Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Pasca Persalinan

Mengatasi baby blues syndrome bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan, sebelum mengatasi hal ini akan lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu baby blues syndrome.

Baby blues syndrom adalah suatu keadaan di mana si ibu yang baru saja melahirkan merasa kurang nyaman dengan kehadiran si bayi, sering menangis, merasa khawatir, sedih, cemas dan banyak takut.

Bahkan ibu yang mengalami kejadian ini sering mengalami emosi yang tidak stabil, dan ini akan sangat berpengaruh terhadap perawatan ibu pada bayi.

Biasanya baby blues syndrom initejadi pada awal melahirkan yaitu sekitar 14 hari pasca melahirkan dan masa – masa yang rawan mengalami baby syndrome yaitu pada hari ke 2 atau hari ke 3 pasca melahirkan.

Baby blues syndrom lebih banyak di alami oleh ibu muda yang baru memiliki anak pertama, maskipun tak jarang ibu yang sudah berpengalaman mengalami syndrome ini.

Mengatasi Baby Blues Syndrome 2

Di butuhkan beberapa cara untuk mengatasi beby blues syndrome, biasanya syndrom ini sangat erat kaitannya dengan gangguan psikis ataupun akibat naik turunya produksi hormon.

Beberapa cara untuk mengatasi baby blues syndrome adalah sebagai berikut,

  • Persiapkan kelahiran si bayi jauh – jauh hari bahkan sebelum persiapan hamil, agar anda memiliki kesiapan yang baik
  • Siapkan pula mental dan fisik anda untuk menerima kelahiran anggota keluarga yang baru
  • Persiapan secara finansialpun sangat di butuhkan untuk menunjang beberapa keperluan yang penting
  • Support dari keluarga teman terutama suami biasanya akan sangat berpengaruh terhadap kondisi si ibu
  • Lengkapi pegetahuan anda perihal merawat bayi dan memperlakukan bayi dengan benar, sehingga anda sudah memiliki kesiapan yang cukup saat anda di hadapkan pada keharusan merawat bayi anda
  • Sering – seringlah berbagi pengalaman dengan ibu lainya, hal ini bisa membantu anda dalam hal meringankan beban juga dalam hal memecahkan masalah mengenai cara merawat bayi dan lain sebagainya
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin juga Protein hal ini baik untuk kualitas ASI juga baik untuk kesehatan tubuh anda
  • Selalu berfikir positif terhadap apapun, dan buang jauh – jauh segala pikiran negatif anda
  • Beristirahat selagi memiliki kesempatan hal ini membantu membuat anda lebih rilex dan nyaman
  • Senantiasa untuk selalu berdoa setiap saat.

Mengatasi Baby Blues Syndrome

Nah sangat mudah bukan untuk mengatasi baby blues syndrome, namun jangan salah meskipun keadaan ini sangat wajar di alami oleh para ibu, syndrome ini biasanya sangat menggangu dan menyiksa psikis dari si ibu tersebut, sehingga terkadang si ibu terlihat sangat depresi dan lesu.


Jika keadaan ini berlanjut lebih dari masa normal yaitu 14 hari pasca melahirkan maka sangat di sarankan bagi anda untuk memeriksakan kondisi anda pada pakar atau ahlinya untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question