Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Varises Pada Ibu Hamil, Sebab & Solusinya

Ketika perempuan sedang hamil, kebanyakan dari mereka mengalami varises. apakah varises itu? varises adalah pembuluh darah vena yang dipenuhi oleh cairan yang dihasilkan oleh tubuh diluar batas kewajaran. akibatnya volume dari pembuluh darah itu sendiri tidak cukup untuk menampungnya. Varises pada ibu hamil ternyata terjadi tidak hanya pada kaki, namun bisa juga terjadi pada paha, tangan, anus bahkan pada daerah sensitif sekalipun.

Varises pada umumnya berwarna biru kehijau-hijauan. Akibat yang ditimbulkan dari varises bermacam-macam dari rasa pegal, linu, dan nyeri pada bagian tubuh tertentu, dan yang paling parah yaitu rasa malu yang menghinggapi ibu hamil ketika orang lain melihatnya.

Agar varises cepat tertangani dan tidak menjadi lebih parah, pastinya pertanyaan yang selalu dinanti oleh sebagian besar perempuan yaitu bagaimanakah cara mengatasi varises pada ibu hamil? Nah, berikut ini adalah cara-cara paling mudah yang dilakukan untuk mengatasi varises:

Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

Pertama, jangan terlalu lama duduk dengan posisi yang sama karena hal ini akan menyebabkan penghambatan pada peredaran darah yang dapat mengakibatkan semakin membesarnya pembuluh darah. oleh karena itu selalu usahakan duduk dengan posisi nyaman. Kedua, hindari mengangkat beban berat, karena akan memerlukan energi yang extra yang dapat berakibat meningkatnya pembuluh darah.sehingga akan memperparah varises.Mengatasi varises pada ibu hamil 3

Mengatasi varises pada ibu hamil 3Mengatasi varises pada ibu hamil 3

Kedua, selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi varises pada ibu hamil, karena makan yang bergizi akan menutrisi tubuh secara sempurna. Perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin E karena vitamin E mampu menurunkan resiko varises dan jangan lupa perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayuran mengandung banyak vitamin yang mampu menjaga kekebalan tubuh ketika sedang hamil.

Ketiga, gunakan jeruk nipis dengan cara membelahnya menjadi dua bagian atau empat bagian, gunakan bagian dalam jeruk. Kemudian mulailah mengosok-gosok pada urat yang kelihatan menonjol akibat varises. Gosok dengan lembut sekurang-kurangnya 10 menit setiap malam sebelum tidur.

Ingat, jangan sekali kali memijat dengan keras karena akan berakibat buruk pada pembuluh darah. Selain bisa di pakai sebagai obat untuk varises jeruk nipis juga bisa diminum guna menambah daya tahan tubuh agar terhindar dari varises.

Alangkah baiknya jika mengatasi varises pada ibu hamil dengan dikompres dengan air dingin. Dan jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup agar metabolisme tubuh anda stabil serta memberi asupan-asupan oksigen yang cukup bagi kulit anda.

Olah raga yang cukup juga sangat membantu melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot tubuh anda menjadi lebih relax serta menjaga kenaikan berat badan secara berlebih. Jangan terlalu sering memakai sepatu high heels, karena akan menghambat peredaran darah pada kaki, yang bisa mengakibatkan terjadinya varises.