>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Waspadai Gigi Berlubang saat Hamil !

Gigi Berlubang saat Hamil – Di masa kehamilan, segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan harus diberi perhatian lebih. Salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan lebih di masa kehamilan adalah kesehatan gigi.

Ibu hamil cenderung berpotensi lebih besar mengalami gangguan dan permasalahan pada bagian gigi dan gusi. Berbagai perubahan susunan hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil cenderung berdampak buruk terhadap kesehatan mulut dan gigi.

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil ini dapat mengakibatkan keluhan berupa gigi berlubang, radang gusi, ataupun tumor jaringan gusi.

gigi berlubang saat hamil

Dampak Gigi Berlubang di Masa Kehamilan

Permasalahan gigi berlubang ketika hamil dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin. Dampak negatif yang ditimbulkan dari gigi berlubang, bahkan kabarnya dapat menyamai dampak negatif yang diakibatkan oleh asap rokok terhadap janin.

Berdasarkan berbagai penelitian, wanita hamil dengan gigi berlubang cenderung beresiko melahirkan bayi dengan bobot badan lebih rendah dan juga prematur. Hal ini disebabkan oleh lubang pada gigi yang dimanfaatkan sebagai pintu masuk oleh bakteri ke saluran pembulu darah, yang mana ketika bakteri sudah sampai ke janin, maka bakteri akan menghambat pertumbuhan ataupun perkembangan janin.

gigi berlubang saat hamil muda

Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang saat hamil yaitu Streptococcus mutans dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran peredaran darah. Ketika bakteri ini sampai pada berbagai organ penting seperti jantung, maka yang akan terjadi selanjutnya timbulnya gangguan berupa penyakit jantung. Bakteri Streptococcus memiliki daya adaptasi yang tinggi dan dapat menyerang hampir semua organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Dalam fase yang cukup serius, masalah kesehatan gigi dapat meningkatkan produksi hormon prostaglandin di dalam tubuh ibu hamil. Hormon ini merupakan hormon yang berperan di dalam rahim sebagai pemicu kontraksi (pendarahan). Ketika hormon ini diproduksi secara berlebihan, maka yang akan terjadi adalah bayi akan terlahir prematur ataupun jika usia janin masih terlalu muda, maka akan terjadi keguguran.

gigi berlubang saat hamil tua

Demikianlah informasi mengenai masalah gigi berlubang saat hamil yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!