Detak Jantung Janin Lemah? Waspada!

Masalah penting yang dapat dialami oleh bayi adalah detak jantung janin lemah yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bayi.

Lemahnya detak jantung janin dapat diketahui dari usia kehamilan 6-7 minggu sehingga setiap Ibu hamil disarankan untuk selalu memeriksakan kandungannya setiap bulan. Berapa detak jantung janin normalnya?


Tentang Detak Jantung Janin Lemah

Janin dalam kandungan yang memiliki detak jantung janin melemah dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan janin. Hal ini juga memicu terjadinya keguguran dan kelainan pada jantung saat bayi lahir. Berikut adalah daftar normal detak jantung janin dalam kandungan:

  1. Janin usia 6 minggu memiliki detak jantung normal 90 – 110 denyut per menit (dpm)
  2. Janin usia 9 minggu ke atas memiliki detak jantung normal sekitar 120 – 160 dpm
  3. Janin usia lebih dari 12 minggu memiliki detak jantung normal lebih dari 160 dpm

Frekuensi detak jantung janin lebih besar dibandingkan dengan detak jantung orang dewasa dan detak jantung anak-anak pada normalnya karena janin dalam kandungan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat yaitu mulai dari embrio menjadi janin lengkap.Detak Jantung Janin Lemah

Janin yang mengalami detak jantung lemah memiliki frekuensi detak jantung lebih rendah dari normalnya yaitu janin usia 5-8 minggu hanya memiliki detak jantung sekitar 90 dpm saja padahal normalnya adalah lebih dari 90 dpm.Detak Jantung Janin Lemah

Salah satu penyebab detak jantung janin lemah yaitu emosi Ibu yang tidak stabil dan asupan nutrisi kurang tercukupi. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya hal ini maka Ibu hamil harus memperhatikan pola makannya, mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral, serta selalu berpikir positif agar terus bahagia sehingga emosi menjadi lebih stabil.

Gejala Kelainan Jantung Pada Bayi

Salah satu masalah yang dapat diderita oleh bayi akibat detak jantung janin lemah adalah kelainan jantung saat mereka lahir sehingga dapat membahayakan kesehatan dan nyawanya. Berikut adalah beberapa gejala yang menandakan bayi mengalami kelainan jantung:

  1. Kulit bayi berwarna biru saat pertama kali dilahirkan

Normalnya bayi yang baru dilahirkan memiliki kulit bewarna agak kemerah-merahan. Jika saat dilahirkan kulit bayi berwarna biru maka tim medis akan segera memberikan oksigen dan jika kulit bayi berubah warnanya menjadi warna yang normal maka dapat dipastikan bayi tidak mengalami kelainan jantung tetapi jika setelah penanganan kulit bayi tetap berwarna biru maka kemungkinan besar bayi mengalami kelainan jantung.

  1. Bayi kesulitan saat menyusu

Salah satu gejala kelainan jantung yaitu bayi memiliki kesulitan saat menyusu kepada Ibunya. Hal ini disebabkan sistem pernapasan bayi tidak berjalan dengan normal sehingga kesulitan untuk menyusu. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka bayi akan kekurangan gizi dan kelainan jantung yang dideritanya semakin buruk yang dapat menyebabkan masalah yang lebih sulit seperti kematian.

Jika bayi mengalami hal di atas maka segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih cepat dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang lebih buruk lagi.

Penanganan Medis Pada Kelainan Jantung Bayi

Berikut adalah urutan penanganan medis untuk mengatasi masalah kelainan jantung pada bayi:

  1. Terapi medis

Hal pertama yang dilakukan oleh tim medis untuk mengatasi kelainan jantung pada bayi yaitu terapi medis dengan memberikan prostaglandin E1 dosis rendah sesuai bayi.

  1. Intervensi non bedah

Tahap selanjutnya yaitu melakukan tindakan intervensi non-bedah dengan pemasangan balon untuk mengatasi hipoksemia.

  1. Pembedahan

Tindakan selanjutnya yaitu dengan melakukan tindakan pembedahan untuk meningkatkan aliran darah menuju paru-paru.

Demikian informasi seputar tanda-tanda detak jantung janin lemah dan penanganan yang harus dilakukan untuk mengatasi detak jantung lemah pada bayi.


TAGs: detak jantung janin lemah, cara mengatasi denyut jantung janin lemah, penyebab detak jantung janin lemah, detak jantung janin melemah, cara meningkatkan detak jantung bayi dalamvkaandungan 9 bln, cara mengatasi detak jantung janin yang lemah, cara menormalkan detak jantung janin, penyebab detak jantung bayi lemah dalam kandungan, kenapa detak jantung janin lemah, usia kandungan 29minggu detak jantung lemah, apa sebab janin dalam kandungan jantungnya lemah, cara mengatasi djj yang tidak normal, apa yg harus d lakukan ibu hamil ketika rekaman detak jantung bayi kurang baik, cara mengatasi detak jantung janin lemah, APA yg menyebabkan detak jantung bayi tidak normal, cara menaikan detak jatung janin, apakah hamil 4 bulan detak jantung janin masih lambat

Scroll Up