Daftar isi [720+ Artikel]

Vitamin Untuk Ibu Menyusui, Manfaat, dan Rekomendasi Mereknya

Vitamin untuk ibu menyusui haruslah tercukupi. Suatu keharusan bagi seorang ibu yang masih menyusui untuk mencukupi nutrisi makanan karena akan berpengaruh pada kualitas ASI atau air susu ibu.

ASI yang berkualitas dan kuantitas ASI yang cukup dapat lebih mengoptimalkan pertumbuhan sang buah hati, baik pertumbuhan secara fisik maupun perkembangan kecerdasan otak.

Selain nutrisi cukup yang berasal dari konsumsi makanan, kualitas ASI dapat diperoleh dengan mencukupi kebutuhan vitamin yang juga tak kalah penting berperan dalam memberi ASI yang berkualitas tinggi.

Ide Dekorasi Ulang Tahun Balita/Anak

Berikut ini paparan mengenai jenis vitamin yang harus dipenuhi, vitamin yang dapat membuat sang buah hati berbadan gemuk sehat, cerdas, serta beberapa contoh produk vitamin anjuran dokter yang berada di pasaran.

6 Jenis vitamin untuk ibu menyusui yang harus terpenuhi

  1. Vitamin C

Pemenuhan vitamin C saat masih berada dalam proses menyusui sangat baik untuk pertahanan daya tahan tubuh. Tidak hanya untuk sang bayi tetapi juga daya tahan sang ibu. Sehingga terhindar dari penyakit yang menyerang daya tahan seperti batuk, flu, alergi dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh cukup konsumsi buah dan sayuran segar setiap hari seperti jambu biji, jeruk, stroberi, mangga, brokoli, paprika, dan lain sebagainya.

  1. Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin ibu menyusui yang harus dipenuhi untuk kesehatan mata dan organ lain. Pemenuhan vitamin yang satu ini cukup dengan mengonsumsi bahan makanan seperti telur, wortel, kangkung, brokoli, bayam, papaya, melon, dan ubi madu.

  1. Vitamin D

Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, seorang ibu harus memenuhi vitamin D yang berguna untuk kesehatan. Pemenuhan vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari di pagi hari sekitar pukul 6 hingga 8 serta konsumsi beberapa makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, keju, jamur, kedelai, tahu, tempe dan minyak hati ikan kod.

  1. Vitamin B6

Setiap harinya, ibu menyusui membutuhkan 2 miligram vitamin B6 yang sangat berguna untuk kesehatan dan perkembangan otak. Untuk memenuhi asupan nutrisi vitamin B6, ibu menyusui dapat mengonsumsi bahan makanan antara lain ikan tuna, biji-bijian, tomat, brokoli, bayam, pisang, dan semangka.

  1. Vitamin E

Vitamin E juga merupakan vitamin yang wajib terpenuhi saat menyusui karena kegunaannya sebagai antioksidan yang bertugas menangkal radikal bebas. Vitamin E dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang hijau, kacang almond, brokoli, sawi, selada, paprika merah, dan ubi talas.

  1. Asam Folat

Vitamin terakhir yang wajib dipenuhi saat menyusui adalah asam folat. Semua vitamin termasuk asam folat sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui apalagi jika dikonsumsi sejak masih hamil, manfaatnya akan lebih terasa. Asam folat dapat diperoleh dengan mengonsumsi jagung, wortel, kembang kol, brokoli, bayam, kentang, kacang hijau, asparagus, alpukat, jeruk, pepaya, dan hati sapi.vitamin untuk ibu menyusui vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk vitamin untuk ibu menyusui agar ibu gemuk vitamin untuk ibu menyusui agar anak cerdas vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cerdas vitamin untuk ibu menyusui agar bayi sehat vitamin untuk ibu menyusui saat puasa vitamin untuk ibu menyusui apa suplemen untuk ibu menyusui suplemen untuk ibu menyusui yang bagus

2 Manfaat Utama Konsumsi Vitamin

  • Untuk membuat sang buah hati berbadan gemuk sehat

Buah hati yang memiliki badan gemuk kencang dan sehat adalah dambaan bagi setiap orang tua khususnya ibu. Selain lebih menggemaskan, bayi dengan badan gemuk kencang kuat dan sehat dapat menunjukkan jika bayi tersebut mengonsumsi ASI dengan nutrisi tercukupi.

Pemenuhan vitamin menjadi pilar utama selain konsumsi makanan sehat bagi ibu menyusui. Vitamin yang harus dipenuhi agar bayi gemuk oleh para ibu menyusui antara lain vitamin D, vitamin E, vitamin B6.

baca: 7 Merk Susu Ibu Menyusui Agar Kualitas Kuantias ASI Tetap Maksimal

Selain itu, pemenuhan asam folat dari konsumsi jagung, wortel, kembang kol, brokoli, bayam, kentang, kacang hijau, asparagus, alpukat, jeruk dan pepaya serta mineral juga dapat menambah berat badan si kecil.

  • Konsumsi vitamin ini untuk kecerdasan sang buah hati

Jika di atas sudah dipaparkan berbagai macam vitamin yang harus dikonsumsi agar bayi memiliki badan gemuk, pemenuhan berbagai vitamin agar bayi cerdas juga harus tercukupi. Kecerdasan anak dapat tercipta dengan merangsang perkembangan otak dengan mengonsumsi beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, vitamin D, serta asam folat yang dapat diperoleh dari berbagai makanan atau suplemen.

4 rekomendasi merk vitamin untuk ibu menyusui

  1. Folamil Genio

Suplemen vitamin yang satu ini merupakan suplemen yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil serta ibu menyusui. Berbagai kandungan seperti DHA, asam folat, serta vitamin-vitamin yang sangat berguna untuk mengasah perkembangan otak dan sistem saraf buah hati.

  1. Calmin AF

Merk vitamin Calmin AF sudah tidak asing lagi di telinga. Kandungan nutrisi yang lengkap membuat suplemen berbentuk kaplet ini menjadi salah satu suplemen favorit bagi ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung dalam suplemen ini antara lain kalsium, atrium florida, zat besi, mineral, vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, dan C.

  1. Fetavita

Fetavita merupakan suplemen vitamin berbentuk kapsul lunak yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui dan ibu hamil. Kandungan minyak ikan alami serta DHA sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Manfaat lainnya adalah dapat membantu menjaga kebugaran serta kesehatan.

  1. Cavit-D3

Suplemen yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan juga ibu menyusui karena dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang mencegah osteoporosis. Sudah mendapat label BPOM sehingga aman dikonsumsi.

baca: Kapan Idealnya Bayi Mulai Bisa Tengkurap, Merangkak dan Mulai Berbicara

Pemenuhan vitamin untuk ibu menyusui harus dijadikan prioritas utama. Selain memperoleh badan yang sehat, pemenuhan vitamin juga sangat baik bagi tumbuh kembang sang buah hati.