Objek Wisata Bendungan Karangkates Malang

Malang memang memiliki banyak destinasi wisata dengan berbagai macam tema. Terdapat destinasi wisata yang memanfaatkan pemandangan alam dan ada juga destinasi wisata dengan wahana yang modern. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang objek wisata Bendungan Karangkates yang ada di Malang. Wisata Bendungan Karangkates atau dikenal juga dengan Waduk Ir. Sutami. Berikut kami akan memberikan ulasan tentang objek wisata bendungan lebih lanjut.

Destinasi wisata Bendungan Karangkates berada di desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.  Lokasinya berjarak  kurang lebih 35 KM sebelah Selatan Kota Malang, secara langsung berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

Rute Menuju Bendungan Karangkates Malang

Lokasi dari objek wisata Bendungan Karangkates ini sangat strategis dengan letaknya yang berada di pinggir jalan raya, sehingga banyak sekali dilewati oleh kendaraan jurusan Malang – Blitar dan tidak sedikit pengunjung yang sangat mudah bisa mengakses objek wisata yang satu ini.

Tidak jarang  pengendara yang melewati jalur wisata Bendungan Karangkates ini beristirahat sambil menikmati pemandangan di bendungan Karangkates ini dengan  beristirahat dari lelahnya perjalanan yang sudah ditempuh. Anda akan menemukan banyak pengendara yang memarkir mobilnya di sekitar tepi jalan Waduk Karang Kates ini untuk menikmati obyek wisata bendungan dan beristirahat dari lelahnya perjalanan.bendungan karangates malang

bendungan karangkates malang bendungan karangkates malang

bendungan karangkates malang bendungan karankgates malang

Bendungan yang memiliki lebar sekitar 823 meter dengan ketinggian 97 meter tersebut mempunyai panorama yang sangat bagus dan  menarik untuk dinikmati sambil beristirahat dari lelahnya perjalanan. Obyek wisata Bendungan Karangkates ini mempunyai luas sekitar 15 km2 dan kedalaman airnya mencapai 31 meter dengan volume air sekitar 343000000 meter kubik.

Bendungan Karangkates ini selain digunakan sebagai objek wisata, juga  digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air di Malang dan sudah dilengkapi dengan fasilitas lapangan tenis serta olahraga lainnya,  sampai lapangan golf dan tempat untuk pemancingan.  Objek wisata Bendungan Karangkates kini terbagi menjadi dua lokasi yaitu Taman Wisata Karang Kates yang ada di selatan Bendungan Lahor dan Bendungan Karangkates atau bendungan Lahor itu sendiri.

Bendungan Karangkates sudah difasilitasi  berbagai sarana yang dapat anda gunakan bersama keluarga, sedangkan perahu yang disediakan di sana juga dapat anda gunakan untuk berkeliling di seputar area bendungan.   Tiket untuk masuk ke objek wisata yang satu ini cukup murah, Anda hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp5.600 per orangnya.

Namun jika anda tidak ingin masuk dan hanya sekedar menikmati panorama indah dan sejuknya keadaan di sekitar Bendungan Karangkates ini sambil beristirahat dari lelahnya perjalanan Anda tidak perlu membayar karcis.

Bendungan Karang Kates ini berada di area seluas 6 hektar dan tidak terdapat banyak wahana yang dapat anda nikmati di sana diantaranya  waterboom, kolam renang, arena Hot Wheels, flying fox dan water spot seperti banana boat, motor boat, Gazebo, perahu wisata, restoran dan terdapat juga kebun binatang mini yang ada mainan anaknya, tempat untuk penjualan souvenir khas Malang juga ada di sana.

Bagi Anda yang mampir ke obyek wisata bendungan untuk menjalankan ibadah sholat, di sana juga sudah disediakan mushola kamar mandi dan toilet. Apabila anda menginginkan liburan di Bendungan Karangkates sekaligus menginap di objek wisata yang satu ini, taman wisata Karangkates sudah menyediakan penyewaan kamar, berupa kamar rumah dinas yang sudah disulap menjadi penginapan untuk umum.

Anda juga tidak perlu khawatir karena penginapan yang ditawarkan juga memiliki berbagai macam tipe kamar dengan tempat yang nyaman dan tenang. Para wisatawan juga bisa menginap di Wisma Karang Kates yang mempunyai nilai sejarah.

Wahana di Bendungan KarangKates Malang

Objek wisata Bendungan Karangkates Malang ini juga menyediakan wisata untuk keluarga. Secara spesifik bendungan  yang dijadikan sebagai obyek wisata ini bisa dipakai untuk event lomba dayung dan bagi Anda yang memiliki kegemaran memancing di kawasan ini juga sudah disediakan lokasi untuk menyalurkan hobi anda.

Seringkali para pelajar juga mengadakan study tour di objek wisata Bendungan Karangkates ini dan bagi anda para pecinta olahraga sepeda gunung, anda juga dapat memanfaatkan wisata Bendungan Karangkates ini sebagai arena, namun anda harus berhati – hati dan senantiasa menghormati wisatawan lainnya.

Disini anda juga disediakan area jogging track untuk berolahraga pada pagi hari ataupun sore. Anda dapat menikmati obyek wisata Bendungan Karangkates bersama keluarga, kerabat ataupun pasangan Anda. Namun harus selalu anda ingat, jangan sampai membuang sampah sembarangan dan jangan mengotori atau merusak fasilitas yang sudah disediakan di objek wisata ini.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini tentang “Objek Wisata Bendungan Karangkates Malang”. Semoga dapat menambah referensi destinasi wisata Anda selanjutnya.  Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.