>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Wasir Saat Hamil : Penyebab & Tips Alami

Wasir atau lebih kita kenal dengan ambien adalah sebuah kondisi dimana terjadi peradangan lalu pembengkakan pada pembuluh darah vena pada area anus. Hal ini sering terjadi dikarenakan seseorang merasa sulit ketika ingin buang besar sehingga harus mengejan.

Kondisi ini cukup merepotkan kepada ibu hamil karena kondisi ibu badan bunda yang semakin membuat wasir saat hamil ini menjadi tidak nyaman.

Faktor Penyebab Terjadinya Wasir Saat Hamil

  1. Perubahan hormoh tubuh. Saat bunda hamil, produksi hormon progresteron meningkat tajam dalam rangka memberi dukungan untuk janin bunda agar lebih kuat. Di sisi lain peningkatan hormon ini menyebabkan terjadi penghambatan dalam otot percernaan untuk menyalurkan “sampah” pencernaan.
  2. Perkembangan janin yang semakin membesar, memberikan desakan pada pembuluh darah di area perut serta panggul yang berakibat pula pada peningkatan aliran dan volume darah ini yang terhambat.
  3. Sembelit yang disebabkan oleh konsumsi zat besi yang berlebihan ketika hamil yang walaupun zat ini berperan aktif agar bunda terhindar dari anemia namun pada beberapa kasus konsumsi zat besi yang tidak terkontrol justru akan menyebabkan sembelit.
  4. Berat kandungan yang semakin meningkat memberikan desakan pada rahim dan lambung yang mana jika terjadi sedikit saja desakan di anus akan membuat pembuluh darah pada area tersebut yang menyebabkan pembentukan wasir

wasir saat hamilwasir saat hamilwasir saat hamil

Wasir saat hamil pada dasarnya tidak memberikan dampak membahayakan pada janin bunda hanya saja rasa ketidaknyamanan saat kondisi ini terjadi kontras sekali dengan kenikmatan hamil yang seharusnya bunda rasakan. Jika sudah begini biasanya ibu hamil akan membeli obat – obat kimia buatan pabrik untuk menghentikan wasirnya. Penulis akan mencoba berbagi tips alami mengatasi wasir saat hamil yang bisa bunda ambil daripada mengonsumsi obat – obatan yang kemungkinan justru membahayakan janin bunda.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah
  2. Perbanyak asupan cairan setidaknya 2 liter sehari
  3. Buang air pada saat-saat tertentu (anda bisa menentukannya sendiri). Sebelum buang air usahakan untuk meminum air hangat
  4. Konsumsi susu fermentasi atau yogurt yang bermanfaat untuk mendukung kinerja usus lebih efektif dan aktif. Usahakan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan anda sebelum menentukan berapa porsi konsumsi anda.
  5. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau renang. Gerakan yang dilakukan saat olahraga tersebut dipercaya akan mendorong “sampah” makanan menuju saluran pembuangan
  6. Hindari mengejan saat buang air besar untuk memperkecil resiko peradangan dan pembengkakan pada anus.

Dalam beberapa kasus, wasir saat hamil memberikan efek nyeri yang membuat anda sulit beraktivitas, jika kondisi ini terjadi pada anda ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Konsultasi ini menjadi sangat perlu dilakukan apalagi saat anda menderita anemia pada saat bersamaan. Be healthy, mom!