Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Usia Bayi Tengkurap dan Cara Melatihnya

Salah satu tanda-tanda perkembangan dan pertumbuhan bayi berjalan dengan baik yaitu bayi dapat tengkurap dan usia bayi tengkurap sendiri berbeda-beda sesuai dengan perkembangannya masing-masing bayi. Bayi akan mengalami fase tengkurap sebagai tahapan awal untuk dapat merangkak, berdiri, dan berjalan dengan baik. Lalu berapa usia normal bayi yang dapat tengkurap sendiri?usia bayi tengkurap 2

Berapa Usia Bayi Tengkurap Sendiri

Kapan usia bayi tengkurap berbeda-beda sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya. Ada bayi yang dapat tengkurap pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan bahkan ada yang bisa tengkurap pada usia 1 bulan. Tetapi pada umumnya bayi dapat tengkurap sendiri pada usia sekitar 3 hingga 6 bulan. Jika bayi Bunda mengalami keterlambatan tengkurap maka hal itu merupakan hal yang normal, tetapi jika usianya lebih dari 6 bulan dan masih belum dapat tengkurap maka segera cari penyebabnya.

Bayi yang memiliki tubuh gemuk cenderung terlambat untuk tengkurap sendiri karena mengalami kesulitan bergerak, sedangkan bayi yang memiliki tubuh kecil atau berat yang kecil cenderung lebih cepat tengkurap sendiri karena lebih mudah bergerak. Jadi jika si kecil memiliki tubuh gemuk maka akan mengalami keterlambatan tengkurap sendiri, hal ini normal kok Bunda, jadi Bunda tidak perlu khawatir ya.usia bayi tengkurap 2

Kapan Waktu Melatih Bayi Tengkurap Sendiri

Kapan waktu yang tepat untuk melatih tengkurap? Bunda dapat melatih si kecil untuk tengkurap sehingga dapat mempercepat proses tengkurap sendiri. Latihan tengkurap dapat dilakukan setelah bayi berusia 2-3 bulan karena telah kuat menyangga kepalanya sendiri.

Para ahli menganjurkan untuk melatih bayi tengkurap selama 30 menit setiap hari tetapi tidak dalam sekali waktu. Bunda dapat membagi 30 menit tengkurap itu dalam beberapa waktu yaitu tengkurap selama 5 menit dalam 6 kali selama sehari. Inilah cara melatih bayi bisa tengkurap sendiri yang aman.

Hal yang harus diperhatikan dalam memposisikan bayi tengkurap yaitu perhatikan kondisi bayi, jika bayi dalam kondisi tidak nyaman dan rewel maka sebaiknya jangan lakukan hal ini dan jangan memaksanya karena si kecil akan tambah rewel dan merasa tidak nyaman.

Keuntungan Posisi Tengkurap Pada Bayi

Setelah paham tentang kapan usia bayi tengkurap, berikut adalah beberapa keuntungan meletakkan bayi dalam posisi tengkurap selama beberapa menit:

  1. Memberikan istirahat pada bagian belakang tubuh bayi, biasanya bagian belakang tubuh bayi merasa panas karena terlentang terus sehingga butuh diistirahatkan sejenak.
  2. Menguatkan otot leher bayi sehingga mampu menyangga kepalanya sendiri dan siap untuk merangkak.
  3. Saat diposisikan terlentang si kecil akan menendang-nendang dengan kuat dan tanggannya juga aktif bergerak, hal ini dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarnya.
  4. Dalam posisi tengkurap, tangan si kecil akan berusaha untuk menggenggam dan menarik sesuatu yang ada didekatnya. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya.

Cara Melatih Bayi Tengkurap

Berikut adalah beberapa cara untuk melatih bayi agar bayi bisa cepat tengkurap:

  1. Tengkurapkan bayi di atas tubuh Anda yaitu di atas perut atau di atas dada Anda. Selain dapat melatih tengkurap bayi, hal ini juga dapat mempererat ikatan ibu dan bayi.
  2. Tengkurapkan bayi diatas kedua paha selama beberapa menit, hal ini juga dapat melatih otot-otot leher agar lebih kuat.
  3. Biarkan bayi meraih payudara Anda saat menyusuinya dalam posisi tidur.
  4. Rangsang dengan membunyikan mainan di sampingnya sehingga si kecil dapat terpancing untuk bergerak ke samping kanan atau kiri.
  5. Membantu si kecil untuk memiringkan tubuhnya dengan menyilangkan kakinya hingga si kecil mau tengkurap dengan sendiri.

Demikian informasi seputar berapa usia bayi tengkurap dan cara melatih bayi agar bisa tengkurap sendiri.