Wanita Hamil Muda Naik Motor Jarak Jauh

Motor merupakan salah satu transportasi darat yang paling banyak diminati karena lebih lincah, irit, dan dapat menembus kemacetan, tetapi apakah aman hamil muda naik motor jarak jauh? Wanita hamil harus menjaga kesehatan dan keselamatannya lebih tinggi dari kondisi biasanya karena janin dalam kandungan masih sangat rawan dengan beberapa kondisi seperti guncangan. Lalu bagaimana jadinya jika wanita hamil naik motor.

Amankah Wanita Hamil Muda Naik Motor Jarak Jauh

Bolehkah hamil muda naik motor jarak jauh? Semua orang diperbolehkan mengendarai motor jika telah memenuhi syarat dan kondisi fit, hal ini juga berlaku pada wanita hamil. Wanita yang dalam kondisi hamil diperbolehkan mengendarai motor atau menyetir sendiri motornya jika kondisi tubuh sehat, fit, dan tidak terjadi masalah pada janin yang ada dalam kandungan.


Sebelum mengendarai motor, wanita hamil harus memastikan terlebih dahulu bahwa semua aman dan menggunakan standar keamanan saat berkendara. Meskipun kandungan dinyatakan sehat dan tidak terjadi masalah tetapi berkendara menggunakan motor sangat beresiko tinggi pada kesehatan dan keselamatan janin serta ibu hamil sehingga sebaiknya Anda tidak mengendarai motor untuk bepergian terutama saat berpergian jauh.hamil muda naik motor

hamil muda naik motor

Alasan Naik Motor Tidak Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa bahaya hamil muda naik motor jarak jauh:

  1. Rawan guncangan

Tingginya angka kematian disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas salah satunya adalah kecelakaan kendaraan beroda dua atau motor. Motor merupakan kendaraan yang rawan akan kecelakaan karena tidak ada sabuk pengaman dan membutuhkan keseimbangan tubuh untuk mengendarainya.

Seorang pengendara motor diwajibkan untuk selalu waspada dan menjaga keseimbangannya dalam kondisi jalanan apapun. Jalan yang terjal, penuh batu, dan licin dapat menyebabkan goncangan yang cukup keras bagi pengendaranya sehingga hal inilah yang perlu dihindari oleh wanita hamil.

Goncangan yang cukup kuat dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan sehingga wanita hamil dianjurkan untuk tidak mengendarai motor terutama untuk perjalanan jauh.

  1. Kelelahan

Mengendarai motor membutuhkan energy yang cukup besar karena pengendara motor tidak bisa duduk dengan santai dengan menyandarkan kepalanya di kursi seperti naik mobil dan ketika naik motor dibutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi untuk menembus jalanan.

Perjalanan jauh dapat menyebabkan rasa lelah yang sangat luar biasa terutama bagi wanita hamil. Pada trisemester pertama sebagian besar wanita hamil mengalami muntah, pusing, dan tubuh yang tidak fit sehingga sebaiknya hindari melakukan perjalanan menggunakan kendaraan beroda dua ini.

Rasa lelah yang berkepanjangan dapat meningkatkan resiko pada kandungan bahkan dapat menyebabkan keguguran. Inilah salah satu efek hamil muda naik motor jarak jauh yang perlu diantisipasi.

  1. Tidak nyaman

Pada kehamilan menjelang melahirkan maka naik motor akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena janin semakin membesar.

  1. Mengantuk dan pusing

Wanita hamil yang usia kehamilannya telah mencapai masa-masa melahirkan akan mengalami anemia sehingga menyebabkan rasa pusing dan cepat mengantuk sehingga wanita hamil dilarang untuk melakukan perjalanan jauh dengan motor.hamil muda naik motor

Tips Aman Mengendarai Motor Untuk Wanita Hamil Muda

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memastikan keselamatan saat berkendara dengan motor bagi wanita hamil:

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menempuh perjalanan
  2. Menggunakan pengaman standar keselamatan berkendara seperti helm standar dan jaket
  3. Mengendarai motor dengan kecepatan normal atau tidak ngebut
  4. Beristirahat sejenak jika merasa lelah
  5. Posisi duduk menyamping untuk menghindari tekanan dan perut lebih leluasa
  6. Memakai pakaian yang longgar dan nyaman serta tidak menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi

Demikian informasi seputar tips aman wanita hamil muda naik motor jarak jauh dan alasan mengapa wanita hamil tidak dianjurkan untuk naik kendaraan roda dua.


TAGs: hamil muda naik motor jarak jauh, hamil muda naik motor, perjalanan jauh naik motor hamil 1 bulan, naik motor saat hamil muda, naik motor jarak jauh saat hamil muda, masa ibu hamil diperbolehkan perjalanan jauh menggunakan motor, kelelahan naik motor saat hamil, Ibu Hamil Naik Motor, tips naik motor jarak jauh saat hamil muda, hamil muda jalan terjal, h jarak jauh, goncangan naik jendaraan hamil muda dapat menyebabkan keguguran, cewek hamil motor, bolehkah hamil muda naik naik mtr, bahaya hamil mengendarai motor jarak jauh, bahaya berpergian jauh naik motor bagi ibu hamil, apakah dampak dr hamil muda naik kendaraan jauh

Scroll Up