Dalam seminggu anda hanya dianjurkan makan ikan salmon maksimal sebanyak 12 ons saja.

Kacang-kacangan

Ibu hamil dengan asupan kacang-kacangan yang seimbang tentunya kan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan sang janin. Bagaimana tidak, kacang merupakan sumber lemak nabati yang bagus untuk metabolisme tubuh anda. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang anda akan mendapatkan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi saat ibu mengandung, secara tidak langsung proses pencernaan sang ibu akan sedikit melambat yang dikarenakan pengaruh kehamilan.

Oleh karena itu dengan asupan serat yang cukup dari kacang-kacangan dapat memperlancar pencernaan dengan demikian anda juga terhindar dari sembelit. Disisi lain kacang-kacangan juga sangat membantu dalam perkembangan system saraf pada bayi. Kacang-kacangan yang sebaiknya anda konsumsi adalah kacang hijau, kacang tanah dan buncis.

Telur

Telur dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan telur yang baik untuk kesehatan ibu dan janin di dalam Rahim. Dalam satu butir telur mengandung sekitar 90 kalori, 12 vitamin, protein dan juga mineral. Selain itu telur juga mengandung kolin yang membantu pertumbuhan otak bayi dan kesehatan janin. Namun yang perlu anda perhatikan adalah sebaiknya mengkonsumsi telur yang bukan dari ayam petelur. Pilihlah telur yang berasal dari ayam kampung yang tidak menggunakan konsentrat dalam pakannya.

Biji-bijian

Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah gandum yang termasuk biji-bijian. Dari makanan yang mengandung gandum anda akan mendapatkan vitamin E dan selenium dan fitonutrien. Ketiga nutrisi tersebut akan melindungi sel-sel dalam tubuh anda. Selain makanan yang mengandung biji gandum, ibu hamil juga bagus mengkonsumsi popcorn dan biji-bijian lainnya.

Ubi jalar

Kebanyakan orang tidak mengetahui jika ternyata ubi jalar mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Terlebih lagi untuk ibu yang sedang hamil. Di dalam ubi jalar terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah zat karotenoid yang juga mengandung vitamin A. Karatenoid ditemukan dalam ubi jalar dari kandungan warna orange ubi jalar tersebut. selain kandungan Karatenoid, ibu hamil juga bisa mendapatkan serat dan vitamin C yang memang dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil.

Keju

ada beberapa keju yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, diantaranya adalah keju jenis mozzarella dan keju jenis cheddar. Kedua jenis keju tersebut memiliki zat protein tinggi dan 150-200 mg kalsium di tiap ons-nya.

Minyak Zaitun.

pada beberapa konsisi, sebagian besar ibu hamil mempunyai keluhan berupa perut kencang di usia kehamilan trimster akhir, terkadang juga mengalami selulit dan kulit kering selama masa hamil. Ditambah lagi saat hamil, ibu hamil harus hati-hati dalam penggunaan kosmetik. Untuk menyiasatinya, ibu hamil bisa mengkonsumsi sumber makan vitamin e, salah satunya yaitu minyak zaitun.

menu makanan sehat untuk ibu hamil

makanan untuk ibu hamil, makanan ibu hamil, makanan sehat ibu hamil, makanan sehat untuk ibu hamil, makanan karbohidrat yg baik untuk ibu hamil, Makanan yang sehat untuk ibu hamil, makanan sehat buat ibu hamil

makanan untuk ibu hamil, makanan ibu hamil, makanan sehat ibu hamil, makanan sehat untuk ibu hamil, makanan karbohidrat yg baik untuk ibu hamil, Makanan yang sehat untuk ibu hamil, makanan sehat buat ibu hamil

Dalam proses mengandung, ibu hamil memang memerlukan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Sedari dini wanita yang telah menikah sebaiknya mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil.


Selain mengetahui apa saja makanan yang baik untuk kandungan, sebaiknya wanita yang sedang hamil juga menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil demi kesehatan sang ibu dan janin dalam Rahim. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti keguguran.

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question