Efek Samping Kunyit Putih yang Belum Banyak Diketahui Netizen

Efek samping kunyit putih bagi kesehatan harus diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi rimpang yang satu ini. Kunyit putih merupakan tanaman yang masuk dalam jenis tanaman rimpang yang tumbuh subur di daratan India.

Tanaman yang juga banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Khasiat tersebut seperti mengatasi infeksi dan berbagai penyakit lainnya secara alami.

Efek samping kunyit putih bagi kesehatan

Meskipun tergolong sebagai tanaman obat herbal atau alami, namun mengonsumsi atau mengaplikasikan kunyit putih secara berlebihan justru memicu dampak negatif bagi kesehatan.

efek samping kunyit putih efek samping kunyit putih efek samping kunyit putih

Berikut ini adalah efek samping kunyit putih:

  • Memicu iritasi pada kulit

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan salah satunya adalah kesehatan kulit. Kunyit dapat diaplikasikan pada kulit untk membuat kulit lebih ternutrisi dan menjadi lebih sehat.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, hendaknya tidak mengaplikasikan kunyit pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Iritasi kulit akibat pengaplikasikan kunyit berlebihan akan cukup sulit diobati.

  • Menurunkan efektifitas obat

Jika mengonsumsi obat yang bersamaan dengan konsumsi kunyit putih, maka kandungan pada kunyit putih akan menurunkan efektifitas obat medis tersebut. Hal ini membuat proses pengobatan menjadi tak sesuai dengan yang seharusnya.

Pada saat hendak mengonsumsi obat medis untuk sebuah pengobatan atas penyakit tertentu, sebaiknya jangan konsumsi secara bersamaan obat medis yang terbuat dari kunyit putih.

Obat yang telah diolah itu bisa menjadi berbentuk kapsul, cairan ekstrak kunyit putih, atau kunyit putih secara langsung.

Jika memang terpaksanya harus mengonsumsi keduanya dalam satu hari, pastikan untuk memberi jeda selama beberapa jam sebelum mengonsumsi kunyit putih.

  • Memicu penurunan gula darah

Apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih, dampak yang terjadi secara langsung adalah menurunnya kadar gula dalam darah secara drastis.

Penurunan gula dalam darah secara drastis dapat menciptakan kondisi yang dinamakan hypoglycemia atau kekurangan gula darah. Kondisi ini bahkan dapat membuat penderitanya menjadi pingsan dan sangat lemas.

  • Menyebabkan gangguan janin dan bayi

Ibu yang sedang hamil dan menyusui hendaknya tidak mengonsumsi kunyi putih dalam bentuk kapsul ataupun cairan ekstrak kunyit putih. Hal ini berhubungan dengan efek samping kunyit bagi rahim yang dapat menyebabkan gangguan pada janin hingga mengakibatkan keguguran.

Bagi ibu yang sedang menyusui, konsumsi kunyit putih juga sangat dilarang karena dapat memicu gangguan pencernaan pada buah hati hingga gangguan usus.

  • Memicu kerusakan sel darah putih dan sel darah merah

Lebih berbahaya lagi ialah konsumsi kunyit putih secara berlebihan yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada sel darah merah dan sel darah putih.

Apabila hal tersebut benar-benar terjadi, maka penyakit yang akan diderita adalah anemia atau kekurangan sel darah yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya.


Demikianlah ulasan mengenai beberapa efek samping kunyit putih bagi kesehatan yang wajib diketahui. Ulasan tersebut dapat dijadikan referensi atau pertimbangan bagi Anda yang hendak mengonsumsi kunyit putih. Semoga bermanfaat!

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question